Perancangan Strategi Pengembangan Usaha pada Coffee Shop menggunakan Pendekatan Blue Ocean Strategy

  • Abdul Fatah Rasyidi 10070216094 Teknik Industri
  • Rakhmat Ceha Teknik Industri, Fakultas Teknik
  • Asep Nana Rukmana Teknik Industri, Fakultas Teknik
Keywords: Strategi Pengembangan Usaha, Manajemen Strategi, Analisis SWOT

Abstract

Abstract. The intense competition between coffee shops requires coffee shop entrepreneurs to develop their business. Therefore, an appropriate business development strategy design is needed. One approach that can be used to develop business is the Blue Ocean Strategy approach. Blue Ocean Strategy is an innovative idea about creating market space without competitors by offering innovative product features that escape the attention of competitors. The aim of this research is to identify the activities currently used to manage the company under study, and propose strategies used by the company under study to increase competitiveness. Meanwhile, the results of this research show that the business strategy implemented by the company under study is currently in the red ocean zone. The strategy design with the implementation of the Blue Ocean Strategy, through a four-step framework, is to increase the variables of the concept of uniqueness and attractiveness, food and drink prices, promotions offered, prayer room and toilet facilities, parking, product quality, table and chair arrangement, friendliness and time. service; reducing menu variation variables; and the variables that need to be created are below market prices, free parking, product packaging that can be consumed (cookie cups), using a special and unique type of coffee that is not available on the market, super service, and a place to hang out. Through this four-step framework, X Coffee can move away (divergence). For the main focus, X Coffee focuses on product and service quality variables. Meanwhile, regarding an attractive slogan, researchers consider that the X Coffee slogan is good, easy to understand, and also has a good philosophy to attract consumers to come and tell stories at X Coffee.

Abstrak. Ketatnya persaingan antar coffee shop mengharuskan pengusaha coffee shop perlu melakukan pengembangan pada usahanya. Oleh sebab itu diperlukan suatu rancangan strategi pengembangan usaha yang tepat. Salah satu pendekatan yang bisa digunakan untuk melakukan pengembangan usaha adalah pendekatan Blue Ocean Strategy. Blue Ocean Strategy adalah suatu gagasan inovatif tentang menciptakan ruang pasar tanpa pesaing melalui tawaran fitur produk inovatif yang luput dari perhatian pesaing. Adapun tujuan penelitian ini yaitu mengidentifikasi aktivitas yang digunakan untuk mengelola perusahaan yang diteliti saat ini, dan mengusulkan strategi yang digunakan perusahaan yang diteliti untuk meningkatkan daya saing. Sedangkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi usaha yang diterapkan perusahaan yang diteliti saat ini berada dalam zona red ocean. Adapun rancangan strategi dengan penerapan Blue Ocean Strategy, melalui kerangka kerja empat langkah adalah dengan meningkatkan variabel konsep keunikan dan kemenarikan, harga makanan dan minuman, promosi yang ditawarkan, fasilitas musholla dan toilet, parkiran, kualitas produk, penataan meja dan kursi, keramahan dan waktu pelayanan; mengurangi pada variabel variasi menu; dan variabel yang perlu diciptakan adalah harga di bawah pasar, parkiran gratis, kemasan produk yang bisa dikonsumsi (cookie cup), menggunakan jenis kopi yang khas dan unik tidak ada dipasar, pelayanan super, dan tempat nobar. Melalui kerangka kerja empat langkah ini juga, X Coffee dapat melakukan gerakan menjauh (divergensi). Untuk fokus utama, X Coffee fokus pada variabel kualitas produk dan pelayanan. Sedangkan pada slogan yang menarik, peneliti menganggap bahwa slogan X Coffee sudah baik, mudah dipahami, dan juga memiliki filosofi yang baik untuk memikat konsumen untuk datang dan bercerita di X Coffee.

References

[1] Adicandra, A., 2017. Strategi pengembangan bisnis berdasarkan Blue Ocean
Strategy pada PT Inti Lautan Fajar Abadi. AGORA, 5(1), 1: 1-7.
[2] Ardian, S. 2017. Strategi pengembangan usaha kuliner Mie X, Surabaya dengan pendekatan Blue Ocean Strategy (BOS). S2. Institut Teknologi Sepuluh November.
[3] Astuti, Y., Zulkarnain, M., dan Mukarramah., 2019. Penerapan Blue Ocean Strategy pada Village Coffe di Kota Langsa. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, [e-journal], 1(1), 144-150.
[4] Husna, F. D., 2019. Analisis strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan penjualan ikan salai patin menggunakan metode AHP dan SWOT (Studi kasus: Kelompok Pengolah Putra Agung). S1. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
[5] Ikhwan, R., 2018. Analisis perancangan strategi dengan pendekatan Blue Ocean Strategy untuk meningkatkan penjualan dalam bisnis (Studi Kasus pada Kedai Kopi Nangkring). S1. Universitas Islam Indonesia.
[6] Kertajaya, H., 2007. 9 Seri elemen marketing: Hermawan Kertajaya on service. Bandung: Mizan.
[7] Kim, W. C., dan Mauborgne, R., 2016. Blue Ocean Strategy (Strategi Samudra Biru): Ciptakan ruang pasar tanpa pesaing dan biarkan kompetisi tak lagi relevan. Jakarta: Naura Book.
[8] Rangkuti, F. 2006. Analisis SWOT: teknik membedah kasus bisnis. Edisi 14. Jakarta: Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.
Published
2024-02-07