Metode Dakwah Nahdlatul Ulama dalam Konten Akun Instagram NU Online Id

  • Nadiyah Muthoharoh Komunikasi Penyiaran Islam, Dakwah
  • Bambang S. Ma'arif Komunikasi dan Penyiaran Islam, Dakwah
  • Asep Ahmad Siddiq Komunikasi dan Penyiaran Islam, Dakwah
Keywords: Metode Dakwah, Media Dakwah, Instagram @nuonline_id

Abstract

Abstract. Along with the times, technology and information have progressed rapidly. Everything that was originally conventional or traditional, can now be done in a modern way, digitally. The same goes for preaching. In the past, da'wah was only carried out by way of sermons, through face-to-face meetings, or through routine recitations at the mosque. Currently, da'wah can be done by adapting to the times. Da’wah can be carried out through digital media that are easily accessible, as is the case with Instagram social media. This study aims to find out the Nahdlatul Ulama da’wah method as one of the Islamic community organizations that often spreads its da’wah messages through content on the Instagram account @nuonline_id. This type of research is qualitative with descriptive-analytical method. Using the theory of content analysis, as well as the theory of da'wah methods. The results of the study show that one of the da'wah methods often used by NU in the content of the Instagram account @nuonline_id is the ammah, tadwin and bil-hikmah da'wah methods. This da'wah method is applied to all content on his Instagram account, such as QnA, videos/reels, news, and also quotes. With segmentation of wedding content, syari'ah, bahtsul masail, and also entertainment.

Abstrak. Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi serta informasi mengalami kemajuan yang pesat. Segala sesuatu yang awalnya serba konvensional atau tradisional, kini dapat dilakukan dengan cara yang modern, secara digital. Begitu pula halnya dengan dakwah. Dahulu dakwah hanya dilakukan dengan cara khutbah, melalui tatap muka secara langsung, atau melalui pengajian rutin di masjid. Saat ini, dakwah dapat dilakukan dengan adaptasi terhadap perkembangan zaman. Dakwah dapat dilaksanakan melalui media-media digital yang telah mudah diakses, seperti halnya dalam media sosial Instagram. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui metode dakwah Nahdlatul Ulama sebagai salah satu organisasi masyarakat Islam yang kerap menyebarkan pesan dakwahnya melalui konten pada akun Instagram @nuonline_id. Jenis penelitian ini ialah kualitatif dengan metode deskriptif-analisis. Menggunakan teori analisis isi, serta teori metode dakwah. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya metode dakwah yang kerap digunakan oleh NU pada konten akun Instagram @nuonline_id salah satu di antaranya ialah metode dakwah ammah, tadwin serta bil-hikmah. Metode dakwah tersebut diterapkan dalam seluruh konten akun Instagramnya, seperti QnA, video/reels, warta, dan juga quotes. Dengan segmentasi konten pernikahan, syari’ah, bahtsul masail, dan juga hiburan.

References

Sarwono, et.al, Komunikasi Massa, 3rd ed, (Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2018)

Setiadi, Ahmad. 2016. “Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektifitas Komunikasi.”

Syamsuddin. 2013. Buku Daras UIN Alauddin “Sosiologi Dakwah”. Makassar: Alauddin University Press

Basit, Abdul. 2013. “Dakwah Cerdas Di Era Modern.” 03

Sosial Media Ini Paling Eksis di Indonesia, dalam https://www.bhinneka.com/blog/5-sosial-media-ini-paling-eksis-di-indonesia/ diakses 30 Maret 2023

Samsul Munir Amin, 2009. Ilmu Dakwah, (Jakarta: Penerbit Amzah)

Munawar AM. 2021, https://pcnucilacap.com/6-ciri-khas-dakwah-nahdlatul-ulama-nu/, diakses 18 Februari 2023

Mohammad Nazir. 2005, Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Febriani Eka Supriatin dkk. 2022, Buku Ajar Metodologi Penelitian, Bandung: Cendekia Publisher.

Zuchri Abdussamad. 2021, Metode Penelitian Kualitatif, Makassar: Syakir Media Press.

Published
2023-08-07