Usulan Perancangan Take Home Pay Berdasarkan Evaluasi Jabatan Menggunakan Metode Cullen Egan Dell (CED)

  • Achmad Kartiwan Teknik Industri, Universitas Islam Bandung
  • Dewi Shofi Mulyati Teknik Industri, Universitas Islam Bandung
  • Selamat Teknik Industri, Universitas Islam Bandung
Keywords: Job Assessment, Job Evaluation, Cullen Egan Dell (CED), Penilaian Jabatan, Evaluasi Jabatan

Abstract

Abstract. Determining salary or wages for each position in a particular company, especially in PT. X is not an easy task to do since there is no definitive, complete, exact and accurate way. There is one way to determine the salary or wages for each position that can be accepted by various parties, which is by conducting a job assessment first. Job assessment itself is one of the tools that can be used to determine the value of a job in an organization or company based on the degree of importance. The results of the job assessment can be then converted into a salary or wage.

Currently, there is a turnover phenomenon at PT.X which is caused by several factors, mainly caused the salary factor. To overcome these problems, a way or method is needed to determine the salary. One of them is by conducting a job assessment using the Cullen Egan Dell point system method. Job relative value/worth (NRJ) is the result from job assessment using the point system method, one of which is the Cullen Egan Dell (CED) method. This value is generated from the sum of each position’s expertise, judgement, and accountability factor. With the job relative worth, the amount of salary can be found by converting the relative worth into money nominal. Based on the comparison between the existing total take home pay and the proposed total take home pay, there was an increase of Rp3,835,127 from Rp297,309,053 to Rp301,144,184.-

Abstrak. Dalam penentuan gaji atau upah untuk setiap jabatan di dalam suatu perusahaan terutama PT. X bukanlah pekerjaan yang mudah untuk dilakukan karena tidak ada cara yang pasti, lengkap, eksak dan akurat. Salah satu cara untuk melakukan penentuan gaji atau upah untuk setiap jabatan yang dapat diterima berbagai pihak adalah dengan melakukan penilaian jabatan dahulu. Penilaian jabatan itu sendiri yaitu salah satu alat yang dapat digunakan untuk mengetahui nilai suatu jabatan di dalam suatu organisasi atau perusahaan berdasarkan derajat kepentingannya. Hasil dari penilaian jabatan kemudian dapat dikonversi ke dalam bentuk gaji atau upah. Saat ini terjadi fenomena turnover pada PT.X yang disebabkan beberapa faktor terutama disebabkan oleh faktor gaji. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dibutuhkan cara atau metode untuk menentukan gaji. Salah satunya yaitu dengan melakukan penilaian jabatan dengan dengan metode sistem poin Cullen Egan Dell. Nilai relatif jabatan (NRJ) adalah nilai yang dihasilkan dari penilaian jabatan dengan metode sistem poin salah satunya metode Cullen Egan Dell (CED). Nilai tersebut dihasilkan dari penjumlahan nilai faktor kemampuan, pertimbangan dan pertanggungjawaban dari setiap jabatan. Dengan nilai relatif jabatan, besaran gaji dapat diketahui dengan cara melakukan konversi nilai relatif jabatan tersebut ke dalam bentuk nominal uang. Berdasarkan perbandingan antara total take home pay existing dan total take home pay usulan, terjadi kenaikan sebesar Rp3.835.127 dari Rp297.309.053 menjadi Rp301.144.184.

 

Published
2022-01-31