Pengukuran dan Perbaikan Kinerja Menggunakan Malcolm Baldrige National Quality Award untuk Meningkatkan Kualitas Kinerja di PT. X
Abstract
Abstract. PT. X is an expedition service that was established in 2019. Based on the observation of researchers in one of the branches of PT. X in Sukajadi Bandung, PT. X experienced a decrease in revenue due to the failure to achieve the delivery target. The purpose of this study is to find out the performance factors that affect productivity, find out the quality of services provided and provide suggestions for improving performance measurement. The method used in this study is the Malcolm Baldrige National Quality Award (MBNQA). To collect data, observations, questionnaire distribution, and in-depth interviews were carried out in 2022. Furthermore, data analysis is carried out to identify potential factors that cause problems. The results of the study show that the performance of PT. X based on MBNQA shows the performance level of PT. X is in the Early Improvement predicate with the average level category, which means that the company is still in the early stages of development where the company still has to evaluate the performance indicators that have the lowest scores, so periodic performance measurements are needed so that the company can improve performance to reach a higher level.
Abstrak. PT. X merupakan layanan ekspedisi yang berdiri pada tahun 2019. Berdasarkan pengamatan peneliti di salah satu cabang PT. X di Sukajadi Bandung, PT. X mengalami penurunan pendapatan akibat tidak tercapainya target pengiriman. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor kinerja yang mempengaruhi produktivitas, mengetahui kualitas pelayanan yang diberikan dan memberi usulan perbaikan pengukuran kinerja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Malcolm Baldrige National Quality Award (MBNQA). Untuk mengumpulkan data dilakukan observasi, penyebaran kuesioner, dan wawancara mendalam yang dilakukan pada tahun 2022. Selanjutnya, dilakukan analisis data untuk mengidentifikasi faktor-faktor potensial yang menimbulkan permasalahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja PT. X berdasarkan MBNQA menunjukkan level kinerja PT. X berada pada predikat Early Improvement (Peningkatan awal) dengan kategori level average yang artinya perusahaan masih berada pada tahap awal perkembangan dimana perusahaan masih harus melakukan evaluasi terhadap indikator kinerja yang memiliki skor paling rendah sehingga diperlukan pengukuran kinerja secara berkala agar perusahaan dapat melakukan peningkatan kinerja untuk mencapai tingkat yang lebih tinggi.
References
[2] Badri, M.A., Selim, H.M., Alshare, K., dan Grandon, E.E. (2006). The Baldrige education criteria for performance excellence framework. International Journal of Quality & Reliability Management, 23(9), 1118-1157.
[3] Baldrige Performance Excellence Program. (2015). Baldrige excellence framework: a systems approach to improving your organization’s performance. Gaithersburg, MD: US Department of Commerce National Institute of Standards and Technology.
[4] BPS. (2020). Statistik e-commerce 2020. [online]. Tersedia pada:
[5] Dasaranti, A.Y., Arifianti, R., dan Tresna, P.W. (2018). Analysis of hotel quality control in Hotel Papandayan using Malcolm Baldrige method. Review of Integrative Business and Economics Research, 7(1), 154-162.
[6] Databoks. (2021). Penggunaan e-commerce Indonesia tertinggi di dunia. [online] Tersedia pada:
[7] Dwi, S. (2009). Pengukuran kinerja. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.
[8] Faikar, M. (2019). Pengukuran kinerja Madrasah Aliyah Negeri di Kota Padang dalam menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer menggunakan Baldrige Excellence Framework. S1. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
[9] Pancawati, M.B.D. (2021). Kebangkitan jasa ekspedisi di tengah pandemi. [online] Tersedia pada:
[10] Rabbi, P.A.R. (2021). Industri logistik tumbuh 40% selama pandemi Covid-19. [online] Tersedia pada:
[11] Renita, R. dan Maukar, A.L. (2014). Penilaian kinerja dengan menggunakan Malcolm Baldrige Education Criteria for Performance Excellence (MBECfPE). Journal of Industrial Engineering, 1(2), 1-8.
[12] Yusuf, M. (2017). Pengukuran kinerja dengan menggunakan Baldrige Excellence
Framework (BEF) di Rumah Sakit Umum Daerah Kudungga Sangatta Kabupaten Kutai Timur. S1. Universitas Hasanuddin.
[13] Wiguna, C. (2018). Penerapan Malcolm Baldrige dalam sistem penilaian kinerja manajemen bidang kesehatan. Jurnal Sistem Cerdas, 1(1), 10–18.