Pengaruh Program Kampus Mengajar terhadap Keterampilan Kepemimpinan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Bandung

  • Muhammad Rizal Muttaqin Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Nan Rahminawati Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Huriah Rachmah Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
Keywords: Program Kampus Mengajar, Keterampilan Kepemimpinan

Abstract

Abstract. This research aims to determine whether or not there is an influence and how much influence the Teaching Campus Program has on leadership skills. The research method used in this research is a descriptive method with a quantitative approach. The research subjects were students of the Islamic Religious Education Study Program, Faculty of Tarbiyah & Teacher Training, Bandung Islamic University. The sample in this study amounted to 57 respondents. Data collection techniques in this research used questionnaires, observation and interviews. The data analysis technique in this research is using a simple regression test with the help of SPSS version 26. The results of the research show that there is an influence between the influence of the Teaching Campus Program on leadership skills by 68.5% and the independent variable indicator (X), namely: improving soft skills, literacy, creativity. then the dependent variable indicator (y) is: analytical thinking, problem solving, initiative, communication, collaboration.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dan seberapa besar pengaruh Program Kampus Mengajar terhadap keterampilan kepemimpinan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian yakni mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah & Keguruan Universitas Islam Bandung. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 57 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket, observasi dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini yakni menggunakan uji regresi sederhana dengan bantuan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara pengaruh Program Kampus Mengajar terhadap keterampilan kepemimpinan sebesar 68,5% dengan indikator variabel independen (X) yaitu: meningkatkan soft skill, literasi, kreativitas. kemudian dalam indikator variabel dependen (y) yaitu: berfikir analitis, pemecahan masalah, inisiatif, komunikasi, kolaborasi.

References

Nashir, A. (2016). Pengaruh Kedisiplinan Guru Terhadap Prestasi Belajar. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 21–28.

Laguna-Sánchez, P. S.-P.-C.-P. (2021). A collaborative model for leadership education in high-potential university women students. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 7(2).https://doi.org/10.3390/joitmc7020138.

Guo, P. S. (2020). A review of project-based learning in higher education: Student outcomes and measures. International Journal of Educational Research, 102. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101586.

Danim., P. D. (2015). Visi Baru Manajemen Sekolah Dari Unit Birokrasi Ke Lembaga Akademik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Makarim, N. A. (2021, november 2021). Kampus Mengajar . Diambil kembali dari Upaya Kemendikbud Libatkan Mahasiswa dalam Penguatan Pembelajaran di Sekolah Dasar pada Masa Pandemi: https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/kampus-mengajarangkatan-1-tahun-2021-upaya-kemendikbud-libatkan-mahasiswa-dalampenguatan-pembelajaran-di-sekolah-dasar-pada-masa-pandemi/.

Tatto, M. T. (2021). Professionalism in teaching and the role of teacher education. European Journal of Teacher Education, 44(1) . https://doi.org/10.1080/02619768.2020.1849130.

Nadia Anisah Fauziah, H. R. (2022). PERAN MAHASISWA DALAM MENSUKSESKAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR. JIMAKUKERTA, 436 http://jurnal.umb.ac.id/index.php/JIMAKUKERTA.

Osnovna, S. I. (2016). Frequency of Applying Different Teaching Strategies and Social Teaching Methods in Primary Schools Sonja. Journal of Education and Practice, 7(33), 66–71. www.iiste.org.

Riduwan. (2015). Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Alfabeta.

Hikmawati. (2022). Melatih Soft Skills Mahasiswa Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 3 Tahun 2022 di SDN 10 Ampenan. Unram Journal of Community Service, 2.

Yudha, A. M. (2000). Perkembangan gerak Dan Belajar Gerak. Jakarta: Depdikbud

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif. Jurnal, 297.

Racmah, H. (2019). Berpikir Sosial & Keterampilan Sosial.

Aan Widiyono, S. I. (2021). Implementasi Merdeka Belajar melalui Kampus Mengajar Perintis di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 16(2), 102–107.

Antonio, M. S. (2009). Islam Leader Prophet Muhammad saw. Jakarta: ProLM centre and Tazkia.

Aan Widiyono, S. I. (2021). Implementasi Merdeka Belajar melalui Kampus Mengajar Perintis di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 16(2), 102–107.

Rifa Hanifa Mardhiyah, S. N. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Pendidikan, 29.

Choirul Saleh, M. (2020). Konsep, Pengertian dan Tujuan Kolaborasi. Tangerang Selatan: Perpustakaan Digital Universtias Terbuka

Published
2024-02-11