Perancangan Facebook Marketing untuk Meningkatkan Penjualan di PT. Direka Karya Bersama

  • Beni Alamsyah Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Islam Bandung
  • Djamaludin Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Islam Bandung
Keywords: Landing Page To Whatsapp, Click To Whatsapp, CPR

Abstract

Abstract. This research aims to analyze the advertising category based on Facebook Ads as a promotional media for the company PT. Jointly Designed. The wide target market for the curtain industry is utilized by PT Direka Karya Bersama by reaching all regions on the island of Java where sales targets must be met so that the company's goal of obtaining high profits can be achieved. There are various considerations related to emerging marketing activities in the media so they need to be paid more attention. This aims to ensure that the costs accommodated by the company are proportional to the total income earned by the company. However, after an interview was conducted with the head of the company PT Direka Karya Bersama, it was said that the current sales should be maximized because the data obtained was unstable and some even experienced a decrease in turnover and over costs. Advertisement design is carried out with an initial process of advertising testing using two methods, namely Landing Page To Whatsapp (LPWA) and Click To Whatsapp (CTWA). The results of measuring advertising performance from the overall testing process in current activities can be concluded that the method of choice for curtain advertising is the CTWA method because it produces lower or cheaper CPR and CPA compared to the LPWA method even though the LPWA method has a higher CTR.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kategori iklan berbasis Facebook Ads sebagai media promosi perusahaan PT. Direka Karya Bersama. Target pasar industri gorden yang luas dimanfaatkan oleh PT. Direka Karya Bersama dengan menjangkau seluruh wilayah di Pulau Jawa yang memiliki target penjualan yang harus dipenuhi agar tujuan perusahaan untuk mendapatkan keuntungan yang tinggi dapat tercapai. Ada beragam pertimbangan muncul terkait aktivitas pemasaran di media sehingga perlu lebih diperhatikan. Hal ini bertujuan supaya biaya (cost) yang diakomodasi oleh perusahaan sebanding dengan total pemasukan yang didapat perusahaan. Akan tetapi, setelah dilakukan wawancara dengan pimpinan perusahaan PT. Direka Karya Bersama, dikatakan bahwa penjualan yang telah berjalan saat ini seharusnya bisa lebih maksimal karena data yang didapat tidak stabil bahkan beberapa ada yang mengalami penurunan omzet dan over cost. Perancangan iklan dilakukan dengan proses awal testing iklan dengan menggunakan dua metode yaitu Landing Page To Whatsapp (LPWA) dan Click To Whatsapp (CTWA). Hasil pengukuran kinerja iklan dari proses testing secara keseluruhan pada aktivitas saat ini dapat disimpulkan bahwa metode terpilih untuk iklan gorden adalah metode CTWA karena menghasilkan CPR dan CPA yang lebih rendah atau lebih murah dibandingkan dengan metode LPWA meskipun metode LPWA memiliki CTR yang lebih tinggi.

References

[1] Yonatan, A. Z. (2023). Menilik Pengguna Media Sosial Indonesia 2017-2026. https://data.goodstats.id/statistic/agneszefanyayonatan/menilik-pengguna-media-sosial-indonesia-2017-2026-xUAlp
[2] Tikno. (2017). Analisis Penerimaan Grup Whatsapp sebagai Sarana Komunikasi dan Pembelajaran dari Perspektif Mahasiswa. Aisindo, 2, 1
Published
2024-08-14