Pengaruh Konten Tiktok @Adihidayatofficial Terhadap Religiusitas Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam Universitas Islam Bandung

  • Atma Wijaya Fakultas Dakwah, Universitas Islam Bandung
  • Ida Afidah Fakultas Dakwah, Universitas Islam Bandung
  • Asep Ahmad Siddiq Fakultas Dakwah, Universitas Islam Bandung
Keywords: Tiktok, Dakwah, Religiusitas

Abstract

Abstract. Da'wah is an invitation to do good. Currently, technological developments, especially in the field of communication, are very rapid, so da'wah needs to adapt to these advances. One example is the emergence of new media, including social media, which can be used to disseminate information online. Tiktok is a platform for conveying important information today so that it can be accessed easily, quickly, and widely. One of them is the delivery of information about Islamic teachings or the delivery of da'wah which can be easily carried out by da'is, ustadz or Islamic preachers. Ustadz Adi Hidayat's da'wah content on TikTok shows that he conveys messages that focus on fiqh, tauhid, tasawuf, and Islamic motivation. With the availability of da'wah content on Tiktok that can be easily accessed, it can have an impact on the religiosity of those who watch it. This study aims to determine the content of Ustadz's TikTok content (@adihidayatoffical_) and to determine the influence of Ustadz's TikTok content (@adihidayatofficial_) on the religiosity of KPI students in the 2020 batch. This study uses a quantitative method approach with a descriptive quantitative research type. The population of this study were students of Islamic Broadcasting Communication in the 2020 batch of Bandung Islamic University who followed and had watched Ustadz's TikTok content (@adihidayatofficial_). The sample in this study was 31 respondents using a saturated sampling technique.

Abstrak. Dakwah adalah ajakan untuk melakukan kebaikan. Saat ini, perkembangan teknologi, terutama dalam bidang komunikasi sangat pesat, sehingga dakwah perlu beradaptasi dengan kemajuan tersebut. Salah satu contoh adalah munculnya media baru, termasuk media sosial, yang dapat dimanfaatkan untuk menyebarkan informasi secara daring. Tiktok menjadi wadah dalam menyampaikan informasi penting saat ini sehingga dapat diakses dengan mudah, cepat, dan meluas. Salah satunya penyampaian informasi mengenai ajaran-ajaran islam atau penyampaian dakwah yang dapat dengan mudah dilakukan oleh para dai, ustadz atau para penceramah Islam.  Konten dakwah Ustadz Adi Hidayat di TikTok menunjukkan bahwa ia menyampaikan pesan-pesan yang berfokus pada fiqih, tauhid, tasawuf, dan motivasi keislaman. Dengan adanya konten dakwah di Tiktok yang dapat diakses dengan mudah bisa berdampak pada religiusitas yang menontonnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui isi konten Tiktok ustadz (@adihidayatoffical_) dan untuk mengetahui pengaruh konten Tiktok ustadz (@adihidayatofficial_) terhadap religiusitas mahasiswa KPI angkatan 2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam angkatan 2020 Universitas Islam Bandung yang mengikuti dan pernah menonton konten Tiktok ustadz (@adihidayatofficial_). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 31 responden menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yaitu dengan kuesioner dan wawancara khusus serta observasi.

References

“18105040002_BAB-I_IV-Atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.Pdf,” n.d.
Aditya, Rifan. “Biografi Ustadz Adi Hidayat, Ulama Yang Kabarnya Diblokir Google Pasca Kirim Bantuan Ke Palestina.” Suara.com, 2023. https://www.suara.com/news/2023/07/26/122848/biografi-ustadz-adi-hidayat-ulama-yang-kabarnya-diblokir-google-pasca-kirim-bantuan-palestina.
Albahroyni, Albahroyni, Hasan Sazali, and Khatibah Khatibah. “Pengaruh Penyampaian Konten Dakwah Di Tiktok Terhadap Efektifitas Dakwah Salamtv.” Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 8, no. 2 (2023): 345–62. https://doi.org/10.47200/jnajpm.v8i2.1713.
Alby, Ahmad Syauqi. Pengaruh Intensitas Menonton Tayangan Dakwah Habib Husein Ja’far Di Youtube Terhadap Tingkat Religiusitas Remaja (Survey Pada Followers Instagram @husein_hadar). Vol. 01, 2023. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf.
Alfiansyah, R M. “Pengaruh Strategi Dakwah Pengurus Cabang Nahdlatul ’Ulama (PCNU) Jakarta Selatan Dalam Menangkal Paham Radikalisme Di Jakarta Selatan,” 2021. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/61678%0Ahttps://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/61678/1/REZA MAULANA ALFIANSYAH-FDK.pdf.
APJII. “APJII Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang.” APJII, 2024. https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang.
Asiva Noor Rachmayani. “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title,” no. 1952 (2015): 6.
Bashori, Abdul Hamid, and Moh. Jalaluddin. “Dakwah Islamiyah Di Era Milenial.” Syiar | Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam 1, no. 2 (2021): 89–102. https://doi.org/10.54150/syiar.v1i2.40.
Berlianti, Dessy Fitria, Ashfa Al Abid, and Arcivid Chorynia Ruby. “Metode Penelitian Kuantitatif Pendekatan Ilmiah Untuk Analisis Data.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran 7, no. 3 (2024): 1861–64.
Bitanti, Ilo Maila. “Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial Terhadap Religiusitas Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Natar.” Skripsi, 2023, 1–55.
Candra Susanto, Primadi, Dewi Ulfah Arini, Lily Yuntina, Josua Panatap Soehaditama, and Nuraeni Nuraeni. “Konsep Penelitian Kuantitatif: Populasi, Sampel, Dan Analisis Data (Sebuah Tinjauan Pustaka).” Jurnal Ilmu Multidisplin 3, no. 1 (2024): 1–12. https://doi.org/10.38035/jim.v3i1.504.
Costigliola, Frank C. “Library of Congress Cataloging in Publication Data.” Awkward Dominion, 2019, 381–82. https://doi.org/10.7591/9781501721144-016.
Published
2025-02-03