Peran Bitread sebagai Indie Publishing dalam Upaya Mensyiarkan Islam

  • Ervina Rizqi Purwaningrum Fakultas Dakwah
  • Ida Afidah
  • Parihat Kamil
Keywords: Peran penerbit, Indie Publishing, Syiar Islam

Abstract

Abstract. There is nothing in every Muslim who will be missed or freed from his obligation to carry out the commands of Allah Swt, namely the task of preaching Islam. In preaching itself, there are many ways or methods that can be used. One of them is through writing, which is a way of spreading Islam with the method of da'wah bil qalam. This research uses a qualitative type with a descriptive analysis method to reveal the role of Bitread as an Indie Publishing in an effort to broadcast Islam. In conducting the research, researchers used methods such as interviews, observation and documentation as data collection methods. The results of this study show that Bitread plays a role in trying to spread Islam even though it is not written in its vision and mission. The efforts made by Bitread as Indie Publishing are through literacy. Which is where the syiar Islam carried out by Bitread is through da'wah bil qalam or through writing, but not only publishes Islamic books but seeks to expand the network of cooperation programs and with institutions with Islamic content. Besides that, Bitread is experiencing obstacles in pursuing Islamic Syiar which lies in the complexity of institutional capabilities, namely the ability of its human resources to validate the input of Islamic texts, as well as the crisis of Islamic texts that enter the institution.

Abstrak. Tidak ada disetiap diri muslim yang akan terlewatkan atau terbebaskan dari kewajibannya menjalankan perintah Allah Swt yakni tugas dalam mensyiarkan Islam. Dalam berdakwah ini sendiri banyak cara ataupun metode yang dapat digunakan. Salah satunya melalui tulisan, yang dimana ini merupakan cara syiar Islam dengan metode dakwah bil qalam. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan metode analisis deskriptif untuk mengungkap peran Bitread sebagai Indie Publishing dalam upaya mensyiarkan Islam. Dalam melakukan penelitian, peneliti menggunakan metode berupa wawancara, observasi dan dokumentasi digunakan sebagai metode pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa lembaga Bitread berperan dalam mengupayakan syiar Islam walaupun secara tertulis pada visi dan misinya tidak tertera. Upaya yang dilakukan oleh Bitread sebagai Indie Publishing ini dengan melalui literasi. Yang dimana syiar Islam yang dilakukan Bitread ini melalui dakwah bil qalam atau melalui tulisan, namun tidak hanya menerbitkan buku-buku Islami saja akan tetapi mengupayakan dengan meluaskan jejaring kerja sama program maupun dengan lembaga-lembaga yang bermuatan ke-Islaman. Disamping hal itu, Bitread ini mengalami hambatan dalam mengupayakan Syiar Islam yang mana terletak pada kompleksitas kapabilitas dilembaganya yaitu kemampuan sumber daya manusianya dalam memvalidasi input naskah yang bermuatan ke-Islaman, serta krisisnya naskah Islami yang masuk pada lembaga tersebut.

References

Anita Hairunnisa, CEO Bitread Publishing “Wawancara” di Kantor Bitread, 31 Maret 2023.

Asep S. Muhtadi. 2000. Pers dan Penyebaran Pesan-Pesan Agama, Bandung : Pustaka Press.

M. Nafitri, Bab II Kajian Teori Manajemen, _dalam eprints.uny.ac.id_diunduh_5/7/2023_pkl. 11.07 Wib.

Nurfitriani, M.M. 2022. Buku Ajar Manajemen Strategi. Makassar: Cendekia Publisher, cet.1.

Rijal Mamdud, Dakwah Islam Di Media Massa, dalam Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol.3 No 1, September 2019.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D, Bandung : Alfabeta, Cet.11.

Ulfa Dwiningrum, dkk. Metode Dakwah dalam Novel Hanif Dzikir dan Pikir Karya Reza Nufa, dalam jurnal komunikasi penyiaran islam Unisba.

Wahyu Eko Saputra, Redaktur Pelaksana Bitread Publishing, “Wawancara” di Google Meet, 23 Mei 2023.

Winingsih,”Laporan Program Pengalaman Lapangan Nonkependidikan Di Bitread Digital Publishing”, Tahun 2022.

Published
2023-08-07