Analisis Pendidikan Akhlak dalam Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim Karya K.H. Hasyim Asy’ari BAB Akhlak Guru dan Murid dalam Menuntut Ilmu

  • Soca Regita Sisilia Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Sobar Al Ghazal Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Fitroh Hayati Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
Keywords: Pendidikan, Akhlak, Murid dan Guru

Abstract

Abstract. This research focuses on the Book of Adabul 'Alim Wal Muta'alim by K.H. Hasyim Asy'ari, emphasizing the importance of morals in education. The goal is to understand moral education, the concept of student morals towards teachers, and the concept of teacher morals towards students. The approach used in this research is a qualitative approach, while the method used in this research is a descriptive analysis method with the type of literature, namely by collecting data using books, literature, library materials that support and are related to the discussion of researchers. The results show that to create good relationships, the morals that are emphasized involve courage, patience, obedience, respect, sincerity, and good communication. Mutual respect between students and teachers is prioritized, with the sincere intention of getting closer to Allah SWT. The phenomenon of moral decline in the world of education is also in the spotlight, emphasizing the need for a moral approach in the learning process.

Abstrak. Penelitian ini fokus pada Kitab Adabul 'Alim Wal Muta’alim Karya K.H. Hasyim Asy’ari, menekankan pentingnya akhlak dalam pendidikan. Tujuannya adalah memahami pendidikan akhlak, konsep akhlak murid terhadap guru, dan konsep akhlak guru terhadap murid. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekaatan kualitatif, sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah metode analisis deskriptif dengan jenis kepustakaan yaitu dengan cara mengumpulkan data dengan menggunakan buku-buku, literatur, bahan pustaka yang menunjang dan ada keterkaitan dengan pembahasan peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk menciptakan hubungan baik, akhlak yang ditekankan melibatkan keberanian, kesabaran, ketaatan, penghargaan, keikhlasan, dan komunikasi yang baik. Saling menghargai antara murid dan guru diutamakan, dengan niat tulus mendekatkan diri kepada Allah SWT. Fenomena kemerosotan moral di dunia pendidikan juga menjadi sorotan, menekankan perlunya pendekatan moral dalam proses pembelajaran

References

S. P. M. P. Dr. Cucu Sutianah, Landasan Pendidikan. Penerbit Qiara Media, 2022. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=By9eEAAAQBAJ

A. Hayi and M. Alwi, “Analisis Kebijakan Pendidikan Islam Indonesia Di Era Reformasi,” Fitrah J. Stud. Pendidik., vol. 14, no. 1, pp. 85–95, 2023, doi: 10.47625/fitrah.v14i1.447.

CNNIndonesia.com, “Guru Agama SD di Bogor Diduga Lecehkan Murid dan Masih Aktif Mengajar,” 2023. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230614132720-12-961698/guru-agama-sd-di-bogor-diduga-lecehkan-murid-dan-masih-aktif-mengajar (accessed Jun. 14, 2024).

Maya Citra Rosa, “Tak Terima Ditegur Merokok, Siswa SMK Pukul Guru di Bima Berujung Dikeluarkan dari Sekolah,” 2023. https://regional.kompas.com/read/2023/11/08/192850878/tak-terima-ditegur-merokok-siswa-smk-pukul-guru-di-bima-berujung?page=all

Z. Misrawi, Hadratussyaikh Hasyim Asy’ari: moderasi, keumatan, dan kebangsaan. Penerbit Buku Kompas, 2010. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=4nKSDvoOPvQC

M. A. Dr. Ading Kusdiana, Sejarah Pesantren: Jejak, Penyebaran, dan Jaringannya di Wilayah Priangan (1800-1945). Humaniora, 2014. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=f4O9DwAAQBAJ

K. A. E. Fadl, Musyawarah Buku. Penerbit Serambi, 2002. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=F8dk8oX4xMQC

[S. Saiddaeni, E. Bagas, N. Saputra, and M. A. Dardiri, “1.2.3.4.,” vol. 6, pp. 175–197, 2023.

Published
2024-02-07