Nilai Pendidikan tentang Pola Asuh Orang Tua Berdasarkan Al-Qur’an Surat Ali Imran: 36-44

  • Azka Naufal Umara Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Khambali Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
Keywords: Pola asuh, orang tua, tafsir pendidikan

Abstract

Abstract. The Existence of this reseach so that the sons and daughters of these parents do not commit social deviations at the age of 17-30 years. Discusion of the reseach can teach better children, the sons and daughters of these parents do not fall into social deviations.  The Exisence uses qualitative reseach and reseach (library reseach) with literature study data collection tecniques. Activities are carried out by studying from various sources from interpretations, and books related to reseach problem. From this reseach, several conclusions are day: (a) from qur’anic tafsir tell about Maryam being raised with Zakariya. (b) The task of parents is the raise their children. The existence of a very deep parental love for their children. (c) Parents convey material about dzikir, morals, virtue pray in mosque, pillar of faith . The teaching and learning method is carried out by parents, namely using the lecture metode.

Abstrak. Adanya penelitian tersebut sehingga putra-putrinya orang tua tersebut tidak melakukan penyimpangan sosial di usia 17-30 tahun. pembahasan dari penelitian tersebut dapat mengajarkan anak yang lebih baik, putra-putri dari orang tua tersebut tak terjerumus ke penyimpangan sosial. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan penelitian (library reseach) dengan teknik pengumpulan data studi literatur. Kegiatan dilakukan dengan cara mengkaji dari berbagai sumber dari tafsir, dan buku yang berkaitan dengan masalah penelitian. Dari penelitian ini, diambil dari beberapa kesimpulan yakni: (a) dari Tafsir al-qur’an tersebut mengisahkan tentang Maryam diasuh oleh Zakariya. (b) Tugas orang tua yakni mengasuh putra-putrinya dengan baik. Adanya kasih sayang orang tua sangat mendalam terhadap anaknya. (c) Orang tua menyampaikan materi dzikir, akhlak, shalat secara khusyuk dan keutamaan ibadah dimasjid, dan Rukun Iman. Metode belajar mengajar dilakukan orang tua yaitu menggunakan metode ceramah.

References

Putri Fauziah Ahmad, Fitroh Hayati, & Mujahid Rayid. (2023). Implementasi Pembiasaan Shalat Dhuha Peserta Didik di SMP Mutiara 1 Bandung. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 137–142. https://doi.org/10.29313/jrpai.v3i2.3041

Al-ghifari, A. (2003). Remaja Korban Mode. Bandung: Mujahid Press.

Anisah, A. (2011). POLA ASUH ORANG TUA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, Vol. 5 No. 1, 2011, 70-84.

Ayyun, Q. (2017). POLA ASUH ORANG TUA DAN METODE PENGASUHAN DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN ANAK. IAIN Salatiga, Jawa Tengah, Indonesia, Vol 5, No.1, hal. 104-1022 .

Falaq, A. F. (t.thn.). Ambil Berkah dari Musibah. Depok: PT. Huta Parhapuran.

Rihamid Hamid, S. (1994). Buku Pintar Agama Islam Edisi Senior. Bogor: Penebar Salam.

Warasto, H. N. (2018). Pembentukan akhlak siswa. Jurnal Mandiri, Vol. 2, No. 1, 2018, Hal, 65-86.

Published
2024-02-08