Metode Pembinaan Tahfidz Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an (PPTQ) Al-Multazam Cicalengka Bandung

  • Ilham Firdaus Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Mujahid Rasyid Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
Keywords: Metode, Akhlak, Pembinaan Tahfidz Al-Qur’an

Abstract

Abstract. This research aims to determine the method of developing Al-Qur'an tahfidz for PPTQ Al-Multazam Cicalengka Bandung students. The Al-Multazam Islamic Boarding School was founded with the aim of educating cadres of people who have memorized the Qur'an, are capable and skilled in society and create Qur'anic people in their teens who are civilized, independent, have a global perspective, and care about the benefit of humanity. In practice, Al-Multazam applies five methods, namely the wahdah (thariqah) method, the kitabah (thariqah) method, the sima'i (thariqah) method, the combined (thariqah) method, and the jama'i (thariqah) method. The curriculum implemented at PPTQ Al-Multazam Bandung is four in one (4 in 1), namely muraja'ah, ziyadah, tasmi' and munaqosyah. The method used in this research is descriptive qualitative, collecting data by observation, interviews and documentation studies. There are 3 aspects which include the results of the tahfidz Al-Qur'an coaching method, namely the target of the tahfidz coaching method, the success of achieving the target and the results of the tahfidz coaching method on the morals of the students. PPTQ Al-Multazam has a minimum target, namely that within three years the students will have at least 15 juz of memorized and in accordance with the vision and mission, namely to create Qur'anic people in their teens who are civilized, independent, have a global perspective, and care about the benefit of humanity. The first supporting factor is the Curriculum, the second supporting factor is Human Resources (HR) and the last supporting factor is the Foundation because it is very influential on the development of tahfidz who are there, apart from facilitating time and place, the Foundation also provides direction and motivation regarding Resources. Human (HR) at PPTQ Al-Multazam Cicalengka Bandung.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembinaan tahfidz Al-Qur’an santri PPTQ Al-Multazam Cicalengka Bandung. Pesantren Al-Multazam didirikan bertujuan untuk pendidikan kader-kader umat yang hafidzul Qur’an, mampu dan terampil di tengah masyarakat dan mewujudkan insan Qur’ani di usia remaja yang beradab, mandiri, berwawasan global, dan peduli pada kemaslahatan umat manusia. Al-Multazam dalam praktiknya menerapkan lima metode yakni metode (thariqah) wahdah, metode (thariqah) kitabah, metode (thariqah) sima’i, metode (thariqah) gabungan, metode (thariqah) jama’i. Kurikulum yang di terapkan di PPTQ Al-Multazam Bandung yaitu four in one (4 dalam 1) ada muraja’ah, ziyadah, tasmi’ dan munaqosyah. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, mengumpulkan data dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Ada 3 aspek yang meliputi hasil dari metode pembinaan tahfidz Al-Qur’an yaitu target dari metode pembinaan tahfidz, keberhasilan pencapaian target dan hasil metode pembinaan tahfidz terhadap akhlak santri. PPTQ Al-Multazam mempunyai target minimal yaitu dalam waktu tiga tahun santri minimal sudah mempunyai halafan 15 juz dan sesuai dengan visi misi yaitu mewujudkan insan Qur’ani di usia remaja yang beradab, mandiri, berwawasan global, dan peduli pada kemaslahatan umat manusia. faktor pendukung yang pertama adalah Kurikulum, faktor pendukung yang kedua adalah Sumber Daya Manusia (SDM) dan  faktor pendukung yang terakhir adalah Yayasan dikarenakan sangat berpengaruh terhadap pembinaan tahfidz yang berada disana, selain memfasilitasi waktu dan tempat, Yayasan juga memberikan arahan serta motivasi terhada Sumber Daya Manusia (SDM) di PPTQ Al-Multazam Cicalengka Bandung.

References

Ahsin, W. Al Hafidz, Bimbingan Praktis Menghafal Al-Quran, (Jakarta: Bumi Aksara, 1994), h. 67-69.

Abdul Rauf, Abdul Aziz. Kiat Sukses Menghafal Qur'an Daiyah. Jakarta: Markaz Al-Qur'an. 2015.

Qasim. Amjad. Meski Sibuk Pun Bisa Hafal Al-Qur'an. Solo:Al-Kamil Publishing. (2013).

J. Moleong Lesy Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung: PT Remaja Rosdakarya, (2011).

Muhammad Arif Hidayat, Hubungan Kebiasaan Membaca AlQur‟an Dengan Pembentukan Karakter Agama Islam Siswa kelas XI MAN 2 Model Medan, Intiqad: Jurnal Agma Dan Pendidikan Islam, 2017, journal.umsu.ac.id

Simanjuntak, B., I. L Pasaribu, Membina dan Mengembangkan GenerasiMuda, (Bandung: Tarsito, 1990), hlm. 84.

