Implementasi Metode Ummi dalam Meningkatkan Kemampuan Bacaan Al-Qur’an pada Siswa Kelas 1 SD Ibnu Sina Padasuka Cicaheum Kab. Bandung
Abstract
Abstract. Indonesia is the largest Islamic country with 99% Muslims, but there are still around 80% who are illiterate in the Koran, which causes difficulties in reading it. One of these problems occurred at Ibnu Sina Elementary School, Padasuka Cicaheum, Bandung Regency. The aim of this research is to find out how to plan, implement and the advantages and disadvantages of the ummi method in improving the ability to read the Al-Qur’an in grade 1 students at SD Ibnu Sina Padasuka Cicaheum, Bandung City. This research method uses a qualitative descriptive method which is used to describe the conditions in the field as they are. For techniques, namely using observation, interviews and documentation. The results of this research and discussion include planning which consists of preparing before learning begins, such as creating an annual program, the stages of the Ummi method. Furthermore, the implementation of the Ummi method includes preliminary activities, core activities, and finally closing activities. And finally, there are advantages and disadvantages to the ummi method implemented at Ibnu Sina Elementary School. The advantages are that it can improve the ability to read the Al-Qur’an, creating active learning where students can learn to read by spelling the letters of the Al-Qur’an. Meanwhile, the drawback is that there are no icebreakers, so teachers there have to find ways so that students don’t get bored when learning the Ummi method
Abstrak. Indonesia merupakan negara islam terbesar yang beragama muslimnya 99% akan tetapi masih ada sekitar 80% yang buta huruf Al-Qur’an sehingga menyebabkan kesulitan dalam membacanya. Salah satunya masalah tersebut terjadi di SD Ibnu Sina padasuka cicaheum kab.bandung. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan serta kelebihan dan kekurangan metode ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas 1 SD Ibnu Sina Padasuka Cicaheum Kota Bandung. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan deskriptif yang digunakan untuk menggambarkan keadaan kondisi dilapangan apa adanya. Untuk teknik yaitu menggunakan observasi, wawancara dan dokumenasi.Hasil penelitian dan pembahasan ini meliputi perencanaan yang isinya mempersiapkan sebelum pembelajaran dimulai seperti membuat program tahunan, tahapan-tahapan metode ummi. Selanjutnya pelaksanaan metode ummi ini meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan terakhir kegiatan penutup. Dan terakhir adanya kelebihan serta kekurangan dalam metode ummi yang dilaksanakan di SD Ibnu Sina. Adapun kelebihannya dapat meningkatkan kemampuan dalam membaca Al-Qur’an, menciptakan pembelajaran yang aktif dimana siswa-siswa dapat belajar membaca dengan mengeja huruF Al-Qur’an. Sementara kekurangannya yaitu tidak adanya ice breaking sehingga guru disana harus mencari cara supaya siswa tidak bosan saat belajar metode ummi.
References
Alfi Jauhar, Eko Surbiantoro, & Nadri Taja. (2023). Implementasi PHBS di Pesantren Persatuan Islam 50 Lembang. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 121–128. https://doi.org/10.29313/jrpai.v3i2.2981
A. Rifa’i, “IMPLEMENTASI METODE UMMI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA AL-QURAN di SDIT IHSANUL AMAL ALABIO,” Al-Madrasah J. Pendidik. Madrasah Ibtidaiyah, vol. 2, no. 2, pp. 85–104, 2018, doi: 10.35931/am.v0i0.27.
R. I. Taqwim, M. E. Winarno, and R. Roesdiyanto, “Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan,” J. Pendidik. Teor. Penelitian, dan Pengemb., vol. 5, no. 3, p. 395, 2020, doi: 10.17977/jptpp.v5i3.13303.
wahid abdul, “Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkanprestasi Belajar,” Istiqra, vol. 5, no. meningkatkan presgtasi, 2018.
N. Haryati, “Implementasi Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an (Studi Kasus di SD Islam Cikal Harapan-1 BSD Tangerang Selatan),” Tesis, pp. 1–199, 2019, [Online]. Available: http://journal.uinsi.ac.id/index.php/Tarbiyawat/article/view/3157%0Ahttp://journal.uinsi.ac.id/index.php/Tarbiyawat/article/download/3157/1323
S. Munawaroh, “No Title,” . J. Syamil, vol. 4, no. ). Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode Ummi Di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Daarussalam Sangatta Kutai, pp. 1-26..
M. I. Jauhari, “Peran Media Pembelajaran dalam Pendidikan Islam,” journal PIWULANG, 2018.
A, “BAB IV Paparan Data dan Pembahasan,” Etheses.Iainmadura.Ac.Id, no. Mi, pp. 101–140, 2017, [Online]. Available: https://doi.org/10.31219/osf.io/ns2rw
W. Mardiyah, Nurmisda, “Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora Implementasi Metode Halaqah Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al- Qur ’ an Di Pondok Pesantren Kampung Qur ’ an Pulau Banyak,” vol. 1, no. 4, pp. 82–88, 2022.
Arsyad, A., & Salahudin, S. (2018). Hubungan Kemampuan Membaca Al Qur'an dan Minat Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (Pai). Edukasi, 16(2), 294352.
Asy-Syahida, S. N., & Rasyid, A. M. (2020). Studi Komparasi Metode Talaqqi dan Metode Tilawati dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(2), 186-191.
Salim, H. (2019). Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis. Kencana.
Sanjaya, H. W. (2015). Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis. Kencana. Raihanah, R. (2022). Implementasi Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al-Quran Di Mi Integral Al-Ukhuwwah Banjang. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan, 2(2), 165-174.
Afdal, A. (2016). Implementasi Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas III B Ibnu Khaldun SD Al-Firdaus Islamic School Samarinda Tahun Pembelajaran 2015/2016. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 1-9.
Hamid, N. (2021). Implementasi Metode Ummi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran (Studi Kasus di SD Islam Asih Auladi Depok Jawa Barat). Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 92-103.
Khotimah, I. K. (2023). IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMEBACA AL-QUR’AN DI SDIT INSAN HARAPAN KARAWANG. Al-Ulum Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke Islaman, 10(1), 10-20.
Fauzi, H. N., & Waharjani, W. (2019). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Berbasis Metode Ummi Bagi Siswa SDIT Salsabilla Sleman. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 7(2), 131-145.
Yasir, M., & Jamaruddin, A. (2016). Studi Al-Qur'an.
Darmalaksana, W. (2020). Metode penelitian kualitatif studi pustaka dan studi lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 5.Nata, H. A. (2016). Pendidikan dalam perspektif Al-Qur'an. Prenada Media.
Al-Qattan, M. K., & Mudzakir, A. S. (2016). Studi ilmu-ilmu Quran.
Latif, I. M. (2019). Efektifitas Metode Qira’ati dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Bagi Anak Usia Dini. Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya, 4(2), 308-327.