Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing Role Playing pada Materi Rasul Allah Idolaku di Kelas V SDN Setiawarga Kota Cimahi
Abstract
Abstract. One of the problems faced by teaching is the weak student-centered learning process. In this process, students are not encouraged to develop the ability to analyze problems and solve the problems they face. The learning process in the classroom should be directed at students' abilities to hone their minds, sharpen their memory, and memorize information provided by the teacher. The student's brain is forced to understand and remember various information provided by the teacher without being required to understand the information that is remembered to be connected with everyday life. Therefore, it is important for teachers to apply or implement interesting and active learning activities so that students are not bored with the learning process in class. Determining and using the learning method is one of the various factors that can determine the success of the teaching and learning process. The purpose of this study is to describe the application of the role play method to Islamic religious education subjects in the material Rasulullah Allah is my idol in class V SD Negeri Setiawarga, Cimahi City. The method used is a qualitative research approach, with the process of collecting data using interview, observation, and documentation techniques. The results of this study were to find out how to apply the role-playing method to PAI subjects at SD Negeri Setiawarga Cimahi City. Even though there were some shortcomings, educators at SD Negeri Setiawarga Cimahi City continued to maximize teaching and learning activities, especially the methods used to vary, innovate, and be updated. In order to create a learning atmosphere that is fun, exciting, and offers new learning experiences for students.
Abstrak. Salah satu masalah yang dihadapi oleh guru adalah lemahnya proses pembelajaran yang berpusat pada siswa, dalam prosesnya siswa kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan menganalisis masalah dan menyelesaikan masalah yang dihadapinnya. Proses pembelajaran di kelas sebaiknya diarahkan kepada kemampuan siswa untuk mengasah fikiranya, mengasah ingatanya, dan menghafal informasi yang diberikan oleh guru, otak siswa dipaksa untuk memahami dan mengingat berbagai informasi yang diberikan oleh guru tanpa dituntut memahami informasi yang diingat untuk di hubungkan dengan kehidupan sehari hari. Oleh karena itu penting bagi guru untuk mengaplikasikan atau menerapkan kegiatan pembelajaran yang menarik dan aktif agar peserta didik tidak bosan dalam proses pembelajaran dikelas. Menentukan serta menggunakan metode pembelajaran merupakan salah satu faktor dari berbagai faktor yang dapat menentukan keberhasilan proses belajar mengajar, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode role playing pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dalam materi rasul allah idolaku di kelas V SD Negeri Setiawarga Kota Cimahi. Adapun metode yang digunakan adalah dengan pendekatan penelitian kualitatif dan untuk proses pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan metode role playing pada mata pelajaran PAI di SD Negeri Setiawarga Kota Cimahi, meskipun ada beberapa kekurangan, pendidik di SD Negeri Setiawarga Kota Cimahi terus memaksimalkan kegiatan belajar mengajar terutama metode yang digunakan untuk bervariasi, berinovasi, dan diperbaharui. Agar terciptanya suasana belajar yang menyenangkan, mengasyikan, dan pengalaman belajar baru bagi peserta didik.
References
Al-faruq, Z. (2023). Peran Penggunaan Desain Evaluasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Ilma Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 158–171. https://doi.org/10.58569/ilma.v1i2.587
Anufia, Budur, T. A. (2019). Instrumen Pengumpulan Data (pp. 1–20). Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri.
Ari Yanto. (2015). METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS. Jurnaal Cakrawala Pendasal Cakrawala Pendas, I(1), 53–57.
Chamalah, E., Pd, S., Pd, M., Wardani, O. P., Pd, S., & Pd, M. (2013). Model dan Metode Pembelajaran Di Sekolah (1st ed.). UNISSULA PRESS.
Hasan Basri. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 032 KUALU KECAMATAN TAMBANG. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau, 1, 38–53.
Ismail, F. G. dan A. B. (2017). Agama Islam dan Budi Pekerti (S. E. Agung Widodo (ed.); 2nd ed.). Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbabng, Kemendikbud.
Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(02), 1–9.
Kartini, T. (2007). Penggunaan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Minat Siswa dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial di Kelas V SDN Cileunyi I Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Jurnal Pendidikan Dasar, 8, 1–5.
Kumalasari, N. (2021). Implementasi desain pembelajaran bermain peran dalam meningkatkan hasil belajar sejarah kebudayaan islam di mts badrussalam surabaya. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 17, 75–83.
Mahmudah, M. (2016). Urgensi Diantara Dualisme Metode Pembelajaran Ceramah Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Untuk Siswa MI/SD. Cakrawala: Jurnal Studi Islam, 11(1), 116–129. https://doi.org/10.31603/cakrawala.v11i1.107
Nurhasanah, I. A., Sujana, A., & Sudin, A. (2016). PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL LINGKUNGANNYA. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 611–620.
