Pendidikan Aqidah Anak dalam Keluarga Menurut Al-Qur'an Surat Al-Baqarah Ayat 133
Abstract
Abstract. Providing aqidah education to children is the obligation of every parent to their children, aqidah is the main foundation that must be owned by humans in order to form humans with noble personalities, with strong faith that lives by always involving Allah SWT. As the Prophet Yaqub did to his children in the Qur'an letter al-Baqarah verse 133. Based on this, this study aims to (1) obtain the results of the opinions of the muffasir regarding QS Al-Baqarah verse 133, (2) find the essence contained in QS Al-Baqarah verse 133, (3) identify the opinions of experts regarding children's aqidah education in the family, (4) find the value of children's aqidah education in the family contained in QS Al-Baqarah verse 133. This research uses descriptive analysis method with library research data collection techniques collected from various sources mainly from the Qur'an as well as books and other published writings and also other sources related to this issue. The result of this research is in QS Al-Baqarah verse 133 there is the value of children's aqidah education in the family, namely giving wills to ana, the establishment of good communication between parents and children and the supervision of aqidah education to children. The essence of QS Al-Baqarah 133 is that parents must provide aqidah education to children from an early age, parents are required to prepare their children so as not to fall into polytheism, parents are obliged to always supervise their children's worship behavior.
Abstrak. Pemberian pendidikan aqidah kepada anak merupakan kewajiban setiap orang tua kepada anak-anaknya, aqidah merupakan pondasi utama yang harus dimiliki oleh manusia agar terbentuknya manusia dengan kepribadian luhur, dengan iman yang kuat yang hidup dengan selalu melibatkan Allah SWT. Seperti yang dilaukan Nabi Yaqub kepada anak-anaknya dalam Al-Qur’an surat al-Baqarah ayat 133. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk (1) memperoleh hasil pendapat para muffasir mengenai QS Al-Baqarah ayat 133, (2) menemukan esensi yang terkandung dalam QS Al-Baqarah ayat 133, (3) mengidentifikasi pendapat para ahli mengenai pendidikan aqidah anak dalam keluarga, (4) menemukan nilai pendidikan aqidah anak dalam keluarga yang terkandung dalam QS Al-Baqarah ayat 133. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan teknik pengumpulan data library research yang dikumpulkan dari berbagai sumber yang utamanya dari al-Qur’an serta buku-buku serta tulisan-tulisan lainnya yang dipublikasikan dan juga sumber lain yang berkaitan dengan permasalahan ini. Hasil dari penelitian ini adalah dalam QS Al-Baqarah ayat 133 terdapat nilai pendidikan aqidah anak dalam keluarga yaitu memberikan wasiat kepada ana, tejalinnya komunikasi yang baik antara orang tua dan anak serta adanya pengawasan pendidikan aqidah kepada anak. Esensi QS Al-Baqarah 133 adalah orang tua harus memberikan pendidikan aqidah kepada anak sejak dini, orang tua diharuskan untuk mempersiapkan anaknya agar tidak terjerumus kepada kemusyrikan, orang tua berkewajiban untuk selalu mengawasi perilaku ibadah anaknya.
References
Ulwan AN. Pendidikan Anak Dalam Islam Jilid 1. Pustaka Amani; 1994.
Fitriani, Mubarak MS, Akbar, Danial. Anak Sebagai Ujian dan Musuh Kajian Tafsir Kontekstual. El_maqra, Tafsir, Hadis dan Teol Angew Chemie Int Ed 6(11), 951–952. 2022;
Erhamwilda. Psikologi Belajar Islami ; Dilengkapi dengan Pendidikan Seks bagi Anak-Anak Usia Dini. Yogyakarta: Psikosain; 2018.
Muliati. Ilmu Akidah. Parepare: Parepare Nusantara Press; 2020.
Hamka. Tafsir Al-Azhar. Jilid 1. Pustaka Nasional PTE LTD Singapura; 1989.
Syaf M. Terjemah Tafsir Jalalain Berikut Asbabun Nuzul. Bandung: C.V Sinar Baru; 1990.
Nashih Ulwan A. Pendidikan Anak Dalam Islam Jilid 2. 2nd ed. Jakarta: Pustaka Amani; 1999.
Yumriani, Sabhayati ARB, Munandar A, Fitriani A, Karlina Y. Pengertian Pendidikan dan Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa Kaji Pendidik Islam. 2022;2.
Yusuf M. Pengantar Ilmu Pendidikan. Palopo: Lembaga Penerbit Kampus IAIN; 2018.
Rohimin, Saodah T, Salam A. Hakikat Pendidikan. J Pendidik Umum. 2007;
Darmadi H. Pengantar Pendidikan Era Globalisasi. anmage; 2019.
Sudiyono. Ilmu Pendidikan Islam Jilid I. Jakarta: PT Rineka Cipta; 2009.
Ilyas Y. Kuliah Aqidah Islam. Yogyakarta: LPPI; 2013.
Muhailataini FM. Kreatifitas Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas Viii Di Madrasah Ar- Rahmaniyah Pattani - Thailand Tahun 2017. 2018;
Sabiq S. Aqidah Islam, Pola Hidup Manusia Beriman, alih bahasa Moh. Abdai Rathomy. Bandung: Diponegoro; 2010.
Idhar. Konseptualisasi Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Penanaman Aqidah. Firtah. 2019;10.
Silahudin. Internalisasi Pendidikan Iman Kepada Anak dalam Perpektif Al-Qur’an. J Ilm Didakt. 2016;16.
Kusna SL. Srategi Mendidik Anak Usia Dini Untuk Cinta Kepada Nabi. J Stud Keislam. 2020;9.
Dewi AS. Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Inklusi. 2016;