Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning pada Mata Pelajaran Akhlak terhadap Hasil Belajar Siswa Diniyah Takmiliyah Thoriqul Huda Kota Bandung
Abstract
Abstract. This research is a quantitative experimental research that aims to determine the effect of student learning outcomes using the Contextual Teaching and Learning (CTL) learning model on the subject of Akhlak. The sample in this research was 15 students of class VI Diniyah Takmiliyah Thoriqul Huda. This research was conducted using a quantitative approach through quasi-experimental methods. With data collection instruments using observation, tests, and documentation. The research results were analyzed using the T-test formula. The results of data analysis show that tcount is greater than ttable (4.67 > 2.08) at α = 0.05, with 21 degrees of freedom, which means H0 is rejected and H1 is accepted. Based on these findings, it is stated that there is a significant influence between the Contextual Teaching and Learning (CTL) learning model on student learning outcomes in the Morals subject in class VI Diniyah Takmiliyah Thoriqul Huda.
Abstrak. Penelitian ini merupakan Penenlitian Kuantitatif Eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran Akhlak. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI Diniyah Takmiliyah Thoriqul Huda sebanyak 15 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode kuasi eksperimental. Dengan instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian dianalisis menggunkan rumus uji T-test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel (4,67 > 2,08) pada α = 0,05, dengan derajat kebebasan 21 yang berarti H0 di tolak dan H1 diterima. Berdasarkan temuan tersebut, maka dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Akhlak di kelas VI Diniyah Takmiliyah Thoriqul Huda.
References
Yayang Purnama Sari, & Asep Dudi Suhardini. (2022). Implementasi Blended Learning sebagai Alternatif Pembelajaran PAI dalam Materi Salat Jenazah. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 13–18. https://doi.org/10.29313/jrpai.v2i1.725
Mirdad, J. (2020). Model-Model Pembelajaran (Empat Rumpun Model Pembelajaran). Jurnal Sakinah, 2(1), 14-23.
Suwarno. (2017). Dasar-dasar Ilmu pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
Tohirin. (2006). Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Haryu, I. (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nurhadi. (2003). Pembelajaran Konetekstual dan Penerapan Dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.
Irwan, & Hasani, N. (2021). Analisis Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar PPKn di Sekolah Dasar. Edukatif, 3(1), 235-245.
Qoriah, S., Tamyis, & Hasan, M. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Contextual Teacahing and Learaning (CTL) terhadap Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Fiqh di Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadiin Jati Agung Lampung Selatan. Journal on Education, 5(4), 11454-11461.
Mahendra, Z. (2023). Pengaruh Metode Active LearningTerhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Di MTS Daarul Ulum Medan. INNOVATIVE, 3(2), 1956-1963