Usulan Perbaikan Strategi Pemasaran Berbasis Reseller dengan Metode Analysis SWOT untuk Meningkatkan Volume Penjualan

  • Nopriyandi 10070214056 Teknik Industri
  • Dewi Shofi Mulyati Fakultas Teknik, Universitas Islam Bandung
Keywords: Strategi Pemasaran, analisis SWOT, RIS

Abstract

Abstract. Regional RIS is a reseller business that has been running for ±5 years. The sales system is carried out by resellers. To meet operational costs every month, the sales target is at least 4,000 pcs per month. The target is set based on the calculation factor of monthly operating costs required by RIS Regional. To meet operational costs, RIS Regional sets monthly sales at 4,000 units. Currently, Regional RIS conducts a product sales marketing system in a conventional way or has not used technology. So that sales cannot meet the target. With the conduct of this research, it is expected to determine the strategy implemented to increase RIS Regional revenue and know the internal and external conditions of the company. This study used the SWOT analysis method. SWOT analysis is efficient of various variables to know the procedures of the organization. "This analysis is based on logic that can maximize strengths and opportunities, but at the same time can minimize weaknesses and threats. The conclusion of this study is that the internal condition of "RIS Regional" has a value of 3.7842 on the strength factor and -1.25 on the weakness factor. External conditions are valued at 3.50 on the odds factor and 2.5704 on the threat factor. So that the resulting SO methodology can be utilized by the organization. This must be seen from quadrant 1, especially by utilizing a strong framework, organizations can leverage existing strengths and open doors. It is ideal to apply and use the power of the organization to capture the potential of open doors that the organization has. Utilize limited-time media that is appropriate to the market that the organization will target. Develop the type of goods and guarantee the efficacy of the advertised goods. Offer the greatest support to buyers. Organizations can set serious costs to avoid threats from business development in similar areas.

Abstrak.Regional RIS merupakan bisnis reseller yang sudah berjalan ±5 tahun. Sistem penjualannya dilakukan oleh reseller. Untuk memenuhi biaya operasional setiap bulannya, target penjualan minimal 4.000 pcs per bulan. Target tersebut ditetapkan berdasarkan faktor perhitungan biaya operasional bulanan yang dibutuhkan RIS Regional. Untuk memenuhi biaya operasional, RIS Regional mematok penjualan bulanan sebanyak 4.000 unit. Saat ini Regional RIS melakukan sistem pemasaran penjualan produk dengan cara konvensional atau belum menggunakan teknologi. Sehingga penjualan tidak dapat memunuhi target. Dengan dilakukannya penelitian ini di harapkan dapat menentukan strategi yang diimplementasi guna menaikan pendapatan Regional RIS serta mengetahui kondisi internal dan eksternal perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT. Analisis SWOT adalah efisien dari berbagai variabel untuk mengetahui prosedur organisasi. “Analisis ini didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan (strength) dan peluang (opportunities), namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (weaknesses) dan ancaman (threats). Kesimpulan dari penelitian ini adalah kondisi internal “RIS Regional” mempunyai nilai sebesar 3,7842 pada faktor kekuatan dan -1,25 pada faktor kelemahan. Kondisi eksternal bernilai 3,50 pada faktor peluang dan 2,5704 pada faktor ancaman. Sehingga dihasilkan metodologi SO yang dapat dimanfaatkan oleh organisasi. Hal ini harus dilihat dari kuadran 1, apalagi dengan memanfaatkan kerangka yang kuat, organisasi dapat memanfaatkan kekuatan yang ada dan pintu yang terbuka. Sangat ideal untuk menerapkan dan menggunakan kekuatan organisasi untuk menangkap potensi pintu terbuka yang dimiliki organisasi. Memanfaatkan media berbatas waktu yang sesuai dengan pasar yang akan dibidik organisasi. Mengembangkan jenis barang dan menjamin khasiat barang yang diiklankan. Menawarkan dukungan terbesar kepada pembeli. Organisasi dapat menetapkan biaya yang serius untuk menghindari ancaman dari pengembangan bisnis di bidang serupa.

References

Angga Martha dan Saino, (2015), SWOT Analisis Sebagai Perencanaan Strategi Pemasaran dalam Upaya Membangkitkan Usaha Sepatu di Pusat Perkulakan Sepatu Trowulan Kab. Mojokerto, Jurusan Pend.Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya.

Ari Juwita (2019), Analisis Swot Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Pada Usaha Furniture Di Some Renders Madiun Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
Published
2024-02-06