Implementasi Sistem Informasi Omnichannel Retail Menggunakan Perangkat Lunak Bigseller
Abstract
Abstract. This study aims to design and implement an omnichannel information system for Kharisma Leather. Kharisma Leather is a home industry engaged in leather crafts located in Garut. The design of this information system is motivated by sales that are too focused on physical stores and underutilize other sales channels such as marketplaces. This design aims to improve the company's sales efficiency by integrating online and offline sales. Data collection needed to design the information system includes data for making UCD (Use Case Diagram) and BPMN (Business Process Modeling Notation). The data is then used to design a new, more efficient information system. The implementation of the omnichannel information system with Bigseller includes the process of creating a Bigseller account, integrating the marketplace with Bigseller, creating an offline store in Bigseller, integrating product data, the order process from the marketplace and offline stores, updating product stock data, and sales reports. The results of this study indicate that the implementation of an omnichannel information system with Bigseller has successfully increased the sales efficiency of Kharisma Leather. This can be seen from the black box testing that was carried out, where all test scenarios were met. In addition, a cost-benefit analysis also shows that this implementation project is feasible and profitable.
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem informasi omnichannel untuk perusahaan Kharisma Leather. Kharisma Leather adalah industri rumahan yang bergerak di bidang kerajinan kulit yang berlokasi di Garut. Perancangan sistem informasi ini dilatarbelakangi oleh penjualan yang terlalu berfokus pada toko dan kurang memanfaatkan saluran penjualan lain seperti marketplace. Perancangan ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi penjualan perusahaan dengan mengintegrasikan penjualan online dan offline. Pengumpulan data yang diperlukan untuk merancang sistem informasi meliputi data untuk pembuatan UCD (Use Case Diagram) dan BPMN (Business Process Modeling Notation). Data tersebut kemudian digunakan untuk merancang sistem informasi baru yang lebih efisien. Implementasi sistem informasi omnichannel dengan Bigseller meliputi proses pembuatan akun Bigseller, integrasi marketplace dengan Bigseller, pembuatan toko offline di Bigseller, integrasi data produk, proses pesanan dari marketplace dan toko offline, pembaruan data stok produk, dan laporan penjualan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi sistem informasi omnichannel dengan Bigseller berhasil meningkatkan efisiensi penjualan Kharisma Leather. Hal ini terlihat dari pengujian black box yang dilakukan, di mana semua skenario pengujian terpenuhi. Selain itu, analisis cost-benefit juga menunjukkan bahwa proyek implementasi ini layak dan menguntungkan.
References
[2] Kurniawan, S. (2017). Bangun komitmen pelanggan dengan omni-channel marketing. [online]. Tersedia pada: https://www.marketeers.com/bangun-komitmen- dengan-omni-channel-marketing/ [Diakses 1 Juni 2024].
[3] Aohan, L., dan Min, Z. (2018). Research on omni-channel business model of retail enterprise. Topics in Education, Culture and Social Development (TECSD), 1(1), 61-63.
[4] Pressman, R. S. (2012). Rekayasa perangkat lunak pendekatan praktisi. Yogyakarta: Andi.
Cholifah, W. N., Yulianingsih, Y., dan Sagita, S. M. (2018). Pengujian black box testing pada aplikasi action dan strategy berbasis android dengan teknologi phonegap. STRING (Satuan Tulisan Riset dan Inovasi Teknologi), 3(2), 206-210.