Manajemen Dakwah Media Digital Akun YouTube Al-Hudaa TV

Studi Deskriptif Kualitatif Manajemen Dakwah Media Dakwah Digital Akun YouTube Al-Hudaa TV

  • Muhamad Ramdhani Nur Hidayah Universitas Islam Bandung
  • M. Wildan Bin H. M. Yahya Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah
  • Muhammad Fauzi Arif Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah
Keywords: Manajemen, Dakwah, Media, Digital, Youtube

Abstract

Abstract. The Management of Digital Media in Islamic Propagation as a New Medium in the Present Time. The digital era and the internet have made it easier for people to access various information. Islamic propagation in the present era has started to utilize digital media, including YouTube. The development of Islamic propagation through YouTube presents an opportunity for the community to enhance the brotherhood of enjoining good and forbidding evil, as YouTube has become a prominent digital media platform up to the present. The purpose of this research is to understand the management of Islamic propagation created through the digital media platform of Al-Hudaa TV's YouTube account, with the application of POAC, namely planning, organizing, Actuating, and controlling. This research utilizes the theories of three figures, namely Frederick Winslow Taylor, Henry Fayol, and George R Terry, regarding the basic functions of management. The research employs a qualitative method with a descriptive approach. Data collection techniques include observation, interviews, and documentation. The findings of the research reveal the community's knowledge regarding the management of Islamic propagation through digital media on the Al-Hudaa TV YouTube account. However, there are challenges in the management of Islamic propagation, namely the limited contribution of the Al-Hudaa TV studio management, resulting in a lack of well-planned initiatives due to their busy schedules. Additionally, a program design is proposed, which involves creating podcasts and carrying out livestreaming assignments during religious lectures at the mosque.

Abstrak. Manajemen dakwah media digital menjadi sebuah media baru di masa kini. Era digital dan internet memudahkan masyarakat untuk mengakses berbagai informasi. Dakwah di era sekarang sudah mulai menggunakan media digital salah satunya youtube. Perkembangan dakwah melalui youtube menjadi sebuah peluang bagi masyarakat untuk meningkatkan ukhuwah amar makruf nahyi munkar karena youtube menjadi sebuah media digital yang sering tersorot hingga saat ini. Tujuan penelitian ini adalah, mengetahui manajemen dakwah yang dibuat melalui media digital akun youtube Al – Hudaa TV dengan penerapan POAC yaitu, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Penelitian ini menggunakan teori 3 tokoh yaitu, Frederick Winslow Taylor, Henry Fayol, dan George R Terry mengenai teori fungsi dasar manajemen. Adapun metode yang digunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang didapatkan adalah pengetahuan masyarakat terhadap manajemen dakwah melalui media digital pada akun youtube  Al – Hudaa TV. Adapun kendala pada manajemen dakwahnya yaitu, masih kurangnya kontribusi pada pengurus studio Al – Hudaa TV yang menyebabkan kurangnya pergerakkan dengan matang karena kesibukkan pengurusnya. Terdapat juga rancangan program yang dibuat yaitu membuat podcast dan menjalani penugasan livestreaming pada kajian di masjid.

References

Boyd, D., & Ellison, N. (2007). Situs Jejaring Sosial: Definisi, Sejarah, dan Beasiswa. Jurnal Komunikasi Media Komputer, 13(1).

Damayanti Sari. 2016. Ilmu Dakwah: Dalil, Kewajiban, dan Unsur – unsur Dakwah Dalwam Tinjauan Community Development. Jurnal Sari Damayanti, Lampung : UIN Raden Intan Lampung.

Wibowo Ari. 2020. Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, Vol. 02. Bangka Belitung : IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik.

Herdiansyah, H. 2010, Penelitian untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Jaja Raharja Sam’un, “Menciptakan Harmoni Dalam Organisasi Perusahaan: Rekontruksi Pemikiran Frederick W. Taylor” dalam Jurnal Sosiohumaniora, No. 3, Vol IX, Tahun 2007.

Fayol, Henri. 1916. Administration Industrielle et Générale. Paris: Dunod. Cet. Ke-27

Published
2023-08-08