Pengaruh Metode Permainan Rangking 1 pada Materi Daulah Bani Umayyah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP PGII 1 Kota Bandung

  • Wardatul Hayati Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
Keywords: Metode, Permainan Rangking 1, Hasil Belajar

Abstract

Abstract. One of the factors that affect the low learning outcomes of students is the lack of mastery of the learning methods owned by the teacher, thus impacting students who are difficult to capture information or knowledge conveyed by the teacher. To overcome these problems, creative learning methods are needed so that these problems can be overcome. From these problems, the author is interested in using the 1st rank game method in grade VII students of PGII 1 Bandung Junior High School to improve learning outcomes. The approach in this research uses a quantitative approach, while the method used is the Experimental Method or Class Action. The variables contained in this study consist of independent variables, namely the 1st rank game method and bound variables, namely student learning outcomes of the Umayyad Daulah material. The subjects in this study are class VII D students of PGII 1 Bandung Junior High School, with a population of 30 students. The instruments used in this study were cognitive, affective, and psychomotor problems. The technique of analyzing student learning outcomes data uses several stages, namely validity tests, reliability tests, difficulty levels of different question points, and hypothesis tests, all using the help of the SPSS version 25 computer program. The result of this study is the influence of the rank 1 game method to improve student learning outcomes.

Abstrak. Salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa ialah kurangnya penguasaan pada metode pembelajaran yang dimiliki oleh guru, sehingga berdampak pada siswa yang susah dalam menangkap informasi ataupun pengetahuan yang disampaikan oleh guru. Untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkannya metode belajar yang kreatif sehingga masalah tersebut dapat diatasi. Dari permasalahan tersebut penulis tertarik untuk menggunakan metode permainan rangking 1 pada siswa kelas VII SMP PGII 1 Kota Bandung untuk meningkatkan hasil belajar. Pendekatan dalam penelitihan ini menggunakan pendekatan kuantitatif, sedangkan metode yang dipakai ialah Metode Experimen atau Tindakan Kelas. Variabel yang terdapat dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu metode permainan rangking 1 dan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa materi Daulah Bani Umayyah. Adapun subjek dalam penelitian ini ialah kelas VII D SMP PGII 1 Kota Bandung, dengan populasi berjumlah 30 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal kognitif, afektif, dan psikomotorik. Teknik analisis data hasil belajar siswa menggunakan beberapa tahap yaitu uji validitas, uji reliabilitas, taraf kesukaran daya beda soal, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis, semuanya menggunakan bantuan dari program komputer SPSS versi 25. Hasil penelitian ini adalah adanya pengaruh metode permainan rangking 1 untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Eka Wulandari Astriyanti, Mujahid Rayid, & Arif Hakim. (2023). Efektivitas Media Pop Up Book dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Pelajaran PAI. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 143–148. https://doi.org/10.29313/jrpai.v3i2.3058

Agus, M. (2023). Pengaruh Permainan dalam Pembelajaran IPAS Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 4 SDN Cibungur. Jurnal Sinektik.

Aminuddin, & Kamaliah. (2022). Perencanaan Pendidikan Agama Islam Kontemporer. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu-Ilmu, 60-61.

Azhar, A. (2011). Media pembelajaran. academia.edu.

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education and Development.

Destyan, D. (2020). Pengaruh Game Edukasi Quizizz Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Matemaika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ.

Dewi, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perkalian Siswa Kelas Iii Sd Muhammadiyah 8 Surabaya. Jurnal Pendidikan Dasar.

Magdalena, I. (2023). Mengelolah Data Uji Validitas Dan Reliabilitas Dalam Penelitian Pendidikan. JPDSK.

Nabillah, T. (2020). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Prosiding Sesiomadika.

Nia, N. (2022). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 398, 403.

Resty, A. (2020). Pengaruh Model Team Game (TGT) Terhadap Peningkatan Responsibility siswa dalam Pembelajaran Penjas Kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Tasikmalaya. Jendela Olahraga.

Sholichah, A. S. (2018). Teori-teori pendidikan dalam Al-qur'an. Jurnal Pendidikan Islam.

Published
2024-02-07