Model Kegiatan Ekstrakurikuler Kerohanian Islam Keputrian di SMA Negeri 5 Cimahi

  • Aliyah Putri Fahira Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Nan Rahminawati Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Dewi Mulyani Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
Keywords: Model Kegiatan, Ekstrakurikuler, Keputrian

Abstract

Abstract. This research aims to analyze the model of female activities in the extracurricular activities of Islamic Spirituality at Senior High School 5 Cimahi. The approach, strategies, methods, and impacts of these activities are the main focus of the research. The research method used is descriptive qualitative with data collection techniques through observation, interviews, and documentation. The activity management method uses a qualitative method with a descriptive approach to gain a deep understanding of the implementation of the activity. The model of female activities held by Islamic Spirituality at Senior High School 5 Cimahi is based on a profound understanding of Islamic teachings regarding women. Through this extracurricular activity, female students are provided a platform to acquire knowledge, skills, and a deeper understanding of Islamic and feminine values. The impact of this female activity includes an improved understanding of Islamic teachings, the formation of better character and morals among the students, as well as the development of practical skills applicable in daily life. This research contributes to understanding the implementation of female activities in the school environment as an effort to shape female students into more skilled and empowered individuals, in accordance with Islamic principles.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model kegiatan keputrian dalam ekstrakurikuler Kerohanian Islam di SMA Negeri 5 Cimahi. Pendekatan, strategi, metode, dan dampak dari kegiatan tersebut menjadi fokus utama penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode pengelolaan kegiatan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang pelaksanaan kegiatan. Model kegiatan keputrian yang diadakan oleh Kerohanian Islam di SMA Negeri 5 Cimahi didasarkan pada pemahaman mendalam akan ajaran Islam tentang wanita. Melalui kegiatan ekstrakurikuler ini, siswi diberikan wadah untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman lebih lanjut tentang nilai-nilai keislaman dan kewanitaan. Dampak dari kegiatan keputrian ini mencakup peningkatan pemahaman siswi tentang ajaran Islam, pembentukan karakter dan moral yang lebih baik, serta pengembangan keterampilan praktis yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami implementasi kegiatan keputrian di lingkungan sekolah sebagai upaya untuk membentuk siswi menjadi individu yang lebih terampil dan berdaya, sesuai dengan prinsip-prinsip Islam.

References

Putri Fauziah Ahmad, Fitroh Hayati, & Mujahid Rayid. (2023). Implementasi Pembiasaan Shalat Dhuha Peserta Didik di SMP Mutiara 1 Bandung. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 137–142. https://doi.org/10.29313/jrpai.v3i2.3041

Abdan, R. (2020). Strategi dan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan dan Islam Kontemporer2020; Volume 1, Nomor 2: 20-27 Published online 03 Agustus 2020 ISSN: -

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya pendidikan bagi manusia. Jurnal buana pengabdian, 1(1), 66-72.

Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). ANALISIS Model-model pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1-27.

Khoiriyah, M. F., Rahminawati, N., & Surbiantoro, E. (2022, August). Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik di SDIT Generasi Cendekia Kec. Wanasalam Kab. Lebak-Banten. In Bandung Conference Series: Islamic Education (Vol. 2, No. 2, pp. 577-585).

Mirdad, J. (2020). Model-model pembelajaran (empat rumpun model pembelajaran). Jurnal sakinah, 2(1), 14-23.

Octavia, A. (2021). Implementasi Pengembangan Kepribadian Islami Melalui Kegiatan Keputrian (Studi Kasus SMA Negeri 70 Jakarta).

Poernomo, A. H. H., & Rahminawati, N. (2022). Studi Deskriptif Model Pembelajaran PAI Berbasis Lingkungan dalam Mewujudkan Visi Misi Sekolah. Jurnal Riset Pendidikan Agama islam, 19-26.

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., & Karlina, Y. Yumriani.(2022). Pengertian Pendidikan. Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1-8.

Rahminawati, N. (2017). Model Pengembangan Kegiatan Keagamaan pada Ikatan Remaja Masjid (IRMA) Luqman SMA Negeri 10 Bandung. Ta dib Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 321-328.

Zulianingsih, A. (2019). Strategi dan Pendekatan Guru Pendidikan Agama Islamdalam Pembinaan Keberagamaan Remaja. TA'DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 71-88.

Published
2024-02-07