Analisis Isi Pesan Dakwah pada Novel “Kemi: Cinta Kebebasan Yang Tersesat” Karya Dr. Adian Husaini

  • Arin Kharisma Dewi Dakwah-Komunikasi Penyiaran Islam
  • Ida Afidah
  • N. Sausan M. Soleh
Keywords: Analisis Isi, Media Dakwah, Novel, Content Analysis, Da'wah Media

Abstract

Abstract. The purpose of this study is to find out what da'wah messages are contained in Kemi's novel: Cinta Kebebasan Yang Tersesat by Dr. Adian Husaini. This study uses content analysis from Miles and Huberman, which is often used to examine da'wah messages. By using a qualitative approach which aims to find the meaning of words and sentences, as well as specific meanings, depending on a literary work. In this thesis research, the author categorizes the contents of da'wah messages to find out the da'wah messages in Kemi's novel: Cinta Kebebasan Yang Tersesat. Based on the results of the data obtained, it is the contents of Kemi's novel: Cinta Kebebasan Yang Tersesat, there are many da'wah messages contained in the novel including: Messages of Aqidah, messages of Sharia and messages of Morals. The contents of the messages examined in the novel include narratives and dialogues that contain da'wah messages contained therein. From the categories of messages mentioned there are sub categories including: messages belief covering, tawakal, istiqomah andpiety. Sharia messages include: prayer, prayer and muamalah. Moral messages include: patience, sincerity, gratitude.

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pesan dakwah apa saja yang terkandung dalam novel Kemi : Cinta Kebebasan Yang Tersesat Karya Dr. Adian Husaini. Penelitian ini menggunakan penelitian isi (content analysis) dari Miles and Huberman yang sering kali digunakan untuk mengkaji pesan-pesan dakwah. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mencari makna kata maupun kalimat, serta makna tertentu, tergantung dalam sebuah karya sastra. Di dalam penelitian skripsi ini, Penulis mengkategorikan isi pesan dakwah untuk mengetahui pesan dakwah dalam novel Kemi : Cinta Kebebasan Yang Tersesat. Berdasarkan hasil data yang diperoleh adalah isi novel Kemi : Cinta Kebebasan Yang Tersesat itu terdapat banyak Pesan dakwah yang terdapat dalam novel itu meliputi : Pesan Akidah, pesan Syariah dan pesan Akhlak. Isi pesan yang diteliti dalam novel tersebut meliputi narasi dan dialog yang berisikan pesan dakwah yang terdapat dalamnya. Dari kategori pesan yang disebutkan terdapat sub kategori diantaranya: pesan akidah meliputi, tawakal, istiqomah dan takwa. Pesan syariah meliputi: shalat, doa dan muamalah. Pesan akhlak meliputi: sabar, ikhlas, syukur.

References

Dwi Anggraini & Trie Utari Dewi 2021, Metafora Seksual dalam Sastra Cyber dan Dampak Negatifnya Terhadap Masyarakat (SENASBASA).

Irzum Farihah. 2013, Media Dakwah Pop (AT-TABSYIR, Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam)

Jumal Ahmad, Desain Penelitian Analisis Isi (Content Analysis) (UIN Syarif Hidayatullah)

K. H. M. Isa Anshary. 1991, Mujahid Da’wah, (Diponegoro, Bandung)

Laily Fitriani, Sastra Cyber di Indonesia, Universitas Islam Negeri Malang.

Lisandi, Ahmad. 2014. Analisis Isi Pesan Dakwah Dalam Buku Pejuang Subuh Karya Hadi E. Halim (Sarjana Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Rachmania, Iis. 2013. Analisis Isi Pesan Dakwah Dalam Novel UMMI Karya Asma Nadia (Sarjana Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Subardjo, Jakob. 2004. Seluk Beluk dan Petunjuk Menulis Novel dan Cerpen. Bandung: Pustaka Latifah.

Sugiyono. 2013. Strategi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syaikh Mushthafa Masyhur, Fiqh Dakwah, Al-I’tishom anggota IKAPI, Jakarta Timur.

Tasmara, Toto. 1997. Komunikasi Dak-wah (Jakmta, Gaya Media Pe1tama).

Umar Sidiq, Moh. Miftachul Choiri. 2019, Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan (Nata Karya Redaksi).

Published
2023-08-07