Efektivitas Metode Pembelajaran Role Playing terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII pada Materi Ikhlas, Sabar, dan Pemaaf di SMP PGII 2 Kota Bandung

  • Witri Hendrawati Solihat Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Aep Saepudin Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Nadri Taja Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
Keywords: Metode, Role Playing, Hasil belajar

Abstract

Abstract. This research is based on students who experience learning outcomes that are below the KKM and teacher-centered learning methods that make students less active and innovative. This research was carried out at PGII 2 Junior High School in Bandung City with the aim of finding out whether there was an increase in class VII learning outcomes. on the material of being sincere, patient and forgiving using role playing learning methods. The problem formulation shows that this research uses a quantitative approach. This research aims to find out how effective the use of role playing learning methods is on student learning outcomes in the material of sincerity, patience and forgiveness. The method applied in this research is a quantitative approach with a Quasi Experimental research method. The average score of the experimental class at meeting 1 was 57 and meeting 2 was 65. Meanwhile the average score for the control class at meeting 1 was 57 and meeting 2 was 62. Furthermore, the condition of learning outcomes after using the role playing learning method in the material is sincere, patient and forgiveness went well, this can be seen from the comparison of the average pre-test and post-test scores for the experimental class and the control class. In the experimental class the average score of the pre-test results was 57 and the average post-test score was 94, the learning outcomes of experimental class students experienced an increase in score of 3.7. In the control class the average score of the pretest results was 57 and the average score of the posttest results was 84. Student learning outcomes in the control class experienced an average increase of 2.7.

Abstrak. Penelitian ini latarbelakangi oleh peserta didik yang mengalami hasil belajar yang dibawah KKM dan metode pembelajaran yang berpusat pada guru sehingga membuat peserta didik kurang aktif dan inovatif, penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama PGII 2 Kota Bandung yang bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar kelas VII pada materi ikhlas, sabar dan pemaaaf menggunakan metode pembelajaran role playing. Rumusan masalah menunjukkan bahwa penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan metode pembelajaran role playing terhadap hasil belajar siswa pada materi ikhlas, sabar dan pemaaf. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Eksperiment. Hasil penelitian menunjukkan kondisi awal bahwa hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode pembelajaran role playing pada kelas kontrol VIIA dan kelas eksperimen VIIB cenderung belum mencapai KKM. Nilai rata-rata kelas eksperimen pada pertemuan 1 adalah 57 dan pertemuan 2 adalah 65. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol pada pertemuan 1 adalah 57 dan pertemuan 2 adalah 62. Selanjutnya kondisi hasil belajar setelah menggunakan metode pembelajaran role playing dalam materi ikhlas, sabar dan pemaaf berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari perbandingan nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen nilai rata-rata hasil pre-test adalah 57 dan nilai rata-rata posttest adalah 94, hasil belajar siswa kelas eksperimen mengalami peningkatan nilai sebesar 3.7. Pada kelas kontrol nilai rata-rata hasil pretest adalah 57 dan nilai rata-rata hasil posttest adalah 84. Hasil belajar siswa pada kelas kontrol mengalami peningkatan rata-rata 2.7.

References

Abdul Majid, M. Pd. (2013). Strategi Pembelajaran. bandung.

Awaliyani, S. A. (2022). IMPLEMENTASI METODE ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PENYELENGGARAAN JENAZAH KELAS XI DI SMAN 1 ROGOJAMPI BANYUWANGI SKRIPSI KELAS XI DI SMAN 1 ROGOJAMPI BANYUWANGI. Jurnal Gigilib.Uinkhas.Ac.Id.

Hariani, N. M. M. (2019). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkembangbiakan Makhluk Hidup. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 63–74. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v10i2.270

Muhaemin, S. (2013). Pengaruh Metode Role Playing Terhdap Pemahaman Materi Penyelenggaraan Jenazah dalam Fiqih kelas X MAN 1 Parepare. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 12–26.

Muhamad Azin, & Eko Subiantoro. (2023). Penerapan Metode Role Playing Mata Pelajaran PAI dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 113–120. https://doi.org/10.29313/jrpai.v3i2.2978

Rohmawati, A. (1972). Jurnal Pendidikan Usia Dini (Efektivitas Pembelajaran). Simulation & Games, 3(2), 203–218. https://doi.org/10.1177/003755007200300206

Sitti Fatima, (2019). (2019). Efektivitas Penerapan Metode Pembelajaran Bermain Peran Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Kota Palopo.

Published
2024-02-08