Strategi Komunikasi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bandung dalam Memberdayakan Ekonomi Umat Islam

  • Yumna Farah Fadhillah Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah
  • Komarudin Shaleh Universitas Islam Bandung
  • Hendi Suhendi Universitas Islam Bandung
Keywords: Strategi Komunikasi Dakwah, Pemberdayaan Ekonomi Umat, MUI Kota Bandung

Abstract

Abstract. Da'wah is an important part of social life. The implementation of a more regular and targeted da'wah requires a process, such as approaches, strategies, methods, techniques and tactics. MUI as a non-governmental organization that accommodates scholars who are not only engaged in the fatwa sector, but can also work in the economic field. The economy is very important in the development of the people, therefore the progress of the people depends on the economic progress that is built. The economic empowerment of the people carried out by the MUI of Bandung City through the establishment of a Mosque-Based Syari'ah Cooperative. Da'wah strategy is an important thing that can affect the economic empowerment of the people. This study aims to determine the da'wah strategy carried out on the economic empowerment of Muslims. The research method used is a qualitative method with an emphasis on descriptive analysis. Data collected through observation, interviews, and documentation. The results of the study indicate that the da'wah strategy of the MUI in Bandung City in empowering the people's economy is considered successful because it shows an increased welfare when joining the Mosque-Based Syari'ah Cooperative.

Abstrak. Dakwah merupakan bagian terpenting pada kehidupan bermasyarakat. Pelaksanaan dakwah yang lebih teratur dan terarah diperlukan sebuah proses, seperti pendekatan, strategi, metode, teknik dan taktik. MUI sebagai lembaga swadaya masyarakat yang mewadahi ulama yang tidak hanya bergerak pada bidang fatwa saja, melainkan dapat bergerak juga pada bidang ekonomi. Ekonomi merupakan hal yang sangat penting dalam pembanagunan umat, maka daripada itu kemajuan umat tergantung pada kemajuan ekonomi yang terbangun. Pemberdayaan ekonomi umat yang dilakukan oleh MUI Kota Bandung melalui pendirian Koperasi Syari’ah Berbasis Masjid. Strategi dakwah merupakan hal penting yang dapat mempengaruhi pemberdayaan ekonomi umat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dakwah yang dilakukan terhadap pemberdayaan ekonomi umat Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan penekatan analisis deskriptif. Data yang dikumpulkan melalui, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa strategi dakwah MUI Kota Bandung dalam pemberdayaan ekonomi umat dinilai berhasil karena menunjukkan adanya kesejahteraan yang meningkat pada saat bergabung dengan Koperasi Syari’ah Berbasis Masjid.

Published
2022-08-07