Hubungan Antara Pemahaman Fiqih Wudhu dengan Praktek Wudhu Kelas VII SMPIT Ibnu Khaldun Lembang

  • Arni Sukminarni Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Aep Saepudin Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Dewi Mulyani Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
Keywords: Pemahaman Fiqih Wudhu, Praktek Wudhu

Abstract

Abstract. The PAI and Budi Pekerti education curriculum includes materials such as Al-Qur'an, Hadith, Aqidah, Akhlak, and Fiqh. Fiqh discusses Islamic laws relating to human actions, one of which is by understanding the importance of ablution as a valid requirement in carrying out prayers. Wudhu is an important first step before performing prayers. Understanding and practicing proper ablution is very necessary. The main focus of this research is the problem of wudhu practice of seventh grade students of SMPIT Ibnu Khaldun Lembang who are still not perfect in performing wudhu. The purpose of this study was to determine how much the level of relationship between understanding Fiqh Wudhu and the practice of wudhu of students at SMPIT Ibnu Khaldun Lembang. This study uses a correlational method using a quantitative approach. Based on data processing, the average obtained for the variable understanding of Fiqh Wudhu material is 89.73 with a very good category and the average for the Wudhu Practice variable is 79.14 with a good category. The results of the correlation test analysis using the Product Moment formula show that the correlation test value is 0.46, which means that the level of relationship between understanding Fiqh Wudhu and Wudhu practice of seventh grade students of SMPIT Ibnu Khaldun Lembang is at a fairly strong level.

Abstrak. Kurikulum pendidikan PAI dan Budi Pekerti mencakup materi-materi seperti Al-Qur'an, Hadits, Aqidah, Akhlak, dan Fiqih. Fiqih membahas tentang hukum-hukum Islam yang berkaitan dengan perbuatan manusia, salah satunya dengan memahami pentingnya wudhu sebagai syarat sah dalam melaksanakan sholat. Wudhu merupakan langkah awal yang penting sebelum melaksanakan sholat. Memahami dan mempraktekkan wudhu yang benar sangat diperlukan. Fokus utama penelitian ini adalah masalah praktik wudhu siswa kelas VII SMPIT Ibnu Khaldun Lembang yang masih belum sempurna dalam melaksanakan wudhu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkat hubungan antara pemahaman Fiqih Wudhu dengan praktik wudhu siswa di SMPIT Ibnu Khaldun Lembang. Penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan pengolahan data, diperoleh rata-rata untuk variabel pemahaman materi Fiqih Wudhu sebesar 89,73 dengan kategori sangat baik dan rata-rata untuk variabel Praktik Wudhu sebesar 79,14 dengan kategori baik. Hasil analisis uji korelasi dengan menggunakan rumus Product Moment menunjukkan bahwa nilai uji korelasi sebesar 0,46 yang berarti tingkat hubungan antara pemahaman Fiqih Wudhu dengan Praktek Wudhu peserta didik kelas VII SMPIT Ibnu Khaldun Lembang berada pada tingkat yang cukup kuat..

References

S. Al Fasya and R. Harfiani, “Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Penanaman Akhlak Siswa Sekolah Darul Muhmin Thailand,” J. Educ., vol. 5, no. 2, pp. 3699–3714, 2023, doi: 10.31004/joe.v5i2.1051.

T. Hidayat and M. Syafe’i, “Peran Guru Dalam Mewujudkan Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah,” Rayah Al-Islam, vol. 2, no. 01, pp. 101–111, 2018, doi: 10.37274/rais.v2i01.67.

H. Widodo, Pengembangan Kurikulum PAI_2023. 2023.

M. M. Rizqillah, “Jurnal Al-Makrifat Vol 4, No 2, Oktober 2019,” pp. 31–44, 2019.

Y. Flores, “PENTINGNYA PENGETAHUAN THAHARAH DAN PENGAMALANNYA BAGI MASYARAKAT TANI DUSUN MA’LENGU KECAMATAN BONTOLEMPANGAN KABUPATEN GOWA,” Phys. Rev. E, p. 24, 2011, [Online].

H. Natalia, “Pelaksanaan Ibadah di TK Al-Qonita Palangka raya ( Studi Praktik Wudhu Dan Shalat Pada Kelompok B,” 2019.

W. Azuhaili, “Fiqih Islam,” p. 300, 2012.

A. Khoerunnisa and N. Hidayati, “Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis,” PHI J. Pendidik. Mat., vol. 6, no. 1, p. 1, 2022, doi: 10.33087/phi.v6i1.180.

L. Latipah, “Peningkatan Pemahaman Konsep IPS Melalui Metode Role Playing di Kelas Tinggi Sekolah Dasar,” PGSD FKIP Univ. Muhammadiyah Sukabumi, pp. 163–172, 2019.

I. M. D. Atmaja, “Koneksi Indikator Pemahaman Konsep Matematika Dan Keterampilan Metakognisi1,” Nusant. J. Ilmu Pengetah. Sos., vol. 8, no. 7, pp. 2048–2056, 2021.

Sunandar, K. Rifdah Nur Maisun, and K. Maharani, “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Berwudhu Model Cooperative Learning Type Make A Match,” vol. 1, no. 3, p. 92, 2023.

T. Rahayu and M. Rosyid, “Upaya Guru Fikih Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa,” Bul. Pengemb. Perangkat Pembelajaran, vol. 1, no. 2, p. 16, 2019.

I. Majidah Anis, “ANALISIS FAKTOR YANG MEMENGARUHI PEMAHAMAN SISWA KELAS 8 MTS DDI LILBANAT PAREPARE TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MASA PANDEMI COVID-19,” Ind. High. Educ., vol. 3, no. 1, p. 24, 2021, [Online].

M. Ulfah, “Pengaruh pembelajaran fiqih terhadap kemampuan praktik ibadah siswa,” vol. 6, p. 57, 2023.

W. Musta’idatul Walida Ismani and M. Nur Asyifa Purnama, “Pendampingan Praktek Wudhu dalam Meningkatkan Kemampuan Berwudhu di TPQ Al Husnan Desa Sidoharjo Kecamatan Pulung,” no. 2023, p. 120, 2023.

Published
2024-02-19