Implementasi Program Bina Iman dan Takwa (Mabit) dalam Peningkatan Hafalan Al-Qur’an Siswa SMP Al Falah Dago Bandung
Abstract
Abstract. As a unit under the Islamic Foundation, Al Falah Dago Middle School has the responsibility to produce an Islamic and Quranic generation. To prove its seriousness, this school has designed various programs, including a superior program for memorizing the Al-Qur'an or Tahfidz Qur'an. One concrete effort to improve memorization of the Al-Qur'an is through the MABIT program. The MABIT program is a night of faith and piety development specifically designed to guide students in memorizing the Al-Qur'an at Al Falah Dago Middle School, Bandung. This program is not only a forum for memorization activities, but also a means of monitoring and evaluating students' progress in memorizing the Qur'an. Implemented regularly, the MABIT program takes place four times a year, in line with mid-semester (PTS) and final semester (PAS) assessments. This research, using a qualitative approach and descriptive methods, evaluates the implementation of the MABIT Program. The research results show that this program ran smoothly thanks to the collaboration of the Principal, committee, teachers, and large contributions from students. From the planning, implementation, to evaluation stages, based on existing field data, MABIT succeeded in increasing the memorization of the Al-Qur'an for Al Falah Middle School students in Dago Bandung.
Abstrak. Sebagai unit yang berada di bawah lembaga Yayasan Islam, SMP Al Falah Dago memiliki tanggung jawab mencetak generasi Islami dan Qurani. Untuk membuktikan keseriusannya, sekolah ini telah merancang berbagai program, termasuk program unggulan menghafal Al-Qur'an atau Tahfidz Qur'an. Salah satu upaya konkret untuk meningkatkan hafalan Al-Qur'an adalah melalui program MABIT. Program MABIT merupakan malam Bina iman dan taqwa yang dirancang khusus untuk membimbing siswa-siswi dalam menghafal Al-Qur'an di SMP Al Falah Dago Bandung. Program ini tidak hanya menjadi wadah untuk kegiatan menghafal, tetapi juga sebagai sarana pemantauan dan evaluasi terhadap kemajuan hafalan Al-Qur'an siswa. Dilaksanakan secara rutin, program MABIT berlangsung empat kali setahun, sejalan dengan penilaian tengah semester (PTS) dan akhir semester (PAS). Penelitian ini, menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif, mengevaluasi implementasi Program MABIT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ini berjalan lancar berkat kolaborasi dari Kepala Sekolah, panitia, guru, dan kontribusi besar dari siswa. Dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi, berdasarkan data lapangan yang ada MABIT berhasil meningkatkan hafalan Al-Qur'an siswa SMP Al Falah Dago Bandung
References
Alfi Jauhar, Eko Surbiantoro, & Nadri Taja. (2023). Implementasi PHBS di Pesantren Persatuan Islam 50 Lembang. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 121–128. https://doi.org/10.29313/jrpai.v3i2.2981
Muhamad Azin, & Eko Subiantoro. (2023). Penerapan Metode Role Playing Mata Pelajaran PAI dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 113–120. https://doi.org/10.29313/jrpai.v3i2.2978
Nadaa, F. Q. (2021). Metode Mudarasah sebagai Upaya Peningkatan Menjaga Hafalan Al-Quran. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 48-55.
Amalia, "Implementasi Program Tahfidz Camp Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Santri Di Pondok Pesantren Daarul Qur’an Putri Cikarang." Bandung Conference Series: Islamic Education. Vol. 2. No. 2. 2022.
Anwar, S. (2022). Implementasi Kegiatan (MABIT) Malam Binaan Iman dan Taqwa Sebagai Pembinaan Akhlak di Mts Ma'arif Balong Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN PONOROGO).
Erisandi, A. F., Sanusi, I., & Setiawan, A. I. (2019). Implementasi Perencanaan Program Ikatan Remaja Masjid dalam Meningkatkan Kemakmuran Masjid. dalam Jurnal Tadbir: Manajemen Dakwah.
Amin, M., & Ramli, M. (2019). Implementasi Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Al Qur’an Pada Anak-Anak Di Tpa Al Falah Unit 081 Kota Banjarbaru. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, 19(2), 161-178.
Wulan, A. R. (2020). MENGGUNAKAN ASESMEN KINERJA: UNTUK PEMBELAJARAN SAINS DAN PENELITIAN (Vol. 3). UPI Press
Qomariyah, N. (2021). Implementasi Program Tahfidz al-Qur‟ an di Rumah Tahfidz al-Qur‟ an Ebqory Jember (Doctoral dissertation, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam).