Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan Endog Lewo Makanan Khas Daerah Malangbong Menggunakan Analisis SWOT dan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) pada UMKM Cita Rasa

  • Haira Afwa Tsaniyah Teknik Industri
  • M. Dzikron A.M Teknik Industri
  • Dewi Shofi Mulyati
Keywords: Marketing Strategy, IFE, EFE, IE, SWOT, Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM)Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM)

Abstract

Abstract. MSME Cita Rasa is one of the companies engaged in the food industry, many snack food companies currently cause a very high level of competition in the industry. MSMEs Taste experienced several problems, including the level of sales caused by external and internal factors, such as marketing that was not yet widespread, lack of innovation in product development and lack of use of technology. The purpose of this research is to obtain the right alternative marketing strategy, with the company's marketing strategy being more focused in achieving company goals and being able to increase sales. Determining the marketing strategy is carried out using SWOT analysis and the Quantitative Strategic Planning Matrix method by evaluating alternative options, determining attractiveness and deciding the best strategy choice. So that a strategy is obtained based on the IE matrix and developed more deeply using the SWOT matrix and using the latest QSPM method so that an alternative method can be obtained that can be implemented by the company. So getting an alternative strategy based on the QSPM method based on research results provides fifteen alternative strategies with the five highest strategic priorities, namely, participating in culinary festivals and workshops, creating more varied products, expanding marketing areas, maximizing promotional and sales activities through social media, and has a halal label.

Abstrak. UMKM Cita Rasa merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang industri makanan, banyaknya perusahaan makanan ringan saat ini menyebabkan tingkat persaingan yang sangat tinggi dalam industri tersebut. UMKM Cita Rasa mengalami beberapa permasalahan yang dihadapi diantaranya yaitu tingkat penjualan menurun yang disebabkan oleh faktor eksternal dan faktor internal, seperti pemasaran yang belum meluas, tidak adanya inovasi dalam melakukan pengembangan produk dan kurang memanfaatkan teknologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan alternatif strategi pemasaran yang tepat, dengan adanya strategi pemasaran perusahaan menjadi lebih terarah dalam mencapai tujuan perusahaan dan mampu meningkatkan penjualan. Adapun penentuan strategi pemasaran dilakukan menggunakan analisis SWOT dan metode Quantitative Strategic Planning Matrix dengan melakukan evaluasi pilihan alternatif, menetapkan daya tarik dan memutuskan pilihan strategi terbaik. Sehingga didapatkan strategi berdasarkan matriks IE lalu dirumuskan lebih mendalam menggunakan matriks SWOT dan tahapan terakhir menggunakan metode QSPM sehingga didapatkan alternatif strategi yang dapat diimplementasikan oleh perusahaan.Hasil penelitian menunjukan bahwa posisi perusahaan berdasarkan matriks SWOT berada pada kuadran IV yaitu defensive dimana posisi tersebut sangat tidak menguntungkan bagi perusahaan. Sehingga didapatkan alternatif strategi berdasarkan metode QSPM berdasarkan hasil penelitian memberikan lima belas alternatif strategi dengan lima prioritas strategi tertinggi yaitu, ikut serta dalam festival dan workshop kuliner nusantaran, menciptakan produk yang lebih variatif, memperluas daerah pemasaran, memaksimalkan kegiatan promosi dan penjualan melalui media sosial, dan memiliki label halal.

Published
2022-07-27