Pengaruh Kemampuan Berbahasa Arab Mahasiswa Fakultas Dakwah Unisba Angkatan 2017 terhadap Daya Hafalan Al-Qur’an

  • Muhammad Abdul Aziz Ibrohim Universitas Islam Bandung
Keywords: Bahasa, Bahasa Arab, Daya Hafal, Al-Qur’an

Abstract

Abstract. Both vocally and in writing, language is a communication tool for expressing ideas or emotions. The Koran, the Muslim language's sacred book, is written in Arabic. According to some, studying Arabic is something that is highly challenging and tough, thus they are still not interested in doing it. Students from the Islamic University of Bandung's 2017 graduating class of the Da'wah Faculty participated in this study. This study intends to ascertain the impact of students' Arabic language proficiency on Qur'an memorization in the Da'wah faculty at Unisba's 2017 graduating class. Therefore, it is anticipated that this research will have positive effects on students increasing their drive to memorize and master the Qur'an and that it will have positive effects for lecturers by making it easier to motivate students to learn the Qur'an. Researchers will hopefully reveal advantages of using and putting Arabic memorization to good use. Data were collected using interviews, questionnaires, observations, and archives. Validity tests, reliability tests, normality tests, testing for correlation coefficient analysis, regression analysis, and tests for hypotheses were used to analyze the data. The number of Arabic language proficiency and memorization surveys is at intervals of 1331.5, according to the processed data. According to the study's findings, students from the 2017 Unisba da'wah faculty's language in Arabic had a "strong enough" impact on their ability to memorize the Qur'an at a significance level of 5%, which was 3.14; the correlation coefficient's level of influence was 72.1%; and its determination rate was 52 percent.

Abstrak. Bahasa merupakan alat komunikasi dalam menyampaikan pikiran atau perasaan, baik secara lisan maupun tertulis. Bahasa arab adalah bahasa yang digunakan dalam Al-quran, kitab suci umat muslim. Beberapa pendapat mempelajari bahasa arab merupakan salah satu hal yang sangat sulit dan sukar, sehingga masih kurang tertarik untuk mempelajarinya. Penelitian ini dilakukan kepada Mahasiswa Fakultas Dakwah Universitas Islam Bandung Angkatan 2017. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh kemampuan berbahasa arab mahasiswa fakultas dakwah unisba angkatan 2017 terhadap daya hafalan al-qur’an. Sehingga penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat baik bagi Mahasiswa yaitu Meningkatkan motivasi dalam menghafal dan menguasai Al-Qu’ran, untuk dosen diharapkan dapat memberikan manfaat dalam membantu memberikan motivasi belajar yang mudah kepada mahasiswa dalam menguasai dan menghafal Al-Qu’ran. Sedangkan untuk peneliti diharapkan dapat memberikan manfaat mengaplikasikan dan mengimplementasikan pengusaan bahasa arab dalam menghafal Al-Qur’an. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data: Wawancara, Kuesioner, Observasi dan Arsip, dan teknik analisa data yang digunakan uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji analisis koefisien korelasi, uji analisis regresi, dan hipotesis. Berdasarkan olahan data, jumlah dari kuesioner kemampuan bahasa arab dan daya hafalan tersebut ada pada interval 1331,5. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa kemampuan berbahasa arab mahasiswa fakultas dakwah unisba angakatan 2017 berpengaruh “cukup kuat” terhadap daya hafalan Al-Qur’an pada taraf signifikansi 5% yaitu 3,14, tingkat pengaruh koefisien korelasi sebesar 72,1% dan tingkat koefisien determinasi sebesar 52%.

Published
2022-08-06