Strategi Pengembangan Usaha dengan menggunakan Analisis SWOT dan Matriks QSPM

  • Husnulia Rahmi Dewi Teknik Industri
  • Nugraha Fakultas Teknik, Universitas Islam Bandung
  • Selamat Fakultas Teknik, Universitas Islam Bandung
Keywords: 7P, SWOT, QSPM

Abstract

Abstract. The development of the food industry, especially Bandung City experienced growth and resulted in competition. PD Alam Makmur is a company in the food sector, the problem faced is the decline in sales of meatball products due to companies that do not keep up with the times and experience a decrease in revenue. This research is expected to overcome the problems experienced by PD Alam Makmur, by carrying out business development strategies in order to increase sales of PD Alam Makmur meatball products. By identification using the 7P Marketing Mix (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Phusical Evidence), then determining internal and external factors based on 7P variables. Then a business development strategy was designed using the SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threats) method, resulting in a strategy that can increase sales of PD Alam Makmur meatball products with the QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) matrix. The results of the study can provide information based on internal and external factors, aspects that can affect PD Alam Makmur's business development strategy based on internal factors, namely optimizing meatball products with varied variants offered. If based on external factors is to use social media to get a wider market share. The design of business development strategies that can be done by PD Alam Makmur is to implement growth and development strategies. The alternative strategy chosen based on the QSPM matrix is to form a team that focuses on selling halal-certified meatball products online in order to expand market share.

Abstrak. Perkembangan industri makanan, khususnya Kota Bandung mengalami pertumbuhan dan mengakibatkan persaingan. PD Alam Makmur merupakan perusahaan dalam bidang makanan, permasalahan yang dihadapi yaitu menurunnya penjualan produk bakso akibat perusahaan yang tidak mengikuti perkembangan jaman dan mengalami penurunan pendapatan. Penelitian ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan yang dialami PD Alam Makmur, dengan melakukan strategi pengembangan usaha agar dapat meningkatkan penjualan produk bakso PD Alam Makmur. Dengan indentifikasi menggunakan Bauran Pemasaran 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Phusical Evidence), lalu dilakukan penentuan faktor internal dan eksternal berdasarkan variabel 7P. Kemudian dilakukan perancangan strategi pengembangan usaha menggunakan metode SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threats), menghasilkan strategi yang dapat meningkatkan penjualan produk bakso PD Alam Makmur dengan matriks QSPM (Quantitative Strategic Planning Matriks). Hasil dari penelitian dapat memberikan informasi berdasarkan faktor internal dan eksternal, aspek yang dapat mempengaruhi strategi pengembangan usaha PD Alam Makmur berdasarkan faktor internal yaitu mengoptimalkan produk bakso dengan varian yang ditawarkan bervariasi. Jika berdasarkan faktor eksternal adalah memanfaatkan media sosial agar mendapat pangsa pasar yang lebih luas. Perancangan strategi pengembangan usaha yang dapat dilakukan PD Alam Makmur adalah menerapkan strategi pertumbuhan dan pembangunan. Adapun alternatif strategi terpilih berdasarkan matriks QSPM yaitu dengan membentuk tim yang berfokus untuk melakukan penjualan produk bakso bersertifikat halal secara online agar dapat memperluas pangsa pasar.

References

[1] Kotler, P. dan Armstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga. Djaslim S. Intisari Pemasaran dan Unsur-unsur Pemasaran. Bandung: Linda Karya; 2003.
[2] PD Alam Makmur. (2023). Dokumen produksi Bakso. Kota Bandung.
[3] Perbawa, I.P.R., Praptono, B., dan Hadi, R.M.E. (2020). perumusan strategi pemasaran hideaway swing menggunakan metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). eProceedings of Engineering, 7(2), 6302-6309.
[4] Rachmat. (2014). Manajemen strategik. Bandung: CV Pustaka Setia.
[5] Rangkuti, F. (2014). Analisis SWOT teknik membedah kasus bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Published
2024-02-06