Rancangan Penerapan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Omnichannel pada Toko Pasar Pendaki dengan Menggunakan Software Bigseller
Abstract
Abstract. Pasar Pendaki is a store that sells outdoor equipment and gear. Pasar Pendaki currently sells its products offline and online. Pasar Pendaki has a problem, namely that there are often mismatches of information between the sales admin and the warehouse admin. In addition, there are often errors in stock items in the online store with warehouse data where the stock available in the online store is not the same.This study aims to implement a sales information system based on omnichannel at Pasar Pendaki. The research method used is the FAST (Framework for Application of Systems Thinking) method. This research uses the Commercial Application Package Implementation Strategy model. The software used is Bigseller. The result of this research is the implementation of an omnichannel system at Pasar Pendaki which can integrate online and offline sales. In addition, it can minimize information errors because the stock item data will be continuously updated at any time. The omnichannel system used functions to monitor sales activities and allows business owners or employees to monitor the availability of stock items in the warehouse.
Abstrak. Pasar Pendaki adalah sebuah toko yang menjual perlengkapan dan peralatan outdoor. Pasar Pendaki saat ini menjual produknya secara offline dan online. Pasar Pendaki memiliki permasalahan yaitu sering terjadi kesalahan informasi yang tidak sesuai antara admin penjualan dengan admin gudang. Selain itu, sering terjadi kesalahan stok barang di toko online dengan data gudang, di mana persediaan stok yang tersedia di toko online tidak sama. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan sistem informasi penjualan berbasis omnichannel pada Pasar Pendaki. Metode penelitian yang digunakan adalah metode FAST (Framework for Application of Systems Thinking). Penelitian ini menggunakan model Commercial Application Package Implementation Strategy. Software yang digunakan adalah Bigseller. Hasil penelitian ini adalah penerapan sistem omnichannel pada Pasar Pendaki yang dapat mengintegrasikan penjualan online dan offline. Selain itu, sistem ini dapat meminimalisir kesalahan informasi dikarenakan data stok barang akan terus dilakukan update setiap saat. Sistem omnichannel yang digunakan berfungsi untuk memonitoring aktivitas penjualan serta memungkinkan pemilik perusahaan ataupun karyawan untuk dapat memantau ketersediaan stok barang pada gudang.
References
[2] Warjiyono, W., Fandhilah, F., Rais, A. N., dan Ishaq, A. 2020. Metode FAST & Framework PIECES : Analisis & Desain Sistem Informasi Penjualan Berbasis Website. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), [e-journal] 6(2), 172–181.
[3] Bentley, W., 2007. System analysis and design for the global enterprise. 7 ed. New York: McGraw-Hill.
[4] Rosing, M., Scheer, A. W. dan Scheel, H. (2017). The complete business process handbook: body of knowledge from process modelling to BPM. Massachusetts: Morgan Kaufmann Publishers.
[5] Pressman, R.S. (2012). Rekayasa perangkat lunak pendekatan praktisi. Yogyakarta: Andi.