Pengaruh Instagram sebagai Trend Media Dakwah terhadap Sikap Keagamaan

Studi pada Followers Akun Instagram @Ridwan.R_One

  • Fiska Amalia Universitas Islam Bandung
  • M. Wildan Yahya Dakwah
Keywords: Dakwah, Instagram

Abstract

Abstract. The purpose of this study is to determine how much influence the @Ridwan.r_one Instagram account has on the followers' worship behavior, understanding of faith and also morals towards others (hablumminannas). In this study using quantitative research methods with data analysis techniques using simple linear regression, with a descriptive approach to describe how the influence of the @Ridwan.r_one Instagram account on the religious attitudes of its followers. From the research results obtained that the @Ridwan.r_one Instagram account affects the worship behavior of its followers, be it prayer, reading the Koran, alms, and also, the @Ridwan.r_one Instagram account affects the understanding of the faith of its followers. By looking at the Instagram account, the followers understand more about the Islamic faith so that the followers are closer to Allah and believe in every destiny that has been determined by Allah in their lives. In addition, the @Ridwan.r_one Instagram account also affects social attitudes towards others (habluminnanas), which makes followers like to help others and do good to others.

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh akun Instagram @Ridwan.r_one terhadap perilaku ibadah para followers, pemahaman akidah dan juga akhlak terhadap sesama (hablumminannas). Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana, dengan pendekatan deskriptif untuk menggambarkan tentang bagaimana pengaruh akun Instagram @Ridwan.r_one terhadap sikap keagaamaan followers-nya. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa akun instagram @Ridwan.r_one berpengaruh terhadap perilaku ibadah para followers-nya, baik itu ibadah salat, membaca Al-quran, sedekah, dan juga, akun Instagram @Ridwan.r_one berpengaruh terhadap pemahaman akidah para followers-nya. Dengan melihat akun Instagram tersebut, para followers lebih paham akan akidah Islam sehingga para followers lebih mendekatkan diri kepada Allah serta meyakini setiap takdir yang telah ditetapkan allah didalam kehidupannya. Selain itu, akun instagram @Ridwan.r_one juga berpengaruh terhadap sikap sosial kepada sesama (habluminnanas), yang menjadikan para followers suka dalam membantu orang lain dan berbuat baik kepada sesama).

References

Wahyunanda Kusuma Pertiwi, Separuh Penduduk Indonesia Sudah "Melek" Media, https://tekno.kompas.com/read/2019/02/04/19140037/separuh-penduduk-indonesia-sudah melek-media-sosial, diakses pada tanggal 7 Oktober 2019.

Andi Dwi Riyanto, Hootsuite (We are Sosial): Indonesian Digital Report 2019, https://andi.link/hootsuite-we-are-sosial-indonesian-digital- report-2019/, diakses pada tanggal 7 Oktober 2019.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Nasional. (1996). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Kamaluddin, Pesan Dakwah, dalam Jurnal Kajian ilmu Keislaman, No. 2, Vol. 02, Tahun 2016.

Published
2023-08-07