Perancangan Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan UMKM dengan Menggunakan Analisis SWOT dan Metode Matriks Perencanaan Strategi Kuantitatif (MPSK)
Abstract
Abstract. The culinary sector is a business sector that belongs to the creative industry, which in recent years has made a significant contribution to the country’s economy. However , with the emergency of the Cofid-19 pandemic in Indonesia, business in the culinary sector have been overhelmed by various regulations or changing people’s lifestyles. One of the business actors in the culinary sector is RM Cijati II, which until now has been around for a long time and is a restaurant that is classified as very mature. In the same class as RM Cijati II, which has been around for a long time, the pandemic and post-pandemic Covid-19 have seriously hampered the pace of business-development. So that RM Cijati II requires an effort to analyze the current and future markets, as well as to come up with relevant strategies for marketing its product and service. This research method is to use a type of quantitative research, with descriptive analysis. The data sources use are primary data obtained from distributing questionnaires and secondary data such as supporting data to support the ease of this research. The data processing and analysis technique in this study was to identify internal-external factor, design and inter-external matrix, design a strategy using the SWOT matrix, and design alternative strategies using the Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). The result of the QSPM strategy design are expected to provide recommendation for RM Cijati II, in order to deal with business conditions that continue to move dynamically.
Abstrak. Sektor kuliner merupakan sector usaha yang tergolong dalam industry kreatif, yang dalam beberapa tahun terakhir ini memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian negara. Akan tetapi dengan munculnya pandemic Covid-19 di Indonesia, membuat para pelaku usaha di sector kuliner tersebut kewalahan dengan berbagai aturan ataupun gaya hidup masyarakat yang berubh. Salah satu pelaku usaha di sector kuliner adalah RM. Cijati II, yang sampai saat ini sudah berdiri lama dan menjadi rumah makan yang tergolong sangat dewasa. Sekelas RM. Cijati II yang sudah lama berdiri, pandemi dan pasca pandemic Covid-19 pun sangat menghambat laju perkembangan usahanya. Sehingga RM. Cijati II membutuhkan suatu Upaya untuk menganalisis pasar saat ini dan kedepannya, serta untuk memunculkan strategi-strategi yang releven untuk pemasaran produk dan layanannya. Metode penelitian ini adalah dengan menggunakan jenis penilitian kuantitatif, dengan analisis deskriptif. Sumber data yang digunakan yang data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner dan sekunder seperti data-data penunjang guna mendukung kemudahan penelitian ini. Teknik pengolahan dan analisis data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan indentifikasi faktor internal-eksternal, perancangan strategi dengan matriks SWOT, serta merancang alternatif strategi dengan menggunakan Matriks Perancangan Strategi Kuantitatif (MPSK). Hasill perancangan strategi MPSK tersebut, diharapkan dapat memberikan rekomendasi bagi RM. Cijati II, guna menghadapi keadaan bisnis yang terus bergerak dinamis.
References
Daftar Pustaka
Kotler P. Manajemen Pemasaran [Internet]. Jakarta: Indeks; 2005. Available from: https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=618936
Djaslim S. Intisari Pemasaran dan Unsur-unsur Pemasaran. Bandung: Linda Karya;
Agustina, S. (2011). Manajemen Pemasaran. Malang: UB Press.
Ari, A. (2019). Usulan Strategi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatakan Penjualan Kerupuk Pada UKM “Dwi Putra” Gresik Dengan Mennggunakan Metode SWOT dan QSPM. Universitas Muhamadiyah Gersik.
Gaspersz, V. (2007). “Lean Six Sigma for Manufacturing and Services Industries. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kotler, P., & Keller K. L. (2008). Manajemen Pemasaran. Edisi ketigabelas, Jilid Satu. Jakarta : PT Gelora Aksara Pratama.
Kotler, P., & Garry. Armstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Malhotra, N. K. (2009). Riset Pemasaran Pendekatan Terapan. Jilid 1. Jakarta: Permata Puri Media.
Mujahid, A., Isharyani, E, M., & Widada, D. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Mengunakan Metode Quantitative Strategic Planning Matrik (QSPM) Studi Kasus: Borneo Project. Universitas Mulawarman. Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 7(2), 111-118.
Putri, N. E., Retno, A., Putri, S. A. (2014). Perancanaan Strategi Pengembangan Restoran Menggunakan Analisis SWOT dan Metode QSPM (Studi kasus: Restauran Big Burger Malang). Jurnal Industria, 3(2), 93-106.
Rangkuti, D. F. (2017). Strategic Management Manajemen Strategi Konsep Edisi 12. Jakarta. Salemba Empat.
Rangkuti, D. F. (2014). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Samujh, R. H. (2011). Micro-businesses need support: survival precedes sustainability. Corporate Governance, 11(1), 15–28.
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: ANDI.
Tambajong, G. (2013). Bauran Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Penjualan Sepeda Motor Yamaha di PT. Sarana Niaga Megah Kerta Manado. Jurnal EMBA, 1(3), 1291-1301.