Pengaruh Desain Komunikasi Visual pada Akun Instagram @sirah.nabawiyah terhadap Pemahaman Sejarah Nabi Para Followersnya

  • Khanza Khairunnisa Zain Khanza UNISBA
  • Nia Kurniati Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Unisba
Keywords: Pengaruh, DKV, Sejarah Nabi, Pemahaman

Abstract

Abstract. Technological advancements have made preaching through Instagram easier with visual communication design. The elements used in visual communication design make the preaching material (the history of Prophet) more appealing than reading thick biographical books. The Instagram account @sirah.nabawiyah preaches about the history of Prophet Muhammad.This research aims to determine the influence of visual communication design on the understanding of the Prophet’s history and measure the level of interest among followers towards the visual communication design of the @sirah.nabawiyah account. The research method used in this study is quantitative. The data analysis techniques employed include validity testing, reliability testing, classical assumption testing, simple linear regression analysis, coefficient of determination testing, and hypothesis testing. The research findings, based on the results of the hypothesis test with a significance valu of 0.024 < 0.05, indicate that Ho is rejected, and the Ha is accepted, suggesting an influence of visual communication design on the @sirah.nabawiyah Instagram account. The magnitude of the influence of visual communication design on follower interest, as tested using the coefficient of determination is 26.4%, meaning it has an effect but is not significant.

Abstrak. Kemajuan teknologi memudahkan dakwah melalui Instagram dengan desain komunikasi visual. Elemen – elemen yang digunakan desain komunikasi visual membuat materi dakwah (sejarah Nabi) lebih menarik daripada membaca buku sirah yang tebal. Akun Instagram @sirah.nabawiyah berdakwah tentang sejarah Nabi Muhammad SAW. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh desain komunikasi visual terhadap pemahaman sejarah Nabi dan mengukur besaran ketertarikan followers terhadap desain komunikasi visual akun @sirah.nabawiyah Metode dalam penelitian ini kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier sederhana, uji koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian jika dilihat dari hasil nilai sig uji hipotesis 0.024 < 0.05 berarti Ho ditolak, Ha diterima, terdapat pengaruh desain komunikasi visual pada akun Instagram @sirah.nabawiyah. Dan besaran pengaruh desain komunikasi visual akun @sirah.nabawiyah terhadap ketertarikan followers yang diuji menggunakan koefisien determinasi yaitu 26,4% artinya berpengaruh namun tidak signifikan.

Kata kunci: Pengaruh, DKV, Sejarah Nabi, Pemahaman

References

[1] Agus Setiawan, “Pencapaian Sense Of Design Dalam Perancangan Desain Komunikasi Visual” dalam Jurnal Andharupa, No. 2, Vol. 2, Tahun 2016.
[2] Irawan Benny, Tesis: “Urgensi Mempelajari Sejarah Dalam Perspektif Al Quran”(Banjarmasin, UIN Antasari, 2015).
[3] Rayzal Syarbini, Tesis: “Pengaruh Terpaan Tayangan Nussa Official di Youtube Terhadap Perilaku Keberagamaan” (Malang, UMM, 2020).
[4] Witanti Prihatiningsih, “Motif Pengunaan Media Sosial Instagram Di Kalangan Remaja” dalam Jurnal Communication, No. 1, Vol. VIII, Tahun 2017.
Published
2023-08-27