Nilai – nilai Pendidikan Akhlak pada Kitab Ta’lim Muta’allim dan Aktualisasinya terhadap Pendidikan Karakter di Indonesia

  • Irfan Faruq Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
Keywords: Nilai, Pendidikan, Akhlak

Abstract

Abstract. Agains the backdrop of the decline in moral education in the community, various problems related to morality have emerged which have started to emerge causing moral degradation. Therefore, it is necessary to study moral education which is expected to have a positive impact on education in Indonesia. In addition, this research will also examine its actualization with character education as the indent of the Indonesia nation. This study aims ti determine the values of character education in the book of ta’lim muta’allim by sheikh Az-Zarnuji. The questions to be answered through this research are : what are the values of moral education in the muta’allim book ? how is the actualization of moral education values in the muta’allim ta’lim book on character education in Indonesia? The research method used is library research. The primary data sources are taken from other books, journals, articles and so on that are relevant and relevant to the research. As for technical analysis of data using analytical descriptive method and content analysis. The finding of this study indicate that the book of muta’allim ta’lim is still relevant today to character education in Indonesia..

Abstrak. dilatar belakangi oleh semakin merosotnya Pendidikan moral di Masyarakat, muncul berbagai permasalahan terkait moralitas yang mulai bermunculan sehingga menyebabkan terjadinya degradasi moral. Oleh karena itu, perlu adanya kajian terhadap Pendidikan moral yang diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi Pendidikan di Indonesia. Selain itu, penelitian ini juga akan mengakaji aktualisasinya dengan penddidikan karakter sebagai cikal bakal bangsa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai Pendidikan karakter dalam Kitab Ta’lim Muta’allim karya Syeikh Az-Zarnuji. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah : apa saja nilai – nilai Pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab muta’allim ? bagaimana aktualisasi nilai-nilai Pendidikan akhlak dalam kitab muta’allim Pendidikan karakter di Indonesia ? Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan. Sumber data primer diambil dari buku-buku lain, jurnal, artikel dan sebagainya yang relevan dengan penelitian. Sedangkan untuk teknis analisis data menggunakan metode deskriptif analitis dan analisis isi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kitab ta’lim muta’allim masih relevan hingga saat ini dengan Pendidikan karakter di Indonesia.

References

Alimah, S., & Hakim, A. (2021). Pembinaan Akhlak Peserta Didik melalui Program Mentoring di SMP X Bandung. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 1(2), 90–100. https://doi.org/10.29313/jrpai.v1i2.362

Auliya Nisa, Erhamwilda, & Khambali. (2023). Implementasi Program Etika untuk Membentuk Akhlakul Karimah Santri di Pondok Pesantren. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 105–112. https://doi.org/10.29313/jrpai.v3i2.2976

Nursena, M. A., Al Ghazal, S., & Rachmah, H. (2022). Implementasi Program IMTAQ (Iman dan Taqwa) dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Santri Mahasiswa di Pondok Pesantren X Dago Bandung. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 1(2), 147–152. https://doi.org/10.29313/jrpai.v1i2.550

Adisusilo, Sutarjo, Pembelajaran Nilai karakter: Kontruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif, Jakarta : Raja Grafindo Persada 2012.

Al-Abrasyi, M. Athiyah, Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam, Jakarta: PT Bulan Bintang, 1970.

Al-Baihaqi, Abu Bakar, Al-Sunan al-Kubro, Juz x, Beirut: Darul Kutub al-Ilmiah, tt.

Al-Ghazali, Abu Hamid Muhammad Ibn Muhammad, Ihya Ulumuddin, Jil. III, Beirut: Darul Kutub Al-Ilmiah, tt

Aminuddin, Membangun Karakter Dan Kepribadian Melalui Pendidikan Agama Islam, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.

Andayani, Dian dan Abdul Majid, Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta, 1993

Asmani, Jamal Ma’mur, panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah, Yogyakarta: Diva Press, 2011.

Az-Zarnuji, Bimbingan Bagi Penuntut Ilmu Pengetahuan, Terj. Ali As’ad, Kudus: Menara Kudus, 2007

Daradjat, Zakiah, Ilmu Jiwa Agama, Jakarta: Bulan Bintang, 1993.

Departemen Agama RI, Al-Qura’an Al-Karim dan Terjemahnya, Semarang: PT. Karya Thoha Putra, 2002.

Djudi, “Konsep Belajar Menurut Az-Zarnuji, Kajian Psikologi Etik Kitab Ta’lim Al-Muta’allim, Tesis, Yogyakarta: Fakultas Pasca Sarjana IAIN Sunan Kalijaga, 1990.

Faris, Akhmad Novianto, “Pembelajaran Kitab Ta’lim Al-Muta’allim dan Akhlak Mahasiswa Pondok Pesantren Hidayatul Qulub Tambakaji Ngaliyan Semarang Terhadap Dosen UIN Walisongo Semarang, Skripsi, Semarang: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang, 2015

Gunawan, Heri, Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi, Bandung: Alfabeta, 2012.

Hasan, Said Hamid, Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional, BPPPK

Published
2024-02-19