Penerapan Metode Indonesia Learning Qur’an (ILQ) dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an

  • Putri Aliyya Maulani Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Dedih Surana Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Fitroh Hayati Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
Keywords: Metode Indonesia Learning Qur’an, Pembelajaran membaca Al-Qur’an, Kemampuan membaca Al-Qur’an

Abstract

Abstract. The purpose of this study is to determinate the planning implementation, evaluation, and factors that influence the Indonesia Learning Qur’an (ILQ) method in order to improve the ability to memorize the Qur’an of class VIII students at SMPN 3 Baleendah Bandung Regency. The qualitative research used case study as the methodology, while observation, questionnaire, and documentation study were used as data collection techniques. Data analysis was conducted through the process of data reduction, data collection, and data verification. Class VIII students have a low interest in learning to read the Qur'an, as well as a diverse background of the problems of this study. The application of the ILQ method in class VIII follows the structure and level of teaching contained in the textbook. The teaching methodology of the ILQ method begins with the study of Islamic law, followed by the interpretation of Islamic law and instruction on basic level 1 texts. To determine students' reading skills, evaluation is carried out classically by the ILQ method teaching teacher at the end of each meeting. The existence of laptops, classroom facilities, projectors, teaching modules, and other school infrastructure are supporting elements in the implementation of learning the Indonesia Learning Qur'an (ILQ) method. Meanwhile, the low interest and motivation of students is a factor that hinders the learning process, which causes them to have various reasons to be absent or leave the learning class to read the Qur'an.

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan faktor-faktor yang mempengaruhi metode Indonesia Learning Qur'an (ILQ) dalam rangka meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur'an siswa kelas VIII di SMPN 3 Baleendah, Kabupaten Bandung. Penelitian kualitatif menggunakan studi kasus sebagai metodologi, sedangkan observasi, kuesioner, dan studi dokumentasi digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi data, pengumpulan data, dan verifikasi data. Siswa kelas VIII memiliki minat belajar membaca Al-Qur'an yang rendah, serta latar belakang beragam masalah dari penelitian ini. Penerapan metode ILQ di kelas VIII mengikuti struktur dan tingkat pengajaran yang terdapat dalam buku pelajaran. Metodologi pengajaran metode ILQ dimulai dengan studi tentang hukum Islam, diikuti dengan penafsiran hukum Islam dan instruksi pada teks tingkat dasar 1 (basic level 1). Untuk mengetahui kemampuan membaca siswa, evaluasi dilakukan secara klasikal oleh guru pengajar metode ILQ diakhir pembelajaran setiap pertemuannya. Keberadaan laptop, fasilitas ruang kelas, proyektor, modul pengajaran, serta infrastruktur sekolah lainnya merupakan elemen penunjang dalam implementasi pembelajaran metode Indonesia Learning Qur’an (ILQ). Sementara itu, rendahnya minat dan motivasi siswa menjadi faktor yang menghambat proses pembelajaran, yang menyebabkan mereka memiliki berbagai alasan untuk absen atau meninggalkan kelas pembelajaran membaca Al-Qur’an.

References

Ahmad Syariuddin, Ushul Fiqh. Jakarta: Kencana, 2011.

Ifrianti, “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Prestasi belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqh Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Mukti Karya Kecamatan Panja Jaya Kabupaten Mesuji,” J. terampil, vol. 2 nos. 1, 2, 2015.

F. Gita Ariani, “Implementasi Metode Tartil Dalam Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di Madrasah Ibtidaiyah Mathla’ul Anwar Sinar Gading,” vol. 15, no. 2, pp. 1–23, 2022,

F. Khauli, “Memperbaiki Bacaan Al-Qur’an Sistem Lima Jam,” Solo: As-Salam, 2012, p. 10.

F. O. M. Yusuf Harun, “M. Yusuf H,” in Tafsir Ibnu Katsiir Jilid 8, Bogor: Pustaka Imam Asy-Syafi’i, 2005, p. 320.

L. Apriani, “Menurunnya MinaT Membaca Al-Qur’an dan Solusinya Bagi Anak Usia Sekolah di Desa Sidaresmi Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon (Studi Kasus Anak Usia 13-18 Tahun di Blok Manis),” 2015.

Baiq Tuhfatul Unsi, “Konsep Metode Pembelajaran Ibn Khaldun Dalam Pengajaran Bahasa Arab,” Ilmu Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 1–14, 2014.

Irwan Budiana, Strategi Pembelajaran. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi, 2022.

H. Fadilla, A. H. Ramadhan, A. Purnama, N. Bayani, S. Agil, and I. Nasution, “Pengaruh Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran terhadap Kualitas Peserta didik,” SUBLIM J. Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 84–91, 2023, [Online]. Available: https://ummaspul.e-journal.id/Sublim/article/download/5720/2631

Rusman, “Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan

Profesionalisme Guru,” Bandung: Alfabeta, 2012.

Published
2024-02-07