Analisis Gap untuk Kesiapan Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 di CV Ardian

  • Aripah Sita Apriani Teknik Industri, Teknik
  • Puti Renosori Teknik Industri, Teknik
Keywords: ISO 9001:2015, Quality Management, Gap Analysis, Manajemen Mutu, Analisis Gap

Abstract

Abstract. The company's success in managing business activities to obtain outputs that meet expectations cannot be separated from the planning of the right quality management system. A quality management system is a set of documented procedures and standard practices for system management aimed at ensuring the conformity of a process and product to specific needs or requirements. Several components in the quality management system include organizational structure, responsibilities, procedures, processes and resources for the implementation of quality management. This study discusses the design of a quality management system at CV Ardian which does not yet have ISO 9001:2015 certification. The purpose of this design is to design the ISO 9001:2015 quality management standard and document it in order to improve customer satisfaction. The tool used in this research is a gap analysis. The steps in this research are identifying the documents available in the company with the requirements of ISO 9001:2015, calculating the gaps between the documents, meeting the deficiencies, and proposing documents based on the discrepancies that occur. The results obtained based on the calculation of the gap analysis in clause 5 get the highest score of 71% and the other clauses are less than 50%, which means that they have not implemented an ISO 9001:2015-based quality management system. The proposal in the design of the quality management system is in the form of making documents that have been identified based on the discrepancies and gaps that occur.

Abstrak. Keberhasilan perusahaan dalam mengelola aktivitas bisnis untuk memperoleh output yang sesuai harapan tidak lepas dari perencanaan sistem manajemen mutu yang tepat. Sistem manajemen mutu merupakan sekumpulan prosedur terdokumentasi dan praktik-praktik standar untuk manajemen sistem yang bertujuan menjamin kesesuaian dari suatu proses dan produk terhadap kebutuhan atau persyaratan tertentu. Beberapa komponen yang ada dalam sistem manajemen mutu antara lain struktur organisasi, tanggung jawab, prosedur, proses dan sumber daya untuk penerapan manajemen mutu. Penelitian ini membahas mengenai perancangan sistem manajemen mutu di CV Ardian yang belum memiliki sertifikasi ISO 9001:2015. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk merancang standar manajemen mutu ISO 9001:2015 dan mendokumentasikannya dalam rangka meningkatkan kepuasan pelanggan. Alat yang digunakan dalam penelitian ini berupa analisis gap. Langkah-laangkah dalam penelitian ini yaitu mengidentifikasi dokumen yang tersedia di perusahaan dengan persyaratan ISO 9001:2015, menghitung kesenjangan yang antara dokumen, memenuhi kekurangan, dan mengusulkan dokumen berdasarkan ketidaksesuaian yang terjadi. Hasil yang didapatkan berdasarkan perhitungan kesenjangan analisis klausul 5 mendapatkan nilai tertinggi sebesar 71% dan klausul lainnya kurang dari 50% yang artinya belum menerapkan sistem manajemen mutu berbasis ISO 9001:2015. Usulan dalam perancangan sistem manajemen mutu yaitu berupa pembuatan dokumen yang telah diidentifikasi berdasarkan ketidaksesuaian dan kesenjangan yang terjadi.

Published
2022-01-20