Pola Asuh Orangtua dalam Mendidik Akhlakul Kharimah Remaja pada Keluarga Pedagang di Kelurahan Ciroyom Kota Bandung

  • Erfan Refansyah Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Aep Saeppudin Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Ikin Asikin Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
Keywords: Pola Asuh Remaja, Orangtua Pedagang, Karang Taruna

Abstract

Abstract. Parents always want to provide the best for their children, especially in the aspect of education, with various efforts parents strive so that their children must be more successful than their parents. Parental care is the actions and attitudes of parents who show love but also provide direction to ensure that children's physical and emotional well-being. Children are a mandate from Allah SWT and must be guarded and educated to achieve excellence in life and get closer to Allah SWT. This research was written with the title Parenting Patterns in Educating Adolescent Morals in Merchant Families in Ciroyom Village, Bandung City, this research was conducted with Qualitative Research Methods with data collection techniques in the form of interviews and documentation studies where the results of the study found that the parents of traders who are all busy trading in Ciroyom Market in the process of ensuring the moral development of their children by entrusting them to Youth Organization and Mosque Youth with various programs owned by youth organizations and mosque youth, ranging from Social Services to Recitation which has an impact on the development of morality, values and norms adopted by the community.

Keywords: Adolescent Parenting, Traders' Parents, Youth Organization, Mosque.

Abstrak. Orang tua selalu menginginkan memberikan yang terbaik untuk anaknya khususnya dalam aspek pendidikan, dengan berbagai upaya orang tua berjuang agar anaknya harus lebih sukses dari orang tuanya. Pengasuhan orang tua adalah tindakan dan sikap orang tua yang menunjukkan cinta namun juga memberikan pengarahan untuk menjamin agar fisik dan emosional anak sejahtera. Anak adalah amanat dari Allah SWT dan harus dijaga dan dididik untuk mencapai keutamaan dalam hidup dan mendekatkan diri pada Allah SWT. Penelitian ini ditulis dengan judul Pola Asuh Orang Tua Dalam Mendidik Akhlak Remaja Pada Keluarga Pedagang Di Kelurahan Ciroyom Kota Bandung, penelitian ini dilakukan dengan Metode Penelitian Kualitatif dengan Teknik pengambilan data berupa wawancara dan studi dokumentasi dimana hasil penelitian ditemukan bahwa orangtua pedagang yang serba sibuk berdagang di Pasar Ciroyom dalam proses memastikan perkembangan akhlak anaknya dengan cara menitipkan di Karang Taruna dan Remaja Masjid dengan berbagai program yang dimiliki oleh karang taruna dan remaja masjid, mulai dari Bakti Sosial hingga Pengajian yang berdampak pada perkembangan moralitas, nilai-nilai dan norma-norma yang di anut oleh masyarakat.

References

Auliya Nisa, Erhamwilda, & Khambali. (2023). Implementasi Program Etika untuk Membentuk Akhlakul Karimah Santri di Pondok Pesantren. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 105–112. https://doi.org/10.29313/jrpai.v3i2.2976

M. Ullinuha, “Mendiskusikan Konstruksi Kritik Tafsir,” Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, vol. 6 (1), pp. 83-106, 2023.

Ghozali, I, “Pendidikan Etika, Moral Dan Akhlak Dalam Kehidupan Remaja Islam Di Kecamatan Mulyorejo Kota Surabaya,” Murabbi, pp. 1-9, 2019.

A. Utami, “Pola asuh orang tua dan kenakalan remaja,” Pekerjaan Sosial, vol. 4, pp. 1-15, 2021.

Suryandari, “Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Kenakalan Remaja,” Inovasi Pendidikan Dasar, vol. 4 (1), pp. 23-29, 2020.

S. a. P. Lestari, “Metode Penelitian Kualitatif,” Jurnal Internasional, 2021.

A. Duthaseva, “A Baumrind's Perspective : Parenting Style,” Jurnal Kesehatan, 2023.

B. A. a. E. Doll, “Teori Pembelajaran Sosial,” dalam Buku Perkuliahan Pembelajaran Sosial, 2015, p. 101.

N. K. Afandi, “Efektifitas Pola Asuh Terhadap Sifat Kepribadian Orangtua Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Anak,” Jurnal Instructional and Development Researches, vol. 3 (3), pp. 131-138, 2023.

Mahmud, “Pola Asuh Orangtua Dalam Membina Kemampuan Membaca Al-Qur'an Pada Anak Remaja,” Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, vol. 14 (1), pp. 95-108, 2020.

V. a. M. Wahyuni, “Nilai Pendidikan dari Hadits Riwayat Bukhari Mencetak Generasi Unggul,” Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, pp. 51-56, 2022.

Published
2024-02-10