Landasan Moralitas dalam Menutup Aurat pada Mahasiswi

  • Hasna Nur Azizah Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Asep Dudi Suhardini Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Giantomi Muhammad Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
Keywords: Moralitas, Menutup Aurat, Mahasiswi

Abstract

Abstract. This research was conducted to obtain data on the moral foundations of modesty in clothing among female students at an Islamic higher education institution in Bandung. The study aims to assess moral knowledge, moral feelings, moral behavior, and educational analysis regarding morality as a basis for wearing Islamic attire among female students. The approach used is a quantitative method with survey techniques. The research population consists of female students from the 2020-2023 cohort, with a sample size of 100 individuals. The data analysis technique used is descriptive analysis, which includes calculating average values, finding standard deviations, determining variable classification tables, and drawing conclusions by collecting data through questionnaires, documentation, observations, and interviews. The results indicate that moral knowledge about modesty in clothing falls into the adequate category, with an average score of 51, within the 49-51 interval. Moral feelings about modesty in clothing also fall into the adequate category, with an average score of 47, within the 44-48 interval. Moral behavior in terms of modesty in clothing is categorized as adequate, with an average score of 38, within the 36-38 interval. Therefore, based on knowledge, feelings, and moral behavior as three components indicating good character in the formation of morality among female students related to Islamic attire, it is considered to be in the adequate category.

Abstrak. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh data mengenai dasar moral dalam menutup aurat di kalangan mahasiswi di salah satu perguruan tinggi Islam di Bandung. Studi ini bertujuan untuk menilai pengetahuan moral, perasaan moral, perilaku moral, dan analisis pendidikan mengenai moralitas sebagai dasar untuk menutup aurat atau berpakaian Islami di kalangan mahasiswi. Pendekatan yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik survei. Populasi penelitian ini terdiri dari mahasiswi angkatan 2020-2023, dan sampelnya terdiri dari 100 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, yang mencakup perhitungan nilai rata-rata, menemukan deviasi standar, menentukan tabel klasifikasi variabel, dan menarik kesimpulan dengan mengumpulkan data melalui kuesioner, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Hasilnya menunjukkan bahwa pengetahuan moral mengenai menutup aurat berada dalam kategori cukup, dengan nilai rata-rata 51, yang berada dalam interval 49-51. Perasaan moral tentang menutup aurat juga berada dalam kategori cukup, dengan nilai rata-rata 47, dalam interval 44-48. Perilaku moral dalam menutup aurat dikategorikan sebagai cukup, dengan nilai rata-rata 38, dalam interval 36-38. Oleh karena itu, berdasarkan pengetahuan, perasaan, dan perilaku moral sebagai tiga komponen yang menunjukkan karakter yang baik dalam pembentukan moralitas di kalangan mahasiswi terkait dengan pakaian Islami dianggap berada dalam kategori cukup.

References

Rahmatillah F, Chidtian Ascr El. Kampanye Sosial Tentang Cara Berpakaian Yang Benar Bagi Perempuan Muslimah Di Indonesia. 2022;120–6.

Murtopo Ba. Etika Berpakaian Dalam Islam: Tinjauan Busana Wanita Sesuai Ketentuan Islam. Tajdid: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan. 2017;1(2):243–51.

Yuningsih Y, Kusuma Wj, Fitriyanto. Motivasi Berjilbab Terhadap Moralitas Mahasiswi Fkip Di Universitas Pancasakti Tegal Yuyun Yuningsih Program Studi Ppkn Universitas Pancasakti Tegal Wahyu Jati Kusuma Program Studi Ppkn Universitas Pancasakti Tegal Fitriyanto Program Studi Ppkn Universita. 2022;1(1).

Jumariah. Etika Dan Estetika Berbusana Ibu-Ibu Pkk Kecamatan Danurejan Kota Yogyakarta Jumariah. 2022;3(02):175–83.

Rosiyana L, Enoh E, Suhardini Ad. Analisis Konsep Pendidikan Akhlak Terhadap Konsep Pendidikan Karakter Menurut Thomas Lickona. 2019;

Muhammad G, Ruswandi U, Nurmila N, Zakiyah Qy. Implementation Of Multicultural Values Through The Hidden Curriculum Of Pai Subjects In Forming A Peace-Loving Character In Junior High Schools. European Journal Of Education And Pedagogy. 2023;4(6):113–20.

Lickona T. Educating For Character (Mendidik Untuk Membentuk Karakter). Jakarta: Bumi Aksara; 2013.

