Tanggapan Masyarakat Desa Cimarias Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang terhadap Aktivitas Dakwah Majelis Ta’lim Al-Iman

  • Neneng sinta Setiawati Komunikasi Penyiaran Islam
  • Komarudin Sholeh Fakultas Dakwah, Universitas Islam Bandung
  • Hendi Suhendi Fakultas Dakwah, Universitas Islam Bandung
Keywords: tanggapan, aktivitas dakwah, pemahaman dan kesadaran

Abstract

Abstract. This study aims to determine the da'wah activities of the Al Iman ta'lim assembly in Cimarias Village, Pamulihan District, Sumedang Regency. This activity has various community responses, some are happy, some don't like it, some are indifferent (no response) meaning that some respond positively, some respond negatively. In this study using qualitative methods which are expected to provide a descriptive research result regarding the focus of the problems studied, as well as structured based on observed data and behavior, the research written includes da'wah activities, community responses in Cimarias Village. For data collection techniques, namely through observation (researchers directly visited the research location), interviews (researchers received information from trusted sources), and documentation (documents of community members at the Cimarias Village office and congregational documents at the Al-iman Ta'lim Assembly). The results of the study stated that the da'wah activities of the Al Iman ta'lim assembly consisted of prayer, recitation of the Qur'an, recitation of the al Barjanzi, religious pilgrimage, recitation of walimatul marriage, circumcision, akikah, yaumul ijtima', tabligh akbar, and fundraising for disaster victims Cianjur. The response of the people of Cimarias Village to the da'wah activities of the Al-iman ta'lim assembly was positive. This da'wah was considered successful and experienced significant changes in the understanding and awareness of the people of Cimarias Village, Pamulihan District, Sumedang Regency.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dakwah majelis ta’lim Al Iman di Desa Cimarias Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang. Aktivitas tersebut  terdapat tanggapan masyarakat yang berbeda-beda, ada yang senang, ada pula yang tidak suka, ada yang acuh (tidak ada respon) artinya ada yang menanggapi positif, ada juga yang menanggapi negative. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang diharapkan dapat memberikan sebuah hasil penelitiatan yang deskriptif mengenai fokus permasalahan yang dikaji, serta tersusun berdasarkan data dan prilaku yang diamati, dalam penelitian yang ditulis meliputi aktivitas dakwah, tanggapan masyarakat di Desa Cimarias. Untuk Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi (peneliti megujungi langsung lokasi penelitian), wawancara (peneliti mendapat informasi dari narasumber yang terpercaya), dan dokumentasi (dokumen warga masyarakat di kantor Desa Cimarias dan dokumen jama’ah di Majelis Ta’lim Al iman). Hasil penelitian menyatakan bahwa aktivitas dakwah majelis ta’lim Al Iman terdiri dari sholawat, pengajian al qur’an, pembacaan al barjanzi, ziarah keagamaan, pengajian walimatul nikah, khitan, akikah, yaumul ijtima’, tabligh akbar, dan penggalangan dana untuk korban bencana Cianjur. Tanggapan masyarakat Desa Cimarias terhadap aktivitas dakwah majelis ta’lim Al iman adalah positif. Dakwah ini dinilai berhasil dan mengalami perubahan yang signifikan pada pemahaman dan kesadaran masyarakat Desa Cimarias Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang.

Published
2023-01-28