Analisis Wacana Kritis tentang Film Ranah 3 Warna dan Implikasinya terhadap Pendidikan Agama Islam

  • Nisa Silmi Nafisah Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
Keywords: Nilai Aqidah, Nilai Ibadah, Nilai Akhlak

Abstract

Abstract. The value of Islamic education is important for every individual Muslim to know good and bad deeds based on the word of Allah and hadith. The values given in the form of faith, piety and good ethics and Islam are generally understood as features, religious background education. Currently, the value of Islamic education in the form of aqidah values, worship values and moral values has decreased significantly. Instilling the value of qidah, worship values, and moral values can be done not only in schools, but can also be applied in the family environment and community environment. One of the films that can be used as an alternative learning medium in moral education is the 3-Color Realm film. This film can provide motivation to the audience, because in it there are values of qidah, worship, and morals that can be useful in life. This research is a descriptive research with a qualitative approach. Data collection techniques are carried out by observation and documentation then the data is analyzed using the Critical discourse analysis method. This study aims to determine the value of aqidah, worship, and morals in the 3-Color Realm film. The results showed that there are values of aqidah, worship and morals in the 3 Color Realm films including obedience, prayer, prayer, sincerity, patience, optimism, firmness, gratitude, and hard work.

Abstrak. Nilai pendidikan Islam penting bagi setiap individu Muslim untuk mengetahui perbuatan baik dan buruk berdasarkan firman Allah dan hadits. Nilai-nilai yang diberikan berupa keimanan, ketakwaan dan etika baik dan Islam umumnya dipahami sebagai fitur, Pendidikan latar belakang agama. Saat ini, nilai pendidikan Islam berupa nilai aqidah, Nilai ibadah dan nilai akhlak menurun secara signifikan. Penanaman nilai aqidah, nilai ibadah, dan nilai-nilai akhlak bisa dilakukan tidak hanya di sekolah, tapi juga bisa dilakukan diterapkan dalam lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat. Salah satu film yang bisa digunakan sebagai alternatif media pembelajaran dalam pendidikan akhlak yaitu film Ranah 3 Warna. Film ini dapat memberikan motivasi kepada penonton, karena di dalamnya ada nilai-nilai aqidah, ibadah, dan akhlak yang bisa bermanfaat dalam hidup. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan Kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi kemudian data dianalisis menggunakan metode analisis wacana Kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai aqidah, ibadah, dan akhlak dalam film Ranah 3 Warna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada nilai aqidah, ibadah dan akhlak dalam film Ranah 3 Warna meliputi ketaatan, doa, Berdoa, tulus, sabar, optimis, teguh, bersyukur, dan pekerja keras.

References

Aprilia, S., & Aini, R. (2023). Analisis Nilai-Nilai Religius pada Film “Surga yang Tak Dirindukan 2.” Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 87–96. https://doi.org/10.29313/jrpai.v3i2.2420

Laeliyah, R. D. (2023). Analisis Nilai PAI dalam Novel Islamic Rose Book “Sahabat yang Datang dan Pergi.” Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 77–86. https://doi.org/10.29313/jrpai.v3i2.2347

A. I. H. Cholilalah, Rois Arifin, 済無No Title No Title No Title. 1967.

L. Apriliany and Hermiati, “Peran Media Film Dalam Pembelajaran Sebagai Pembentuk Pendidikan Karakter,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. Progr. Pascasarj. Univ. PGRI Palembang, p. 192, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/5605/4861

U. Hayati, “Nilai-Nilai Dakwah ;,” vol. 2, no. 2, pp. 175–192, 2017.

Sukamti, “Referen Jurnal,” pp. 1–5, 2014.

U. N. Jambi et al., “ANALISIS KARAKTER KERJA KERAS TERHADAP MATA,” no. 1, pp. 11–19, 2021.

SHEILA MARIA BELGIS PUTRI AFFIZA, (2022).

B. A. B. Ii and A. Sabar,

Published
2024-02-07