Nilai-Nilai Pendidikan dari Al-Qur’an Surat An-Nisa Ayat 29-31 tentang Targhib dan Tarhib

  • Winda Nurwijayanti Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Enoh Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Ikin Asikin Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
Keywords: menjauhi dosa besar, targhib dan tarhib, QS.An-Nisa ayat 29-31

Abstract

Abstract. This verse explains the command of Allah SWT to stay away from major sins among the sins that are prohibited from doing it, and Allah SWT has promised his servant that if he avoids major sins he will be entered into a glorious place, namely heaven. Targhib values appear in this verse, namely promises accompanied by persuasion and seduction to postpone the mere benefit of delicacy and enjoyment. This study used a descriptive-analytical collection technique, namely the library (library reasearch) by examining in depth various interpretations and books related to the subject matter of the research. The results of the study suggest that the essence of educational values from the Al-Qur'an Surah An-Nisa verse 31 concerning targhib and tarhib is: Allah SWT forbids his servants to commit grave sins and promises enjoyment for his servants. Allah SWT orders his servants to stay away from big sins, namely every sin that Allah threatens with hell fire, wrath, curse and punishment, and Allah SWT promises pleasure to his servant if he stays away from the prohibitions that Allah SWT has given. The targhib values contained in the Al-Qur'an letter An-Nisa verse 31 are, as Muslims must understand and know about what are the commands and prohibitions that Allah SWT has set, such as the prohibition of committing major sins and the obligation to carry out worship and always believe in Allah SWT. Allah SWT has promised His servants who stay away from major sins and will be sent to a noble place, namely heaven.

Abstrak. Ayat ini menerangkan tentang perintah Allah Swt untuk menjauhi dosa-dosa besar  di antara dosa-dosa yang dilarang mengerjakannya, dan Allah Swt telah menjanjikan kepada hambanya jika menjauhi dosa-dosa besar makan akan dimasukkan ke tempat yang mulia yaitu surga. Munculah nilai-nilai targhib dalam ayat ini yaitu  janji yang disertai bujukan dan rayuan untuk menunda kemaslahatan kelezatan dan kenikmatan semata. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-analitis teknik pengumpulan yaitu kepustakaan (library reasearch) dengan mengkaji secara mendalam berbagai tafsir dan buku yang berhubungan dengan pokok masalah penelitian. Hasil penelitian mengemukakan bahwa esensi dari nilai-nilai pendidikan dari Al-Qur’an surat An-Nisa ayat 31 tentang targhib  dan tarhib adalah  : Allah Swt melarang hambanya untuk melakukan perbuatan dosa besar dan menjanjikan kenikmatan bagi hambanya. Allah Swt memerintahkan hambanya untuk menjauhi dosa-dosa besar, yaitu setiap dosa yang diancam Allah Swt dengan api neraka, kemurkaan, laknat dan adzab, dan Allah Swt menjanjikan kenikmatan kepada hambanya jika menjauhi larangan-larangan yang telah Allah Swt berikan. Nilai-nilai targhib  yang terkandung dalam Al-Qur’an surat An-Nisa ayat 31 ialah, sebagai umat muslim harus memahami dan mengetahui tentang apa saja perintah dan larangan yang telah Allah Swt tetapkan, seperti larangan melakukan perbuatan dosa besar dan wajib menjalankan ibadah dan selalu beriman kepada Allah Swt. Allah Swt telah menjanjikan kepada hambanya yang menjauhi perbuatan dosa besar makan akan dimasukkan ke tempat yang mulia yaitu surga.

References

Pengertian Pendidikan Secara Umum dan Jenis-jenisnya. Pengertian Pendidikan Secara Umum dan Macam-macamnya, 1.

Al, Q. I. (2007). Tafsir Al-Qurtubi. Jakarta: Pustaka Azzam.

Al-Qur'an. (2012). Surat An-Nisa ayat 31. Bandung: PT CORDOBA INTERNASIONAL INDONESIA.

Al-Qur'anMulia. (2015, september 5). Tafsir Ibnu Katsir surat An-Nisa ayat 29-31. Diambil kembali dari wordpres.com: https://alquranmulia.wordpress.com/2015/09/05/tafsir-ibnu-katsir-surah-an-nisaa-ayat-29-31/

Astuti, H. (2021). Berbakti Kepada Orang Tua dalam Ungkapan Hadis. Jurnal Riset Agama, 55.

Asy-Syaukani, I. (2008). Tafsir Fathul Qadir. Jakarta: Pustaka Azzam.

Azwardi. (2021). Dasar dan tujuan punishment menurut agama Islam. jurnal pendidikan islam, 266-267.

Azwardi. (2021). PENERAPAN REWARD DAN PUNISHMENT. Jurnal Pendidikan Islam, 264.

Azwardi. (2021). Reward and Phunishment. jurnal pendidikan islam, 265.

Faidy, A. B. (2014). REWARD DAN PUNISHMENT DENGAN MOTIVASI BELAJAR. jurnal mahasiswa universitas negeri surabaya, 455.

FARID, A. (2021). HADIS TENTANG MEMPERBANYAK KETURUNAN. digilib uinsa, 33-34.

Fitriani, D. (2021). Pengertian Hukum Syara’. Journal of Sharia Economic Law, 186.

