Perancangan Solusi Perbaikan Kualitas untuk Menurunkan Tingkat Kecacatan Produk Plastik

  • Elsa Marlianda 10070218030 Teknik Industri
  • Asep Nana Rukmana Teknik Industri
Keywords: Disability, SHERPA, HEART

Abstract

Abstract. CV. Indah Jaya Plastik is a manufacturing company that focuses on the production of plastic bags. There are three types of plastic produced, including Linear Low Density Polyethylene (LLDPE), High Density Polyethylene (HDPE) and the last type of plastic, namely Polypropylene (PP). The company was identified as having problems that could result in losses, namely the occurrence of defects during the production process. Based on the data obtained, the highest level of defects is found in the LLDPE plastic type, around 5.30%. This research aims to identify the causes of errors and repair efforts using the SHERPA and HEART methods. Based on research results, the factors that cause defects are human factors and machine factors. The repair solutions implemented include the company implementing SOPs, carrying out regular supervision, providing simple tools, checking machines before use and making machine cleaning schedules.

Abstrak. CV. Indah Jaya Plastik adalah sebuah perusahaan manufaktur yang berfokus pada produksi kantong plastik, terdapat tiga jenis plastik yang di produksi antara lain jenis plastik Linear Low Density Polyethylene (LLDPE), High Density Polyethylene (HDPE) dan jenis plastik terakhir yaitu Polypropylene (PP). perusahaan teridentifkasi memiliki permasalahan yang dapat mengakibatkan kerugian yaitu terjadinya kecacatan saat proses produksi. Berdasarkan data yang diperoleh tingkat kecacatan paling tinggi terdapat pada jenis plastik LLDPE sekitar 5,30%. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifkasi penyebab terjadinya kesalahan dan upaya perbaikan dengan menggunakan metode SHERPA dan HEART. Berdasarkan hasil penelitian faktor-faktor penyebab terjadinya kecacatan yaitu faktor manusia dan faktor mesin. Adapun solusi perbaikan yang dilakukan yaitu perusahaan menerapkan SOP, dilakukan pengawasan secara teratur, menyediakan alat sederhana, melakukan pengecekan mesin sebelum digunakan dan pembuatan jadwal pembersihan mesin.

References

[1] Zetli, S. (2021). Analisis Human Error dengan Pendekatan Metode SHERPA dan HEART pada Produksi Batu Bata UKM Yasin. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 7(2), 147-156.
[2] Kirwan, B. (2017). A Guide To Practical Human Reliability Assessment. CRC Press.
[3] Kusuma, F. (2017). Human Reliability Assessment Sebagai Upaya Pengurangan Human Error Dalam Penerapan K3 (Studi Kasus di Produksi Coklat).
[4] Stanton. N. A, dkk (2010). Human Factor in The Design and Evalution of Central Control Room Operation.
[5] Wilson. J. R & Corlett E. N. (1995). Evaluation of Human Work. A practical ergonomic methodology.
Published
2024-02-06