Implementasi Metode Tilawati untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur`an Siswa di SDIT Al-Bayyinah Muarasanding Garut Kota
Abstract
Abstract. The Tilawati method is a method of learning the Al-Qur'an which is designed so that students are able to read the Al-Qur'an correctly and correctly. The existence of the Tilawati Method is an effort to improve the ability to learn the Al-Qur'an. This research is limited to several problems, namely (1) How is Al-Qur'an learning planned using the Tilawati Method at SDIT Al-Bayyinah Muarasanding Garut City?, (2) How is Al-Qur'an learning implemented using the Tilawati Method at SDIT? Al-Bayyinah Muarasanding Garut City?, (3) What is the process of evaluating Al-Qur'an learning using the Tilawati Method at SDIT Al-Bayyinah Muarasanding Garut City?, (4) What are the supporting factors and obstacles in the process of implementing the Tilawati Method at SDIT Al -Bayyinah Muarasanding Garut City?. This research uses a qualitative approach with a field study type. The data collection techniques used were observation, interviews and documentation. Data analysis techniques use Miles and Huberman's theory, namely: data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The conclusion of this research is that the planning and implementation of Al-Qur'an learning using the Tilawati Method is formulated and implemented by referring to the implementation standards in the Tilawati Method book. The learning evaluations carried out are daily evaluations and volume increase evaluations. The supporting factors include the presence of teaching aids, good teacher competence, support and collaboration with students' parents in improving Al-Qur'an learning. Meanwhile, the inhibiting factors are that students lack concentration if the study time is at the end of the lesson, students feel bored of repeating learning pages, and there are different levels of student understanding in one class so that students with low abilities are not optimal.
Abstrak. Metode Tilawati merupakan metode pembelajaran Al-Qur’an yang dirancang agar peserta didik mampu membaca Al-Qur’an dengan tartil dan benar. Adanya Metode Tilawati merupakan upaya dalam meningkatkan kemampuan belajar Al-Qur’an. Penelitian ini dibatasi pada beberapa masalah, yaitu (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan Metode Tilawati di SDIT Al-Bayyinah Muarasanding Garut Kota?, (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan Metode Tilawati di SDIT Al-Bayyinah Muarasanding Garut Kota?, (3) Bagaimana proses evaluasi pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan Metode Tilawati di SDIT Al-Bayyinah Muarasanding Garut Kota?, (4) Apakah faktor pendukung dan hambatan dalam proses implementasi Metode Tilawati di SDIT Al-Bayyinah Muarasanding Garut Kota?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Tilawati dirumuskan dan dilaksananakan dengan mengacu pada standart pelaksanaan dalam buku Metode Tilawati. Evaluasi pembelajaran yang dilakukan yaitu evaluasi harian dan evaluasi kenaikan jilid. Adapun faktor yang mendukung seperti adanya alat peraga, kompetensi guru yang baik, adanya dukungan dan kerjasama dengan orang tua siswa dalam peningkatan pembelajaran Al-Qur’an. Sedangkan faktor penghambatnya adalah siswa kurang konsentrasi jika jam belajarnya diakhir pelajaran, siswa merasa bosan untuk mengulang halaman pembelajaran, dan adanya tingkatan pemahaman siswa yang berbeda dalam satu kelasnya sehingga diperoleh siswa yang berkemampuan rendah tidak maksimal.
References
Alfi Jauhar, Eko Surbiantoro, & Nadri Taja. (2023). Implementasi PHBS di Pesantren Persatuan Islam 50 Lembang. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 121–128. https://doi.org/10.29313/jrpai.v3i2.2981
Muhamad Azin, & Eko Subiantoro. (2023). Penerapan Metode Role Playing Mata Pelajaran PAI dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 113–120. https://doi.org/10.29313/jrpai.v3i2.2978
Suparyanto dan Rosad (2015. PELAKSANAAN PEMBERANTASAN BUTA AKSARA AL-QUR’AN MELALUI KOMUNITAS NGADEM (NGAJI DAN MEMBAGI) PADA PEMUDA DI SUKOHARJO TAHUN 2021. Suparyanto dan Rosad. 2020;5(3):248–53.
Darussalam AB, Bakar AA, Sabry MS. Konsep Ilmu Dalam Persfektif Al-Qur’an. Risâlah, J Pendidik dan Stud Islam. 2021;7(1):112–24.
Kholijah. Tingkat Kemampuan Bacaan Al-Qur’an Driver Gojek Online Di Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. UniversitasIslam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau; 2022.
Kemenag. MTQ dan Gerakan Korpri Mengaji [Internet]. Kemenag. 2022 [cited 2023 Mar 11]. Available from: https://www.kemenag.go.id/read/mtq-dan-gerakan-korpri-mengaji-doyv5
Kompasiana. Banyaknya Pelajar Di Garut Yang Buta Huruf Al-Qur’an, Ketua IRMA Garut Minta Guru PAI Sekolah/Madrasah untuk Cepat Tanggap Mengatasi Masalah Ini [Internet]. Kompasiana.com. 2022 [cited 2023 Mar 15]. Available from: https://www.kompasiana.com/irmagarut18/613735050101907fce117b54/banyaknya-pelajar-di-garut-yang-buta-huruf-al-qur-an-ketua-irma-garut-minta-guru-pai-sekolah-madrasah-untuk-di-rangkul-supaya-bisa-baca-al-qur-an
Hujaemah E. IMPLEMENTASI METODE TILAWATI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI MADRASAH (Penelitian Deskriptif di Madrasah Ibtidaiyah Pembangunan). Skripsi. 2017;67.
Sudarjo A, Mariana AR, Nurhidayat W. Aplikasi Pembelajaran Ilmi Tajwid, Waqaf dan Makharijul Huruf Berbasis Android. J Sisfotek Glob. 2015;5(2):54–60.
Annisa Y, Surana D. Studi Deskriptif terhadap Pembelajaran Ilmu Tajwid Pola K.H. Saefudin Ahmad dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an. Bandung Conf Ser Islam Educ. 2022;2(1):132–40.
Nur HS. Pintar_Membaca_Al_Quran_Tanpa_Guru [Internet]. QultumMedia; 2009 [cited 2023 Mar 15]. Available from: https://books.google.co.id/books?id=AOMHBiM_lr0C&hl=id&lr=
Farikhin F, Masfufah L. Penerapan Metode Tartili Daiam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Di Tpq Nurul Hikmah. Ta’lim Diniyah J Pendidik Agama Islam. 2022;3(1):4.
Setiawan H. KONSEP METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM OLEH : 1Dosen Jurusan Pendidikan Agama Islam ( PAI ) 2Mahasiswi Jurusan Pendidikan Agama Islam ( PAI ) STAI An-Nadwah Kuala Tungkal. 2022;4(Oktober):12–22.
Muhamad Umar Hasibullah II. mplementasi Metode Yanbu’adalam Pembelajaran Al- Qur’an di Pondok Pesantren Takhassus Tahfidhul Qur’an Yasinat Kesilir Wuluhan Kabupaten Jember Tahun 2017. Al-Qodiri. 2017;12:129.
Luneto B. Perencanaan Pendidikan. Pertama. Sudirman, editor. Mataram: Sanabil; 2023. 165 p.