Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Taisirul Khallaq Fi `Ilmi Al-Akhlaq Karya Hafidz Hasan Al-Mas`udi dan Relevansinya dengan Materi Akidah Akhlak

  • Siska Indriyani Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Ayi Sobarna Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Khambali Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
Keywords: Nilai, Pendidikan Akhlak, Taisirul Khallaq Fi `Ilmi Al-Akhlaq dan Akidah Akhlak

Abstract

Abstract. This study aims to describe the values of moral education in the book Taisirul Khallaq Fi Ilmi Al-Akhlak by Hafidz Hasan Al-Masudi and analyze its relevance to Akidah Akhlak Class IX Madrasah Tsanawiyah. The approach used is qualitative with descriptive analysis method and library research. The results showed that the book contains 31 chapters which are summarized into five discussions regarding morals to Allah, fellow humans, self, morals that must be done, and morals that must be avoided. The relevance between the book of Taisirul Khallaq Fi `Ilmi Al-Akhlaq and Akidah Akhlak material in Madrasah Tsanawiyah Class IX includes morals to Allah, fellow humans, self, and morals that must be avoided. This research supports the urgency of fostering moral values in education to form good character from an early age.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Taisirul Khallaq Fi `Ilmi Al-Akhlak karya Hafidz Hasan Al-Masudi dan menganalisis relevansinya dengan materi Akidah Akhlak Kelas IX Madrasah Tsanawiyah. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode analisis deskriptif dan jenis kepustakaan (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kitab tersebut mengandung 31 pasal yang diringkas menjadi lima pembahasan mengenai akhlak kepada Allah, sesama manusia, diri sendiri, akhlak yang harus dilakukan, dan akhlak yang harus dihindari. Relevansi antara kitab Taisirul Khallaq Fi `Ilmi Al-Akhlaq dan materi Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Kelas IX mencakup akhlak kepada Allah, sesama manusia, diri sendiri, serta akhlak yang harus dihindari. Penelitian ini mendukung urgensi pembinaan nilai-nilai akhlak dalam pendidikan untuk membentuk karakter yang baik sejak dini.

References

Rahmawati AY. Pentingnya Pendididkan Bagi Manusia. 2020;2(July):66–72.

Salsabila K, Firdaus AH. Pendidikan Akhlak Menurut Syekh Kholil Bangkalan. J Penelit Pendidik Islam. 2018;6(1):39.

Fokusmedia TR. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No.20 Tahun 2003. Demogr Res. 2003;49(0):1-33 : 29 pag texts + end notes, appendix, referen.

[Fuadi ST, Bisri H, Sumadi. Landasan Pendidikan Akhlak menurut HAMKA. Tsamratul Fikri | J Stud Islam. 2021;15(1):53.

Khofifah F, Maulana MA, Khasanah N. Pembelajaran Kitab Al-Akhlak Lil Banat Dalam Pembentukan Karakter Religius Santri. J Ilm Mhs. 2022;1(55):69–79.

’Aliyah E, Amirudin N. Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Ta’Lim Muta’Allim Karangan Imam Az-Zarnuji. Tamaddun. 2020;21(2):161.

Gussevi S, Muhfi NA. Tantangan Mendidik Generasi Milenial Muslim di Era Revolusi Industri 4.0. Paedagog J Pendidik dan Stud Islam. 2021;2(01):46–57.

[Al-Mas`udi HH. Taisirul Akhllaq Fi `Ilmi Al-Khallaq. Surabaya: Mutiara Ilmu; 2021.

Published
2024-02-07