Implementasi Pembelajaran Tahsin Fatḥurrahman dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di SDA Imam Ibnu Aljazariy Bandung
Abstract
Abstract. Studying the Al-Qur’an is an obligation ordered by Allah Ta'ala to Muslims. It is hoped that the implementation of learning at SDA Imam Ibnu Aljazariy will help students more easily improve their ability to read and memorize the Al-Qur’an. The research objectives to be achieved in this thesis are (1) to describe the motivation of tahsin teachers towards the implementation of tahsin fatḥurrahman learning in improving Al-Qur'an reading at SDA Imam Ibnu Aljazariy Bandung, (2) to determine the stages of learning implementation tahsin fatḥurrahman in improving Al-Qur'an reading at SDA Imam Ibnu Aljazariy Bandung, (3) to analyze the supporting and inhibiting factors for implementing tahsin fatḥurrahman learning in improving the ability to read the Al-Qur'an at SDA Imam Ibnu Aljazariy Bandung. This research includes qualitative research. Data collection techniques are interviews, observation and documentation. Meanwhile, the data analysis used includes data reduction, data display and conclusion. Based on the analysis of research data, it can be concluded that the implementation of Al-Qur'an tahsin learning for SDA Imam Ibnu Aljazariy students is to improve students' ability to read the Al-Qur'an. The implementation of tahsin fatḥurrahman learning in improving the ability to read the Al-Qur’an at SDA Imam Ibnu Aljazariy includes the preparation stage, namely holding special learning for students and holding class divisions or halaqah for students; implementation stage, evaluation stage, at the end of every semester, both odd and even semesters, a tahsin talaqqi al-Qur'an exam is held.
Abstrak. Mempelajari al-Qur’an adalah kewajiban yang diperintahkan oleh Allah Ta’ala kepada umat Islam. Implementasi pembelajaran di SDA Imam Ibnu Aljazariy ini diharapkan dapat membantu para siswa/i agar lebih mudah dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal al-Qur’an. Adapun tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam skripsi ini adalah (1) untuk mendeskripsikan motivasi guru tahsin terhadap implementasi pembelajaran tahsin fatḥurrahman dalam meningkatkan membaca Al-Qur’an di SDA Imam Ibnu Aljazariy Bandung, (2) untuk mengetahui tahapan-tahapan implementasi pembelajaran tahsin fatḥurrahman dalam meningkatkan membaca Al-Qur’an di SDA Imam Ibnu Aljazariy Bandung, (3) untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran tahsin fatḥurrahman dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di SDA Imam Ibnu Aljazariy Bandung. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclution). Berdasarkan analisis data penelitian, dapat disimpulkan bahwa impelementasi pembelajaran tahsin al-Qur’an bagi siswa/i SDA Imam Ibnu Aljazariy adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa/i. Implementasi pembelajaran tahsin fatḥurrahman dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di SDA Imam Ibnu Aljazariy meliputi tahap persiapan, yaitu diadakannya pembelajaran khusus untuk siswa/i dan diadakan pembagian kelas atau halaqah untuk para siswa/i; tahap pelaksanaan, tahap evaluasi, setiap akhir semester baik semester ganjil maupun semester genap diadakan ujian tahsin talaqqi al-Qur’an.
References
Irman Sumantri. Implementasi Pemberantasan Buta Huruf Arab (Al-Qur’an) dengan Metode Tarsana Pelajar Sekolah Dasar Di Kecamatan Cigudeg. Perad J Stud Islam Kaw Melayu. 2020;3:178.
Sri Mentayawati. Pengaruh Penggunaan Metode Hafalan Talaqqi Dan Wahdah Terhadap Kemampuan Menghafal Surah Pendek Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Slbn-2 Kapuas Dan Slbn-1 Pulang Pisau. Institutional Digit Repos. 2020;6–7.
Amalia I. Pelatihan Tahsin Tilawah Al-Qur’an Dengan Metode Talaqqi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Anak Di Rumah Tahfidz Al-Amin Kota Cilegon. 2021.
Abidin AR. Upaya Mengatasi Buta Aksara Al-Qur’an Di Kec. Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone. Al-Iltizam J Pendidik Agama Islam. 2022;7:191.
Umar S. Pengaruh Penerapan Metode Talaqqi Terhdap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Kelas II SD Inpres Hombes Armed Desa Jenemadingding Kab. Gowa. Pendidik Islam. 2022;792–3.
Lubis S. Pengaruh Metode Talaqqi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa Kelas VIII di SMP Islam Integral Luqman Al-Hakim 02 Batam. Tadribuna J Islam Manag Educ. 2022;3:33.
Zheilan AR. Pengaruh Metode Talaqqi terhadap Peningkatan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Peserta Didik Kelas Al-Qur’an TPQ Darussalam. al-Afkar, J Islam Stud. 2022;5:284.
Saltanera. Ensiklopedi Hadits. 2023.
Haryani LD. Efektivitas Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Hafalan Alqur’an Peserta Didik Di Sdit Ulul Al-Bab Weleri. Ta’dibuna. 2019;2:47–8.
Sustiati A. Efektivitas Metode Talaqqi Dalam Pembelajaran Tahfizh Tahsin Quran (T2Q) Dan PAI Muatan Al-Qur’an Di SDIT Darul Fikri Bengkulu Utara. GUAU J Profesi Guru Pendidik Agama Islam. 2022;2:114.
Depag. Al-Qur’an dan Terjemah. 2020.
Ashim. Tafsir Muyassar (Terjemah) Jilid I-II. 2018. 1–1926 p.
Muryani Putri. Peran Tahsin dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Prof. Dr. Hamka Maninjau. Ahlussunnah J Islam Educ. 2022;1:79.
Batubara F. Pengaruh Metode Tahsin Tilawah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Siswa Kelas Viii Madrasah Tsanawiyah Swadaya Kecamatan Batang Serangan Kabupaten Langka. J Pendidik Agama Islam dan Ris. 2020;1:58.
Muhammad Siddik Arfandi. Implementasi Kurikulum Tahsin Al-Qur’an untuk Remaja di Ma’had Tahfidz Banii Adama. LAS Journey-Liaison Acad Soc. 2022;1:728.
Husin. Implementasi Metode Tahsin Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di Mi Darul Falah. Al-Muhith. 2022;17.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. 2022. 222–231 p.
Assyabani R. Pembelajaran Tajwid Dan Tahsin Al-Qur’an Dengan Metode Qira’ati Di Rumah Belajar Mahasiswa Kkn Desa Hambuku Hulu. Al-Khidma J Pengabdi Masy. 2022;1:2.