Perancangan Customer Relationship Management (CRM) pada CV Jasa Teknik Berbasis Web

  • Farhan Muhammad Rasyidi 10070217086 Teknik Industri
  • Nugraha Fakultas Teknik, Universitas Islam Bandung
  • djamaludin Fakultas Teknik, Universitas Islam Bandung
Keywords: Customer Relationship Management (CRM), Metode Framework for the Application System Thinking (FAST), Wordpress.

Abstract

Abstract CV Jasa Teknik is a company that produces material testing tools for the testing of concrete, cement, soil, and asphalt. CV Jasa Teknik  in sales and promotion still rely on the distribution of brochures and company profile books to various consultants and suppliers. Processing and recording of sales and customer data in CV Jasa Teknik is still not computerized and is still done manually. CV Jasa Teknik do not have a working system to handle customer complaints, suggestions, or criticisms. Using CRM can help companies increase customer loyalty by helping attract new customers, enhance customer relationships, identify sales trends, customer segments, and respond quickly to changing customer needs. This research aims to identify and design a CRM system on CV Jasa Teknik that can be used to expand the market reach and improve the introduction of CV Jasa Teknik products. CRM design on CV Jasa Teknik uses the CRM phase approach i.e. acquisition, Enhance, and retention by building a system based on CRM Operations. This information system is designed using Wordpress with the WooCommerce plugin, Elementor plugin, and HubSpot plugin, Framework methodology for the Application System Thinking (FAST) and Model-Driven Development (MDD) used to design CRM information systems. Identifying CRM systems in CV Jasa Teknik can stone companies in gaining customers, companies can maintain relationships both with customers and companies can retain customers. A website can help CV Jasa Teknik to introduce products, expand customer reach and manage customer orders. With the implementation of CRM, companies can manage customer relationships, expand and enhance customer interaction, improve measurement and analysis of campaign performance, improve operational efficiency, better data accessibility, and more in-depth analysis. Building effective communication channels can help companies deliver services to customers, improve customer comfort, and increase customer confidence.

Abstrak. CV Jasa Teknik adalah perusahaan yang memproduksi alat uji material untuk pengujian beton, semen, tanah, dan aspal. CV Jaya Teknik dalam penjualan dan promosi masih mengandalkan penyebaran brosur dan buku company profile ke berbagai konsultan dan supplier. Pengolahan dan pencatatan data penjualan serta pelanggan di CV Jasa Teknik masih belum terkomputerisasi dan masih dilakukan secara manual. CV Jasa Teknik belum memiliki sistem kerja untuk menangani keluhan, saran, atau kritik pelanggan. Penggunaan CRM dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan loyalitas pelanggan dengan membantu menarik pelanggan baru, meningkatkan hubungan pelanggan, mengidentifikasi tren penjualan, segmen pelanggan, dan merespons dengan cepat kebutuhan pelanggan yang berubah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan merancang Sistem CRM Pada CV Jasa Teknik yang dapat dipergunakan untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan pengenalan produk CV Jasa Teknik. Perancangan CRM pada CV Jasa Teknik menggunakan pendekatan fase CRM yaitu, acquisition, Enhance, dan retention dengan membangun sistem berdasarkan Operasional CRM. Sistem informasi ini dirancang menggunakan Wordpress dengan plugin WooCommerce, plugin Elementor, dan plugin HubSpot, metodologi Framework for the Application System Thinking (FAST) dan Model-Driven Development (MDD) digunakan untuk merancang sistem informasi CRM. Identifikasi sistem CRM di CV Jasa Teknik dapat membatu perusahaan dalam mendapatkan pelanggan, Perusahaan dapat memelihara hubungan baik dengan pelanggan dan Perusahaan dapat mempertahankan pelanggan. Website dapat membantu CV Jasa Teknik untuk memperkenalkan produk, memperluas jangkauan pelanggan dan mengelola order pelanggan. Dengan penerapan CRM perusahaan dapat mengelola hubungan pelanggan, memperluas dan meningkatkan interaksi dengan pelanggan, meningkatkan pengukuran serta analisis kinerja kampanye, efisiensi operasional dapat ditingkatkan, aksesibilitas data yang lebih baik, dan analisis yang lebih mendalam. Membangun saluran komunikasi yang efektif dapat membantu perusahaan dalam memberikan layanan kepada pelanggan, meningkatkan kenyamanan pelanggan, dan meningkatkan kepercayaan pelanggan.

References

[1] Ummah, L. D., 2018. Rancang bangun E-commerce pada Toko Kerudung Nuri Collection berbasis Customer Relationship Management. Jurnal Nuansa Informatika, 12(2), 60-85.
[2] Pattipeilohy, W. F., dan Sanwani, 2019. Prototipe sistem CRM berbasis e-commerce menggunakan metode User Centered Design dengan Codeigniter Framework. Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer, 5(1), 111-118.
[3] Tiyani, I. S., dan Irawan, H., 2019. Rancang bangun sistem informasi Customer Relationship Management (CRM) guna meningkatkan pelayanan serta loyalitas pelanggan (Studi kasus: PT Djaya Bersama Putra Prima). Jurnal IDEALIS, 2(4), 118-124.
[4] Whitten, J. L., dan Bentley, L. D., 2007. Systems analysis and design Methods. New York: McGraw-Hill.
Published
2024-02-09