Urgensi Dakwah Digital Melalui Instagram dalam Pembentukan Akhlak Penggemar Hallyu

  • Bunga Aropah Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Unisba
  • M. Rachmat Effendi
  • Nandang HMZ
Keywords: Dakwah Digital, Media Sosial, Instagram

Abstract

Abstract. Da’wah media is one of the elements that must exist in carrying out da’wah activities, Social media is one of the media that can be used for da’wah, especially for da’wah in today’s era where the development of technology and information is growing very rapidly, so it is now known as digital da’wah. This study uses a qualitative method. Data obtained through observation, interviews and documentation with data analysis techniques, namely data reduction, data presentation and drawing conclusions. The purpose of this study was to determine the urgency of da’wah carried out through social media Instagram on the moral development of Hallyu Fans. The results of the study found that first, da’wah using digital products in this case Instagram sosial media is an urgent matter because according to the data, users Instagram are quite high and Instagram’s features support it. Second, the behavior or morals of Hallyu fans on social media is quite worrying, it can be seen that the effect of liking Hallyu turns out to bring changes in  a negative direction, even to the point of blaming Allah SWT. Third, da’wah using Instagram in fostering the morals of Hallyu fans is very important because several very troubling point we found the spread of Hallyu, namely: LGBT campaigns, promiscuity campaigns, proclamation of illicit goods, the standardization of happiness in the world, and deviations of faith.

Abstrak. Media dakwah adalah salah satu unsur yang harus ada dalam melaksanakan aktivitas dakwah, Media Sosial merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk berdakwah, khususnya untuk dakwah pada zaman sekarang dimana perkembangan teknologi dan informasi berkembang sangat pesat, maka kini dikenal dengan istilah dakwah digital. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui urgensi dakwah yang dilakukan melalui media sosial instagram terhadap pembinaan akhlak para penggemar Hallyu. Hasil penelitian menemukan bahwa Pertama, dakwah menggunakan produk digital dalam hal ini media sosial instagram merupakan suatu hal yang urgent (penting) hal ini karena menurut data bahwa pengguna sosial media sosial instagram cukup tinggi dan fitur-fitur yang dimiliki oleh Instagram mendukung. Kedua, perilaku atau akhlak para penggemar Hallyu di media sosial cukup mengkhawatirkan, hal ini bisa dilihat bahwa efek dari menggemari Hallyu ternyata membawa perubahan ke arah yang negatif, bahkan bisa sampai menduakan Allah SWT. Ketiga, dakwah menggunakan media sosial instagram dalam pembinaan akhlak penggemar Hallyu sangat penting karena ditemukan beberapa poin yang sangat meresahkan dari penyebaran Hallyu yaitu: kampanye LGBT, kampanye pergaulan bebas, pemakluman barang haram, adanya standarisasi bahagia pada dunia, dan penyimpangan akidah.

Published
2022-01-21