Usulan Perbaikan Kualitas pada Proses Produksi Roti menggunakan Metode Six Sigma di CV. X

  • Muhamad Naufal Fikri Fauzan Teknik Industri
  • Asep Nana Rukmana Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Islam Bandung
Keywords: Product defects, Quality, Six Sigma DMAIC Method (Define, Measure, Analyze, Improve, Control)

Abstract

Abstract. The growth of the food industry in Indonesia has experienced a significant. Bread consumption, as one of the most favored products. Therefore, it is crucial for bread companies to maintain product quality to win customer trust amidst intensifying competition. This research was conducted at a bakery industry company in the city of Bandung. Despite rapid industry growth, the company experienced a decline in revenue due to defective products. This study employs the Six Sigma method as a tool minimize product defects. In the Define phase, research identifies three types of disability. In the Measure phase, DPMO and sigma values were measured. The Analyze phase analyzed the causative factors of defects, involving material, human, environmental, machine, and method factors. Improvement proposals in the Improve phase not only utilized the Six Sigma DMAIC method but also applied the 5W+1H approach. Meanwhile, in the Control phase, production processes were controlled, and periodic supervision was conducted to ensure the effectiveness of the implemented improvements. The expected outcome of this research is to provide a positive contribution to the enhancement of bread product quality at CV. X, increase customer satisfaction, and, in turn, maintain the company's competitiveness in an increasingly competitive market.

Abstrak. Pertumbuhan industri pangan di Indonesia telah mengalami peningkatan signifikan. Konsumsi roti, sebagai salah satu produk yang paling diminati. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan roti untuk menjaga kualitas produk agar tetap memenangkan kepercayaan pelanggan di tengah persaingan yang semakin ketat. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan industri roti di Kota Bandung. Meskipun industri ini berkembang pesat, perusahaan mengalami penurunan pendapatan akibat adanya produk cacat. Penelitian ini menggunakan metode Six Sigma sebagai alat untuk meminimalkan cacat produk. Dalam tahap Define, penelitian mengidentifikasi tiga jenis kecacatan. Pada tahap Measure, dilakukan pengukuran DPMO dan nilai sigma. Tahap Analyze menganalisis faktor penyebab kecacatan melibatkan faktor material, manusia, lingkungan, mesin, dan metode. Usulan perbaikan pada tahap Improve tidak hanya menggunakan metode Six Sigma DMAIC tetapi juga menerapkan pendekatan 5w+1h. Sedangkan pada tahap Control, dilakukan pengendalian terhadap proses produksi dan pengawasan secara berkala untuk memastikan efektivitas perbaikan yang telah dilakukan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kualitas produk roti di CV. X, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan pada gilirannya, menjaga daya saing perusahaan di pasar yang semakin kompetitif.

References

[1] Ayutia, N., 2022. Kondisi pengolahan makanan dan minuman di Indonesia. [Online] Tersedia pada: %20kuadriliun%20pada%202021> [Diakses 31 Oktober 2022].
[2] Damiana, C., 2022. Orang RI makin doyan gandum begini nasib beras. [Online]. CNBC Indonesia. Tersedia pada: [Diakses 06 Juli 2022].
[3] Sirine, H., dan Kurniawati, E. P., 2017. Pengendalian kualitas menggunakan metode Six Sigma. AJIE: Asian Journal of Innovation and Enterpreneurship, 2(3), 254-290.
[4] Nailah, Harsono, A., dan Liansari, G. P., 2014. Usulan perbaikan untuk mengurangi jumlah cacat produk sandal Eiger S-101 Lightspeed dengan menggunakan metode Six Sigma. Jurnal Rekra Integra: Jurnal Teknik Industri Itenas, 2(2). 256-267.
[5] Rohman, I. U., Sumarsono, H., dan Warni, D., 2022. Upaya Pengendalian Kualitas dengan metode Six Sigma –DMAIC pada UD. D’rent Bakery Ponorogo. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
[6] Mitra, A. 2012. Fundamental of quality control and improvement. 4th ed New Jersey: Willey.
[7] Besterfield, D. H., 2003. Total quality management. 3rd ed. New Jersey: Pretince Hall International, Inc. Tersedia pada: Z Library [Diakses 09 Februari 2023].
[8] Montgomery, D. C., 2012. Introduction to statistical quality control. 7th ed. New York: John Wiley & Sons, Inc.
[9] Tannady, H., 2015. Pengendalian kualitas. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Published
2024-02-07