Efektivitas Model Pembelajaran VAK (Visualization, Audiotory, Kinesthetic) Melalui Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Abstract
Abstract. This research was conducted at MIS Al-Furqon 1 Bandung class V, this research uses a quantitative approach with a quasi-experimental method. The results showed 1) The learning process seen from planning using teaching modules is 95% of the components that are complete with very satisfying categories. The implementation of learning that has been carried out in the experimental class produces a percentage of 80%. 2) Student learning outcomes have increased after being treated with VAK modules including in the cognitive domain with an average before being treated getting results (35.3) after being treated getting a score (83.69), in the affective domain in the control class getting a score (79.38) while in the experimental class getting a score (90.00), in the psychomotor domain in the control class getting a score (70.44) while in the experimental class getting a score (80.75). So it can be concluded that the VAK model is effective in improving SKI learning outcomes in grade V students.
Abstrak. Penelitian ini dilakukan di MIS Al-Furqon 1 Bandung kelas V, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan 1) Proses pembelajaran dilihat dari perencanaan menggunakan modul ajar sebesar 95% komponen yang sudah lengkap dengan kategori sangat memuaskan. Pelaksanaan pembelajaran yang sudah terlaksana di kelas eksperimen menghasilkan presentase sebesar 80%. 2) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah diberi perlakuan moedel VAK diantaranya dalam ranah kognitif dengan rata-rata sebelum diberi perlakuan mendapat hasil (35,3) setelah diberi perlakuan mendapat nilai (83,69), pada ranah afektif di kelas kontrol mendapat nilai (79,38) sedangkan di kelas eksperimen mendapat nilai (90,00), pada ranah psikomotorik di kelas kontrol mendapat nilai (70,44) sedangkan di kelas eksperimen mendapat nilai (80,75). Maka dapat disimpulkan bahwa model VAK efektif dalam meningkatkan hasil belajar SKI pada siswa kelas V.
References
Devanisia B. PENINGKATAN KOMPETENSI GURU UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA. Angew Chemie Int Ed 6(11), 951–952. 2017;(Mi):5–24.
Sudjana N. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya; 2009.
Tabrani A, Sutiyono A, Khunaifi A, Istiyani D. MODUL MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM. In: Modul SKI 1 Pendidikan Profesi Guru. 3rd ed. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia; 2023. p. 1–97.
Mukrimaa SS, Nurdyansyah, Fahyuni EF, YULIA CITRA A, Schulz ND, د غسان, et al. MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM. J Penelit Pendidik Guru Sekol Dasar. 2016;6(August):128.
Nurdiana L. MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN ILMU Lilik Nurdiana PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya ( email : liliknur@yahoo.co.id ). PGSD FIP Univ Negeri Surabaya. 2020;
Lasmini NW. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 2 Tatura. Kreat Tadulaki [Internet]. 2019;4(4):329–42. Available from: https://media.neliti.com/media/publications/116269-ID-meningkatkan-hasil- belajar-siswa-melalui.pdf
Astutie CSA. Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas X Sma Negeri 18 Surabaya. J Mhs Univ Negeri Surabaya. 2013;(20):1–15.
Riadi M. Model Pembelajaran VAK (Visual, Auditori dan Kinestetik) [Internet]. kajianpustaka.com. 2020 [cited 2023 Sep 20]. Available from: https://www.kajianpustaka.com/2020/10/model-pembelajaran-vak.html
Sudarmanto. Statistik Terapan Berbasis Komputer Dengan Program IBM SPSS Statistic 19. Jakarta: Mitra Wacana Media; 2013.
Triana N, Triani N, Lutfi H, Roby A. MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA [Internet]. pelatihan.uny.ac.id. 2022. Available from: https://pelatihan.uny.ac.id/penyusun
Hajar, Andi. Penerapan Model Pembelajaran Learning Partner Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Didakt J Kependidikan. 2020;9(1):60–76.
Kartikasari. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara; 2011.
Shoimin A. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media; 2014. 2014 p.
Rukmana W, Hardjono N, Aryana A. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar dengan Model Pembelajaran Vak Berbantu Media Tongkat Tokoh. J Educ Action Res. 2018;2(3):189.
Djaramah, Zain. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta; 2006.