Fitriani, D. (2021). Pengertian Hukum Syara’. Journal of Sharia Economic Law, 186.

Hasan, A. (1998). dosa besar menurut Al-Qur'an. skripsi S1, 33.

hasnawati. (2020). langkah-langkah metode targhib dan tarhib. jurnal pendidikan islam, 73.

hasnawati, s. n. (2020). Metode targhib dan tarhib dalam pendidikan islam. jurnal pendidikan islam, 73-74.

Isawi, M. A. (2007). Tafsir Ibnu Mas'ud. Jakarta: Pustaka Azzam.

KBBI.web. (2013). arti dosa besar dalam KBBI. Diambil kembali dari KBBI.co.id: https://www.kbbi.co.id/arti-kata/dosa

learn-quran.co. (2017, september). tafsir surat an-Nisa ayat 31. Diambil kembali dari learn-quran.co: https://tafsir.learn-quran.co/id/surat-4-an-nisa/ayat-31

M.Prawiro. (2023, january). Pengertian Pendidikan: Definisi, Tujuan, Fungsi, dan Jenis Pendidikan. Pengertian Pendidikan secara Umum, 1.

Ma’rufin, S. (2015). Metode Targhib dan Tarhib Qurani dan Nabawi. METODE TARGHIB DAN TARHIB, 70.

Maharani, B. I. (2023, maret jum'at). Apa Hukuman bagi Orang yang Lalai dalam Sholat. Diambil kembali dari detikHikmah: https://www.detik.com/hikmah/khazanah/d-6597807/apa-hukuman-bagi-orang-yang-lalai-dalam-sholat#:~:text=Artinya%3A%20%22Pemisah%20antara%20seorang%20hamba,sholat%20dan%20meninggalkannya%20secara%20sengaja.

ma'rufin. (2015). metode targhib dan tarhib. jurnal risaalah, 70.

Ma'rufin, S. (2015). Metode Targhib dan Tarhib. Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 68.

ma'rufin, S. (2015). metode targib dan tarhib. jurnal risalah , 72.

Ma'zumi, S. N. (2019). Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur'an dan Al-Sunnah. Indoanesian Journal of Islamic Education, 192.

Muhammad Abduh Tuasikal, M. (2013, desember selasa). Bahaya Meninggalkan Shalat (2): Dalil Hadits. Diambil kembali dari Rumaysho.com: https://rumaysho.com/4927-bahaya-meninggalkan-shalat-2-dalil-hadits.html

nur, s. (2020). metode targhib dan tarhib dalam pendidikan islam. jurnal pendidikan islam, 71.

Nur, S. (2020). Metode Targhib dan Tarhib dalam Pendidikan Islam. 69-74.

Nurdin Mulyadi, N. H. (2019). Pengertian Pendidikan dalam Bahasa Inggris. Pengertian Pendidikan, 2.

opac1. (2009). Pengertian Pendidikan Agama Islam. Pendidikan Agama Islam, 1.

prahara, e. y. (2015). implementasi metode targhib dan tarhib di era kekinian. metode targhib dan tarhib dalam pendidikan islam, 162-164.

Prahara, E. Y. (2015). Implementasi Metode Targhib wa Tarhib. METODE TARGHIB WA TARHIB, 162-167.

prahara, e. y. (2015). implementasi targhib dan tarhib di era kekinian. metode targhib dan tarhib dalam pendidikan islam, 165-166.

Prahara, E. Y. (2015). metode targhib dan tarhib dalam pendidikan islam. jurnal pendidikan islam, 160-161.

Prahara, E. Y. (2015). metode targhib dan tarhib dalam pendidikan islam. pendidikan islam, 162-163.

Prahara, E. Y. (2025). metode targhib dan tarhib dalam pendidikan islam. jurnal pendidikan islam, 162-163.

qurthubi, i. A. (2007). tafsir al qurthubi. jakarta: pustaka azzam.

Shihab, M. Q. (2001). Tafsir Al-Mishbah. Jakarta: Lentera Hati.

syaikh ahmad muhammad syakir, s. m. (2007). Tafsir surat an-Nisa ayat 31. Dalam D. M. Al-Hifnawi, Tafsir Ath-Thabari (hal. 832). Jakarta: PUSTAKA AZZAM.

Syaikh, D. A. (2003). 283. jakarta: pustaka imam asy syafii.

Syaikh, D. A. (2003). 289. jakarta: puataka imam asy syafii.

Syaikh, D. A. (2003). tafsir ibnu katsir. jakarta: pustaka imam asy syafii.

Syaikh, D. A. (2008). Tafsir Ibnu Katsir. Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi'i.

syamsiah nur, h. (2020). metode targhib dan tarhib dalam pendidikan islam. jurnal pendidikan islam, 74-75.

taufiq. (2018). MEMAKAN HARTA SECARA BATIL. jurnal ilmiah syari'ah, 249-250.

Thabari, A. J. (2007). Tafsir Ath Thabari. Jakarta: pustaka azzam.

Yudi, E. (2015). konsep targhib dan tarhib. metode targhib dan tarhib dalam pendidikan islam, 158.

yulianto, a. (2018, januari selasa). tenang dengan sholat. Diambil kembali dari khazanah republika: https://khazanah.republika.co.id/berita/p29wz1396/tenang-dengan-shalat

Published
2024-02-08