Strategi Komunikasi Dakwah DT Peduli Bandung dalam Memberdayakan Ekonomi Umat Islam di Kota Bandung

  • Hafidz Ramadhan Komunikasi Penyiaran Islam, Dakwah
  • Komarudin Shaleh Komunikasi Penyiaran Islam, Dakwah
  • N. Sausan Muhammad Sholeh Komunikasi Penyiaran Islam, Dakwah
Keywords: Strategi Komunikasi Dakwah, Pemberdayaan, Kesejahteraan

Abstract

Abstract. The problem of poverty that has increased after the pandemic has affected the economic sector which has also decreased, including in the city of Bandung, so that an empowerment effort is needed, especially for the majority of the people of Bandung, namely the Muslim community. This research aims to find out how the da'wah communication strategy carried out by DT Peduli Bandung in empowering the economy of Muslims in Bandung City. This type of research is qualitative with descriptive analysis method and data collection by interview, observation and documentation. The results of this study indicate that the da'wah communication strategy carried out by DT Peduli Bandung in empowering the economy of Muslims in Bandung City is by da'wah bil haal or real action through mentoring activities to the community in which education is given related to the economy and spiritual cultivation. This leads to welfare as a result of empowerment, which is seen from two indicators in the form of quantitative or qualitative changes. Quantitative changes are characterized by increased income while qualitative changes are characterized by an increase in the spiritual side of the community.

Abstrak. Permasalahan kemiskinan yang kian meningkat pasca pandemi berpengaruh kepada sektor ekonomi yang ikut menurun termasuk di Kota Bandung, sehingga perlunya sebuah upaya pemberdayaan terutama kepada mayoritas masyarakat Kota Bandung yakni masyarakat yang beragama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi dakwah yang dilakukan DT Peduli Bandung dalam melakukan pemberdayaann ekonomi umat Islam Kota Bandung. Jenis penelitian ini kualitatif dengan metode deskriptif analisis serta pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi dakwah yang dilakukan DT Peduli Bandung dalam pemberdayaan ekonomi umat Islam Kota Bandung ialah dengan dakwah bil haal atau tindakan nyata melalui kegiatan pendampingan kepada masyarakat yang didalamnya diberikan edukasi terkait ekonomi dan penanaman spiritual. Hal itu membawa pada kesejahteraan sebagai hasil dari pemberdayaan yakni dilihat dari dua indikator yang berupa adanya perubahan kuantitatif ataupun kualitatif. Perubahan kuantitatif ditandai dengan bertambahnya pendapatan sedangkan perubahan kualitatif ditandai dengan meningkatnya sisi ruhiyah masyarakat.

References

Achmad Mubarok. 2006. Psikologi Dakwah. Jakarta : Prenandamedia Group.

Gatot Kunta dan Ganjar. 2019, Selayang Pandang Daarut Tauhiid. Bandung : MQS.

Rifat Alhamidi. 2022, Data BPS: Jumlah Warga Miskin dan Pengangguran Bertambah di Bandung, https://www. google.com/amp/s/www.detik.com/ jabar/sepakbola/d-6090967/data- bps-jumlah-warga-miskin-dan-pengangguran-bertambah-di-bandung/amp, diakses pada 27 Februari 2023.

Zakariya Batubara, “Islam dan Pemberdayaan Ekonomi Umat”, Iqtishaduna : Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, Vol. 2, No. 2, 2013.

Mamik. 2015. Metodologi Kualitatif. Sidoarjo : Zifatama Publisher.

Salsabila Miftah Rezkia. 2020, Langkah-langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif, https://www.dqlab.id/data-analisis-pahami-teknik-pengumpulan-data, diakses pada 20 Mei 2023.

Fauzan Nur Ramdani. 2022, Kota Bandung dan Sisi Gelapnya Kesenjangan Sosial dan Angka Kemiskinan Dampak Pandemi, https://www.google.com/ amp/s/www.kompasiana.com/amp/ fauzanramdani01/635a4aaa4addee1aff2e085 3/kota-bandung-dan-sisi-gelapnya-kesenjangan-sosial-dan-angka-kemiskinan-dampak-pandemi, diakses pada 05 Juli 2023.

https://bandungkota.bps.go.id, Badan Pusat Statistik Kota Bandung Ofiicial Website, diakses 06 Juli 2023.

Riadi, Mukhlisin. 2020. Pendekatan, Strategi dan Bentuk Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, https://www.kajianpustaka.com/2020/01/pendekatan-strategi-dan-bentuk-pemberdayaan-ekonomi-masyarakat.html, diakses pada 19 Mei 2023.

Wiryanto. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : Grasindo.

Published
2023-08-08