Perancangan Sistem Penilaian Kinerja Karyawan menggunakan Metode Human Resource Scorecard

  • Akhmad Fauzan Karomi 10070216058 Teknik Industri
  • A.Harits Nu'man Fakultas Teknik, Universitas Islam Bandung
  • Dewi Shofi Mulyati Fakultas Teknik, Universitas Islam Bandung
Keywords: Human Resource Scorecard, Kinerja Karyawan, Sistem Penilaian

Abstract

Abstract. PT Mitra Multi Teknik has not yet conducted standardized performance measurements for its employees, especially focusing on employee competencies without a comprehensive approach. This has resulted in significant challenges for the company, leading to decreased performance optimization, exemplified by employee tardiness, turnover rates, and increased consumer product complaint grievances. This research aims to measure employee performance, identify factors influencing performance at PT Mitra Multi Teknik, and design performance evaluation procedures. The study adopts the Human Resources Scorecard methodology, integrating human resources, strategy, and company performance to enhance competitiveness and excellence. This research covers four perspectives: financial, customer, internal business processes, and learning and growth. The research methodology involves identifying Key Performance Indicators (KPIs) aligned with the company's strategic objectives, designing objective strategies to determine value creation processes, and measuring KPIs using paired comparison and Expert Choice 11 software. The assessment system employs a Higher is Better, Lower is Better approach, categorized into Traffic Light Systems. A total of 17 KPIs were identified, distributed across financial, customer, internal business processes, and learning and growth categories. The overall employee performance score, based on measurable scores from each perspective, is 58.56%. Specifically, four KPIs were categorized as red, indicating significant discrepancies between achieved targets and expectations.

Abstrak. PT Mitra Multi Teknik belum melakukan pengukuran kinerja Karyawan secara  baku , terutama berfokus pada kompetensi karyawan tanpa pendekatan yang komprehensif. Hal ini telah menyebabkan tantangan yang signifikan bagi perusahaan, yang mengakibatkan penurunan optimalisasi kinerja, dicontohkan oleh keterlambatan karyawan, tingkat turnover, dan keluhan komplain produk konsumen yang meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja karyawan, mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja di PT Mitra Multi Teknik, dan merancang prosedur evaluasi kinerja. Penelitian ini mengadopsi metodologi Human Resources Scorecard, mengintegrasikan sumber daya manusia, strategi, dan kinerja perusahaan untuk meningkatkan daya saing dan keunggulan. Penelitian ini mencakup empat perspektif: keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, dan pembelajaran dan pertumbuhan. Metodologi penelitian melibatkan identifikasi Indikator Kinerja Utama (KPI) yang selaras dengan tujuan strategis perusahaan, merancang strategi obyektif untuk menentukan proses penciptaan nilai, dan mengukur KPI menggunakan perbandingan berpasangan dan perangkat lunak Expert Choice 11. Sistem penilaian menggunakan pendekatan Higher is Better, Lower Is Better, dengan hasil dikategorikan kedalam Traffic Light Systems.Sebanyak 17 KPI diidentifikasi, didistribusikan diseluruh kategori keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, dan pembelajaran dan pertumbuhan. Skor kinerja karyawan secara keseluruhan, berdasarkan skor terukur dari masing-masing perspektif, adalah 58,56%. Khususnya, empat KPI dikategorikan sebagai merah, menunjukkan perbedaan yang signifikan antara target yang dicapai dan harapan.

References

Daftar Pustaka
[1] Greer, C. R., 1995. Strategy and human resources: a general managerial perspective. New Jersey: Prentice Hall.
[2] Nawawi, H. 2003. Perencanaan SDM. Yogyakarta: Gajah Mada University
Press
[3] Ravianto, J. 1986. Produktivitas dan pengukuran. Jakarta: Lembaga Sarana Informasi Usaha.
[4] Becker, B. E., Huselid, M. A., dan Ulrich, D., 2009. The HR scorecard: mengaitkan manusia, strategi dan kerja. Jakarta: Esensi Erlangga.
Published
2024-02-07