Ahsin, W. Al Hafidz, Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur‟an, (Jakarta: Bumi Aksara, 1994),

Setiawan Dan Kurniawanto, Metode Pendidikan Islam Masa Kini Dalam Keluarga Perspektif Abdullah Nashih Ulwan, EDUCASIA, Vol. 1 No. 2, 2016, www.educasia.or.id.

Muhammad Arif Hidayat, Hubungan Kebiasaan Membaca AlQur‟an Dengan Pembentukan Karakter Agama Islam Siswa kelas XI MAN 2 Model Medan, Intiqad: Jurnal Agma Dan Pendidikan Islam, 2017, journal.umsu.ac.id

Amrin Juni, Metode Pembelajaran Reward And Punishment Pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits Siswa Mi Negeri 3 Bengkulu Tengah, (Bengkulu : Ilmupendidikan Agama Islam, 2019), H 34

Hafidz Al W Ahsin. 2005. Bimbingan Praktis Menghafal Alqur’an. Jakata: Bumi Aksara

Hadi Sutrisno. 1986. Metodologi Research 1 Penulisan Peper, Skripsi, Teshis, dan Disertasi. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.

Izzan Ahmad. 2020. METODE 4M Tahfidz Al-Qur’an Bagi Disabilitas Netra. Bandung: Hak Cipta undang-undang

Mustawa. 2016. Model Pembinaan Menghafal Al-Qur’an Mahasantri Pondok Muhammaddiyah Hajjah Nuriyah Shabran Dalam Meningkatkan Hafalan. Surakarta:

Arifin Zainal. 2014. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung : PT.Rosda Karya.

Arifin Zainal. 2014. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT. Remaja Rosda karya.

Simanjuntak, B., I. L Pasaribu, Membina dan Mengembangkan GenerasiMuda, (Bandung: Tarsito, 1990), hlm. 84.

Moeleong, Lexy, Metode Penelitian Kualitatif (Bandung:Pt Remaja Rosdakarya, 2019), h. 330-331.

Albi Anggito, Johan Setiawan, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Jawa Barat: Cv Jejak, 2018), h. 145.

A. Muri, Yusuf, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan, (Jakarta:Kencana, 2014), h. 372

Darmawan Deni. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rasdakarya

Moleong J Lexy. 2001. Metodologi Penulisan Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda karya

Margono S. 2005. MetodologiPenelitianPendidikan. Jakarta: RinekaCipta, Cet V Nasution. 2002. Metodologi Research Penelitian Ilmiah. Jakarta: Budi Aksara.

Abdul Rauf, Abdul Aziz. Kiat Sukses Menghafal Qur'an Daiyah. Jakarta: Markaz Al-Qur'an. 2015.

Al-Lahim, Khalid bin Abdul Karim. Metode Mutakhir Cara Cepat Menghafal

AlQur'an. Surakarta: Daar An-Naba (2008).

A.M, Sardiman. Interaksi dan Motivasi: Belajar Mengajar. Jakarta: Raja

Alawiyah Wahid, Wiwi. Cara Cepat Menghafal A-Qur'an. Yogjakarta:Diva Press, 2014. Grafindo Persada, (2014).

Arifin, Zainal. Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. (2014).

Arraiyyah, M. Hamdar dkk. Pendidikan Islam:Memajukan Umat dan Memperkuat Kesadaran Bela Negara. Jakarta. Kencana (2016).

Az-Zawawi, Yahya Abdul Fatah. Revolusi Menghafal Al-Qur'an. Surakarta: Insan Kamil, (2015)

Hamalik. Ocmar. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta Bumi Aksara. (2005).

J. Moleong Lesy Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung: PT Remaja Rosdakarya, (2011).

Lutfi Ahmad Pembelajarn Al-Qur'an dan Hadits. Jakarta Dirrektorat Pendidikan Islam, (2009),

Klim, Abdul Majid. Hadis Tarbans hudits-hadits pendidikan. Jakarta Kencana (2012)

Munawwir, A.W. Kamus al-Munawwir Arab-Indonesia. Surabaya Pustaka Progresif. (1997).

Qasim. Amjad. Meski Sibuk Pun Bisa Hafal Al-Qur'an. Solo:Al-Kamil Publishing. (2013).

Syarashi, Ahmad, Dimensi-dimensi Kesejatian Al-Quran. Yogyakarta: Ababil. 1996.

Sayyid Thantawi, Muhammad. Ulumul Qur'an: Teori dan Metodologi. Yogyakarta:IRCISOD. (2013).

Samsul Ulum, M. Menangkap Cahaya Al-Qur'an. Malang: UIN Malang Press.(2007)

Sukardi, H.M. Evaluasi Pendidikan: Prinsip dan Operasional. Yogyakarta: Bumi Aksara, (2009).

Published
2024-02-08