Rusmiati Nm, Fadhilah Fd, Wilianaza Ln, Asykar Mar, Nurkarimah A, Djamhoer Td. Peningkatan Pengetahuan Moral Siswa Melalui Cerita Rakyat Daerah Dalam Program “Diksi Ceria.” Jurnal Riset Psikologi. 2022;67–72.

Prehatiningsih A. Pendidikan Karakter Pada Anak Usia 4-6 Tahun. Universitas Negeri Yogyakarta; 2020.

Muhammad G, Rahmawati H, Rofiani R, Hasanah A, Arifin Bs. Character Building Based On The State Philosophy In The Context Of Islamic Education. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan. 2022;14(4):7131–8.

Muchson, Samsuri. Dasar-Dasar Pendidikan Moral (Basis Pengembangan Pendidikan Karakter). Yogyakarta: Penerbit Ombak; 2013.

Muhammad G, Surana D, Sanusi I, Suhartini A. Islamic Education As An Effort To Strengthen Morals In The Era Of Globalization. Al-Wijdãn Journal Of Islamic Education Studies. 2024;9(1):108–25.

Nurjaman Ar. Pendidikan Agama Islam. Sukanti A, Editor. Jakarta: Bumi Aksara; 2020.

Oktariadi S. Batasan Aurat Wanita Dalam Perspektif Hukum Islam. Hukum Islam. 2016;2(1):20–6.

Nuraini, Dhiauddin. Islam Dan Batas Aurat Wanita. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara; 2013.

Muhammad G, Nurhakim Hq, Rifaldi M, Pamungkas Mi. Pencegahan Perundungan Pada Peserta Didik Melalui Elemen Berkebhinekaan Global Profil Pelajar Pancasila. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam. 2024;177–88.

Muhammad G, Eq Na, Suhartini A. Konsep Takhalluq Bi Akhlaqillah Sebagai Proses Dan Hasil Pendidikan Islam. 2021;7(1):1–11.

Suci N. Penting Nya Agama Dalam Hidup. Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam. 2022;3:47–54.

Muhammad G, Eq Na, Suhartini A. The Moral Concept Of Tasawuf In The Process Of Islamic Education. Ta Dib Jurnal Pendidikan Islam. 2021;10(2):228–36.

Azimi Z. Motivasi Dalam Islam. Jurnal Tahqiqa. 2024;18(1):5–24.

Sesse Ms. Aurat Wanita Dan Hukum Menutupnya Menurut Hukum Islam. Jurnal Al-Maiyyah. 2016;9(2):315–31.

Muhammad G, Suhardini Ad, Suhartini A, Eq Naeqa. Implementasi Pendidikan Pesantren Salaf Pada Pondok Pesantren Khalaf Di Era Globalisasi. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam. 2023;705–15.

Muhammad G, Yulianti Zakiah Q. Kebijakan Program Pembiasaan Sekolah Dalam Membentuk Karakter Disiplin Di Smp Negeri. Website: Journal. 2021;7(2):2503–3506.

Suhardini Ad, Hakam Ka, Hernawan Ah. Ineffectiveness Of Religious Education As Character Education In Islamic Higher Education. In: International Conference On Educational Psychology And Pedagogy-" Diversity In Education"(Icepp 2019). Atlantis Press; 2020. P. 22–5.

Putri Eap. Agama Sebagai Media Rekonstruksi Moral. Gunung Djati Conference Series. 2023;19:239–46.

Hardiono. Sumber Etika Dalam Islam. Jurnal Al-Aqidah. 2020;12(2):26–36.

Sanusi I, Suhartini A, Nurhakim Hq, Nur’aeni U, Muhammad G. Konsep Uswah Hasanah Dalam Pendidikan Islam. Masagi: Jurnal Pendidikan Karakter. 2024;1(1):1–12.

Muhammad G. Peran Orang Tua Dalam Mengimplementasikan Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Jarak Jauh. Fastabiq : Jurnal Studi Islam. 2021;2(1):14–29.

Muhammad G, Rahmat M, Ganeswara Gm. Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Gerakan Literasi Sekolah. Pedadidaktika : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2020;7(1):10–20.

Astuti Frf, Aropah Nn, Susilo Sv. Pendidikan Moral Sebagai Landasan Nilai Karakter Berprilaku. Journal Of Innovation In Primary Education. 2022;1(1):10–21.

Karima R, Octavia Lgv, Fahmi K. Lunturnya Moralitas Pelajar Indonesia? Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan. 2023;1(2):17–20.

Published
2024-08-15