Permendikbudristek. (2022). TOOLS PENELITIAN PAUD BERBASIS PERMENDIKBUDRISTEK No 16 TAHUN 2022 STANDAR PEMBELAJARAN (pp. 1–19). PERMENDIKBUDRISTEK.
Prayogi, A., & Pekalongan, I. (2021). Pendekatan Kualitatif dalam Ilmu Sejarah : Sebuah Telaah Konseptual. Historia Madani, 5, 240–254.
Prihapsari, D., Indah, R., Ilmu, F., Universitas, K., & Malang, B. (2021). Coding untuk menganalisis data pada penelitian kualitatif di bidang kesehatan. Jurnal Kedokteran Syiah Kuala, 21(2), 130–135.
Qolbi, S. K., & Hamami, T. (2021). Impelementasi Asas-asas Pengembangan Kurikulum terhadap Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1120–1132. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.511
Rachma, N., Alfiani, N., Asiah, S., Pendidikan, P., Islam, A., Islam, P. A., & Pembelajaran, M. (2023). Semangat Belajar PAI dengan Metode Bermain Peran (Role Playing) di SMKN 1 Setu Kabupaten Bekasi. Journal of Community Service and Empowerment, 4(1), 77–87.
Rachmawati, I. N. (2007). PENGUMPULAN DATA DALAM PENELITIAN KUALITATIF : Jurnal Keperawatan Indonesia, 11(01), 35–40.
Raco, R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristi, dan keunggulannya (S. J.B (ed.)). PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin. UIN Antasari Banjarmasin, 17(33), 81–95.
Rofiq Ainur, M. I. (2021). Pengaruh Penggunaan Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Bustanul Makmur Genteng. MUMTAZ: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1, 1–11.
Sabrina, U., Ardianti, S. D., & Ermawati, D. (2021). Kendala dalam Menumbuhkan Karakter Religius Anak Usia Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3079–3089. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1233
Safarudin, R., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Kualitatif. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(02), 9680–9694.
Saleh Sirajuddin. (2017). ANALISIS DATA KUALITATIF (U. Hamzah (ed.); 01 ed.). Pustaka Ramadhan, Bandung.
Sasomo, B. (2015). Pendekatan Saintifik dengan Metode Role Playing Mempermudah Penilaian Individu Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1, 1–10. http://journal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/download/119/106
Setiawan, Rudi Hasrian, L. Z. (2016). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Bahasa Arab Materi Hiwar dengan Menggunakan Metode Role Play Pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Semester II Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. 8(2), 47–51.
Suarni. (2016). SEJARAH HIJRAH DALAM PERSPEKTIF AL- QUR’AN. AL MU’ASHIRAH, 13, 144–156.
Sulistiyohadi, A., Jurnal, J., & Sains, P. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Bermain Peran pada Materi Sistem Pencernaan untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik. JPSP, 1(2), 104–111.
Suyono, Titik, H., & Wulandari, I. S. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(2), 116–123. http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/article/view/3050
Syahrani, S. (2022). Peran Wali Kelas Dalam Pembinaan Disiplin Belajar di Pondok Pesantren Anwarul Hasaniyyah (Anwaha) Kabupaten Tabalong. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(1), 50. https://doi.org/10.35931/aq.v16i1.763
Taufik, M., & Abidin, Z. (2017). Kontekstualisasi hijrah sebagai Titik Tolak Pembaharuan Pendidikan. SUHUF, 29(1), 50–65.
Tejawati, N. L. P., Made Alit, D., Made, D., Purnawati, O. O., & Kristina, W. (2022). Pemanfaatan Video Puputan Margarana Dalam Pembelajaran Ips Untuk Memperkuat Profil Pelajar Pancasila Pada Peserta Didik Di Sd Negeri 3 Tonja Denpasar. Jurnal PKM. Widya Mahadi, Volume 3.(Desember), 217–225. https://doi.org/10.5281/zenodo.7447713
Widyastuti, E. S. (2014). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI KONSEP ILMU EKONOMI. 33–40.
Zulfatmi. (2021). PENDIDIKAN NILAI SPIRITUAL DALAM PROSESI HIJRAH NABI PENDAHULUAN Bangsa yang kuat adalah bangsa yang mampu menempatkan pendidikan nilai sebagai fondasi dan sendi dalam membangun kemajuan dan peradabaannya . Fondasi bangunan bangsa yang berbasis nilai-nila. Jurnal Mudarrisunna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11, 526–545.